Gudang Informasi

Karya Tulis Ilmiah

Karya Tulis Ilmiah
Karya Tulis Ilmiah

Pasti ada berbagai dari kita yang masih belum tau dan belum paham apa itu karya goresan pena ilmiah. Padahal hal seperti ini sangat perlu kita kuasai alasannya akan sungguh bisa berguna untuk aktivitas kita baik di pendidikan ataupun baik untuk di pekerjaan nanti. Bagi teman-sobat yang masih bingun dan mengajukan pertanyaan-tanya apasih karya ilmiah dan bagaimana cara membuatnya berikut dibawah ini ialah pengertian, pola, ciri dan struktur dari karya goresan pena ilmiah.Karya-Tulis-Ilmiah-Adalah




Pengertian Karya Tulis Ilmiah


Karya Ilmiah yakni suatu karangan yang memaparkan ihwal pertimbangan , hasil observasi, tinjauan dan penelitian pada bidang tertentu yang tersusun menurut tata cara tertentu dengan sistematika penulisan, bersantun bahasa, da nisi yang sangat betul-betul dan dapat dipertanggung jawabkan.




Ciri-Ciri Karya Tulisan Ilmiah


Berikut di bawah ini adalah ciri-ciri karya tulisan ilmiah :




  1. Reproduktif




Suatu karya ilmiah yang ditulis oleh peneliti atau penulis harus mampu diterima dan dapat memberikan makna bagi pembaca sesuai dengan makna yang ingin disampaikan. Pembaca juga harus cepat memahami konten dari karya ilmiah tersebut.




  1. Tidak Ambigu




Ciri berikut ini ada kaitannya dengan reproduktif. Sebuah karya ilmiah yang haru bisa memberikan pengertian secara detail dan harus dikemas dengan bahasa yang tidak membingungkan sama sekali. Oleh alasannya itu maksud dari karya ilmiah ialah untuk mampu secara langsung diterima oleh pembacanya.




  1. Tidak Emotif




Sebuah karya ilmiah yang ditulis tidak melibatkan faktor perasaan dari sang pengarang atau penulis. Hal ini dikarenakan sebuah karya ilmiah harus memaparkan fakta yang ditemukan melalui hasil analisis observasi, bukan berdasarkan dari perasaan subjektif dari pengarang atau penulisnya.




  1. Bahasa yang Baku




Karya ilmiah mesti ditulis dengan bahasa yang baku biar mudah dimengerti. Penggunaan bahasa yang baku mesti meliputi setiap faktor penulisannya. Mulai dari sumber, teori, sampai penulisan kesimpulan. Jika penulisan karya ilmiah yang tidak baku maka hanya akan menciptakan si pembacanya menjadi bingung dan apa yang disampaikan pada goresan pena tidak mampu diketahui oleh pembacanya.




  1. Kaidah Keilmuan




Dalam penulisan karya ilmiah juga mesti dengan memakai kaidah keilmuan atau ungkapan akademik dari bidang observasi dari sang pengarang atau penulis. Hal ini memiliki tujuan untuk pertanda bahwa peneliti atau penulis mempunyai kapabilitas pada bidang kajian yang dibahas pada karya ilmiah tersebut. Penggunaan kaidah atau ungkapan ilmiah juga dapat menjadi contoh seberapa jago peneliti pada bidang keilmuannya tersebut.




  1. Bersifat Dekoratif




Penilis karya ilmiah harus memakai kata atau perumpamaan yang memiliki satu makna. Rasional artinya penulis harus menonjolkan kerurutan asumsi yang logis dan ketelitian observasi tersebut. Kedua hal ini sangat penting alasannya adalah karya ilmiah harus bisa menyampaikan maksud dari penelitian yang dilaksanakan oleh sang penulis tersebut tanpa harus membingungkan.




  1. Kohesi




Artinya suatu karya ilmiah haruslah memiliki kesinambungan antara bagian dan babnya dan mesti bersifat straight forward tujuannya ialah tidak bertele-tele atau langsung tepat sasaran. Sebuah karya ilmiah setiap bagian atau babnya haruslah mempunyai alur akal yang harus saling terhubung. Bukan cuma itu saja, penyampainya pun harus tepat target dengan apa yang ingin disampaikan.




  1. Bersifat Objektif




Sebuah karya ilmiah haruslah bersifat objektif. Hal ini sangatlah penting sebab karya ilmiah tidak dibuat menurut perasaan dari penulis. Karya ilmiah mesti membuktikan fakta-fakta dan data dari hasil analisanya.




  1. Menggunakna Kalimat Efektif




Penulisan karya ilmiah mesti memakai kalimat efektif. Ciri ini memiliki relasi dengan semua ciri-ciri sebelumnya. Tujuan penggunaan kalimat dalam karya ilmiah semoga pembaca tidak dipusingkan dengan penggunaan kalimat yang berputar-putar.




Struktur Karya Ilmiah


Berikut di bawah ini ialah struktur karya ilmiah :




  1. Pendahuluan




Pada bagian pendahuluan berisi dasar dari observasi ilmiah yang dikerjakan, problem yang diangkat, serta mekanisme penyelesaian persoalan tersebut.




  1. Isi dan Pembahasan




Pada bagian isi dan pembahasan bisa berisi satu atau beberapa bagian. Jumlah bab pada bagian ini tergantung dari seberapa pelik pembedahan serta pembahasan dari materi observasi.




  1. Kesimpulan




Pada bagian kesimpulan sudah niscaya akan berisi sebuah kesimpulan dan hasil dari analisis pada bab isi dan pembahasan. Kesimpulan yang disapaikan pada bagian ini berupa sebuah klarifikasi singkat dan padat perihal hasil dari anilisis. Bagian ini umumnya hanya berisi satu bagian.




Contoh Karya Ilmiah


Berikut di bawah ini contoh karya ilmiah :




  1. Contoh Karya Ilmiah Menjaga Kesehatan Mata




Menjaga Kesehatan Mata


BAB I


Pendahuluan


A. Latar Belakang Masalah


Mata ialah salah satu organ badan yang sungguh vital bagi insan. Karena itulah banyak orang yang selalu berupaya untuk tetap mempertahankan kesehatan Mata. Akan namun masih banyak orang juga yang kurang perdulu. Terbukti dari banyaknya mata yang terkena penyakit katarak. Untuk itu penelitian perihal menjaga kesehatan mata perlu dilakukan.


B. Rumusan Masalah


Bagaimaana cara untuk menjaga kesehatan mata?


C. Tujuan Penelitian


Dapat mengetahui cara menjaga kesehatan mata


BAB II


Pembahasan


Berbagai penyakit yang menyerang mata memang masih menjadi masalah besar bagi sebagian orang.  Padahal ada banyak cara gampang untuk menjaga kesehatan mata. Setelah melaksanakan riset yang mendalam, maka peneliti memperoleh beberapa cara diantaranya.



  • Makan banyak buah-buahan dan sayuran

  • Hindari memakai lensa kontak selama lebih dari 19 jam

  • Kurangi penggunaan tetes mata

  • Gunakan mentimun

  • Pakailah kacamata hitam pelindung UV


BAB III


Penutup


Kesimpulan


Menjaga kesehatan mata memang sangat penting bagi manusia. Dan ternyata untuk menemukan mata yang sehat tidak membutuhkan usaha yang merepotkan dan bisa dilakukan sehari-hari.




  1. Contoh karya Ilmiah Tentang Sampah




Pemanfaatan Kembali Sampah


BAB I


Pendahuluan


A. Latar Belakang Masalah


Akhir-final ini sampah menjadi fokus utama oleh dunia hal ini dikarenakan permasalahan yang terus ditimbulkannya. Ada aneka macam kerugian yang sampah sebabkan sehingga memiliki dampak bagi kesehatan manusia. Sepertinya masih banyak orang yang tak maumendaur ulang sampah sehingga menyebabkan sampah terus menerus menumpuk. Oleh sebab itu observasi mengenai pemanfaatan kembali sampah penting dilakukan.


B. Rumusan Masalah


Bagaimana menggunakan kembali sampah?


C. Tujuan penelitian


Bisa tahu cara memakai kembali sampah


BAB II


Pembahasan


Sampah yang dihasilkan oleh banyak orang bekerjsama bisa senantiasa digunakan supaya tidak menumpuk terlalu banyak. Penggunaan kembali limbah lazimnya tidak membutuhkan banyak waktu. Yang paling penting yakni kreativitas dan kesabaran. Untuk sampah organik bisa dijadikan pupuk.


Sedangkan sampah kertas mampu didaur ulang dan dijadikan kertas kembali. Untuk sampah plastik dan kaleng mampu dijadikan banyak sekali wadah, tergantung ukurannya. Semua penggunaan sampah ini diklasifikasikan selaku reuse atau pemanfaatan kembali.


BAB III


Penutupan


Kesimpulan


Sampah tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia dan sering menyebabkan problem. Namun bukan berarti tidak ada solusi untuk itu. Ada banyak cara untuk memakai sampah dan bahkan menggantinya menjadi sumber pendapatan.


 




  1. Contoh karta tulis ilmiah tentang lingkungan hidup




Pencemaran Dalam Lingkungan Hidup


BAB I


PENDAHULUAN


1. Latar Belakang


Lingkungan ialah kesatuan antara abiotik dan biotik. Abiotik ialah kumpulan benda mati. Sedangkan biotik yakni kumpulan benda hidup. Di dalam bagian abiotik ialah udara, tanah, air, sinar matahari, suhu, dll.


Komponen biotik meliputi dekomposer atau yang disebut pengurai, konsumen dan produsen. Kedua komponen tersebut sungguh bersahabat relevansinya atau tidak mampu dipisahkan.


Lingkungan hidup diartikan selaku beragam. Menurut kamus ekologi, lingkungan hidup dianggap juga environment. environment ialah kesatuan antara makhluk hidup atau biotik dan tidak hidup atau abiotik di Bumi. Sedangkan menurut UU Lingkungan No. 32 tahun 2009, yakni kesatuan ruang dalam semua benda. baik makhluk hidup, termasuk manusia, situasi sampai sikap insan.


Secara keseluruhan, dapat ditarik kesimpulan bahwa lingkungan hidup yakni kombinasi dari semua makhluk hidup dan faktor dan unsur yang mengelilinginya. Makhluk hidup di bumi ini yakni salah satu aspek keberhasilan lingkungan hidup. Makhluk hidup khusus ialah insan. Manusia yaitu makhluk pintar yang sudah diciptakan Tuhan dengan sempurna dalam keadaan lengkap.


Oleh alasannya adalah itu, dapat dikatakan bahwa kegagalan lingkungan hidup seperti polusi yang dihasilkan disebabkan oleh insan. Perilaku manusia pada tahap ini telah melebihi batas yang masuk akal. Salah satunya ialah sampah. Banyak kawasan yang semestinya bebas dari sampah bahkan dijejali dengan sampah. Tempat yang seharusnya indah dan teduh, menjelma daerah yang panas dan gersang.


2. Perumusan duduk perkara


Apa saja jenis pencemarannya dan bagaimana penjelasannya?


3. Tujuan observasi


Untuk mengetahui jenis-jenis pencemaran lingkungan hidup.


BAB II


PEMBAHASAN


1. Jenis Pencemaran


A. Pencemaran Udara


Polusi udara tidak senantiasa disebabkan oleh acara manusia. Polusi udara juga mampu disebabkan oleh insiden alam mirip gunung berapi. Hasil letusan gunung berapi membawa partikel logam berbahaya. Namun, penyebab utama pencemaran udara di Indonesia kebanyakan alasannya pencemaran dari kendaraan bermotor pada roda dua, roda tiga dan roda empat orang.


Polusi udara disebabkan oleh aspek-aspek berikut, yaitu:


1. Asap rokok


Seperti kita ketahui, pada umumnya orang kaya di Indonesia yaitu boss besar dari perusahaan rokok. Oleh alasannya adalah itu tak aneh bahwa asap rokok yakni faktor utama pencemaran udara. Bahan berbahaya dalam rokok seperti tar dan nikotin. Maka asap yang dihasilkan juga berbahaya.


2. Ozon (O3)


Semua orang tahu bahwa lapisan ozon sudah mulai encer. Penghalang buruknya matahari menjadi bumerang bagi bumi. Polutan ozon yaitu polutan paling berbahaya. Manipulasi juga sungguh sulit alasannya tidak dapat dideteksi. Ingatlah bahwa polutan ozon mampu merusak paru-paru.


3. Karbon monoksida (CO)


Gas CO juga ialah polutan yang sangat berbahaya. Gas dapat menimbulkan ajal jika seseorang menghirupnya untuk waktu yang lama. Contoh polutan terkait CO yakni tidur di mobil ber-AC. Gas CO yang diproduksi di luar kendaraan bermotor dapat memasuki bodywork. Gas inilah yang menyebabkan akhir hayat.


B. Pencemaran air


Air bersih yaitu air yang tidak berbau dan tidak berwarna. Jadi kalau Anda menemukan air berwarna dan berbau dan ada juga biota yang mati, airnya terkotori. Polusi air dapat disebabkan oleh faktor-faktor berikut:


1. Limbah pabrik, nuklir, dan industri


Limbah pabrik, nuklir, dan industri mengandung bahan kimia berbahaya. Salah satunya ialah radioaktif. Pembuangan sampah yang sembarangan di sungai sangat berbahaya. Karena zat berbahaya akan bercampur dengan air sungai. Ini mengancam keberadaan biota sungai dan lingkungannya.


2. Bahan peledak untuk menangkap ikan


Penangkapan ikan memakai materi peledak sudah dilarang. Namun, masih ada oknum nakal  yang masih menggunakan tata cara ini. Penangkapan dengan materi peledak memang dianggap efektif. Tidak akan perlu waktu usang dan Anda juga akan mendapatkan hasil tangkapan yang berlimpah. Namun, ini ialah salah satu penyebab pencemaran air.


3. pestisida


Limbah pertanian sebenarnya tidak berbahaya. Namun, penggunaan pestisida dan pupuk kimia secara berlebihan akan mengakibatkan polusi air. Limbah pertanian yang mengandung pestisida berlebih dan pupuk kimia akan mengalir. Hal selanjutnya yang akan mengakibatkan polusi di air.


4. Sampah


Sampah yaitu persoalan utama saat ini. Kesadaran insan kepada lingkungan tampaknya sangat rendah. Sampah dibuang di sembarang daerah. Mulai dari saluran air kecil atau selokan yang mengarah ke sungai, sarat dengan sampah. Padahal, sampah ialah salah satu penyebab utama pencemaran air.


C. Pencemaran Tanah


Dapat dikatakan bahwa suatu tanah sudah terkotori dikala tidak dapat lagi digunakan untuk keperluan manusia. Kebutuhan yang dimaksud, misalnya pertanian. Selain itu, tanah gersang juga merupakan karakteristik tanah yang terkontaminasi. Penyebab pencemaran tanah, yaitu:



  • Senyawa asam

  • Pestisida berlebihan

  • Pupuk kimia

  • Limbah industri, industri, dan nuklir

  • Sampah rumah tangga seperti deterjen.


BAB III


PENUTUPAN


KESIMPULAN


Polusi dapat dibagi menjadi tiga, ialah polusi air, tanah dan udara. Semua polusi mempunyai karakteristik tertentu. Polusi juga mempunyai penyebab spesifik. Penyebab polusi satu sama lain tidak jauh berlawanan.


Misalnya penggunaan pestisida secara berlebihan. Karena argumentasi ini, manusia, selaku makhluk pandai di Bumi, terpaksa meminimalkan penggunaan materi-bahan pencemar dan melindungi lingkungan.




  1. Contoh karya tulis ilmiah Dolanan Tradisional




Dolanan tradisional dalam pembentukan karakter belum dewasa “


BAB I


PENDAHULUAN


1. Latar Belakang


Bermain, juga diketahui selaku dolanan tradisional, mempunyai karakteristik yang berdampak faktual pada perkembangan bawah umur. Kata bermain untuk anak-anak yakni cerminan dari pembebasan jiwa dari keterikatan pada aturan orangtua.


Ketika anak-anak bermain, mereka mengekspresikan kegembiraan mereka dan berkomunikasi dengan sahabat sebaya mereka. Dengan demikian, anak-anak mampu berguru bersosialisasi dan bergaul dengan lingkungannya.


2. Rumusan dilema


Apa Pengertian dolanan tradisional?


Apa pengaruh dolanan tradisional dalam membentuk karakter anak-anak?


3. Tujuan observasi


Untuk mengetahui pengertian dolanan tradisional dan pengaruhnya kepada karakter anak.


BAB II


PEMBAHASAN


1. Dolanan Tradisional


Kata “dolanan” yaitu kata yang dipinjam dari bahasa Jawa. Kata dolanan memiliki arti mainan atau permainan, sedangkan kata tradisional adalah cara berpikir dan bertingkah sesuai dengan budbahasa dan sudah ada sejak zaman dahulu.


Dolanan anak juga disebut sebagai simbol pengetahuan yang diturunkan dari generasi ke generasi dan memenuhi berbagai fungsi.


2. Pendidikan Karakter


Secara sederhana, pendidikan huruf ialah segala upaya yang mampu dilakukan untuk mempengaruhi huruf siswa. Upaya itu sudah dilaksanakan biar seseorang dapat mengetahui pentingnya abjad konkret dalam diri mereka.


Menurut Thomas Lickona, pendidikan abjad yaitu pengajaran wacana sikap mulai dari ilmu sampai tindakan. Tidak hanya itu, perasaan juga tergolong dalam pendidikan karakter.


BAB III


PENUTUPAN


KESIMPULAN


Dolanan tradisional bukan hanya permainan yang mau menghasilkan imbas senang. Dolanan tradisional juga mempunyai banyak faedah. Manfaat-faedah ini termasuk pembentukan otak dan kecerdasan motorik anak-anak dan mampu membentuk aksara pada anak-anak.


Anak-anak mampu memajukan semangat sosial dalam diri mereka sendiri, namun juga berkomunikasi dengan baik dan melakukan pekerjaan sama dengan sahabat-teman mereka dengan permainan dan lingkungan.




  1. Bahaya Internet Bagi Remaja




Bahaya Internet Bagi Remaja


BAB I


pendahuluan


1. Latar Belakang Masalah


Internet sekarang sungguh tertanam dalam kehidupan sehari-hari, terutama di kelompok remaja. Memang, internet sangat berkhasiat untuk melakukan banyak pekerjaan. Namun, ternyata Internet tidak terlepas dari hal-hal negatif yang bisa berpengaruh negatif. Selain itu, akil balig cukup akal yakni waktu yang tidak stabil sehingga arus sering terseret. Untuk alasan ini, penting untuk melaksanakan observasi ihwal ancaman Internet bagi akil balig cukup akal.


2. Perumusan duduk perkara


Apa ancaman Internet bagi dewasa?


3. Tujuan penelitian


Dapat menerangkan bahaya internet bagi akil balig cukup akal


BAB II


Pembahasan


Bahaya Internet Bagi Remaja


Internet dewasa sekarang tampaknya sudah menjadi keperluan fundamental. Namun tidak semua akil balig cukup akal memakai internet dengan baik. Ada banyak akil balig cukup akal yang cenderung menyalahgunakan Internet untuk menghipnotis diri mereka dan lingkungan mereka.


Berdasar penelitian yang luas, ada beberapa bahaya penyalahgunaan Internet di kelompok cukup umur, yaitu:



  • Perilaku intimidasi lewat media sosial

  • Praktis mengakses konten porno yang mengarah ke perilaku kriminal seksual

  • Multiplikasi perkara penculikan akil balig cukup akal setelah menjadi erat dengan media umum.


BAB III


penutupan


kesimpulan


Internet sangat berkhasiat dalam kehidupan, tetapi masih ada celah. Akibatnya, orang renta memainkan peran yang sangat penting dalam pengawasan belum dewasa mereka. Dengan demikian, akil balig cukup akal dapat melindungi diri dari bagian negatif terkait penggunaan internet.




  1. teladan karya tulis ilmiah singkat perihal kesehatan




Makanan kaleng yang faktual dan negatif


BAB I


PENDAHULUAN


1. Latar Belakang


Makanan kaleng tergolong dalam klasifikasi masakan instan atau junk food. Menurut penelitian yang dijalankan di Jepang, makanan kaleng mengandung bahan kimia Stannum (Sn).


Zat tersebut sebenarnya tidak berbahaya jikalau dimakan sesuai kebutuhan. Namun, zat Sn akan berbahaya bila dikonsumsi lebih dari empat belas miligram per kilogram berat badan.


2. Rumusan Masalah


Apa efek masakan kaleng pada kesehatan badan?


3. Tujuan penelitian


Untuk mencari tahu apa imbas aktual dan negatif dari kuliner kaleng.


BAB II


PEMBAHASAN


Dampak makanan kaleng pada badan


Makanan kaleng yaitu jenis makanan cepat saji yang terkenal. Makanan kaleng identik dengan hewan seperti ikan atau juga biasa dikenal dengan sarden.


Namun, tidak cuma ikan sarden, kuliner kaleng juga mampu mengandung sayuran, buah-buahan, minuman. Makanan kaleng tidak selalu mempunyai efek negatif pada badan. Terdapat juga beberapa kelebihan. Dampak konkret dan efek negatif dari masakan kaleng mencakup:


1. Dampak aktual



  • Menghemat waktu penyuguhan

  • Kaleng menangkal makanan dari kontaminasi organisme sebagai penyebab penyakit

  • Makanan kaleng tidak mempunyai kekurangan nutrisi


2. Dampak negatif



  • Buat ibu malas untuk mengolah masakan

  • Jika disantap berlebihan dapat menyebabkan penyakit berbahaya mirip hipertensi dan kolesterol

  • Jika diolah pada suhu tinggi, nutrisi yang dikandungnya akan berkurang atau bahkan hilang.


BAB III


PENUTUPAN


KESIMPULAN


Kesimpulan yang dapat ditarik yaitu bahwa makanan kaleng mempunyai efek faktual dan negatif. Efek negatif akan terjadi jika makanan kaleng yang dikonsumsi melebihi batas wajar .


Selain itu, cara memasaknya juga akan memengaruhi manfaat kuliner kaleng ini pada kesehatan tubuh. Selain efek tidak menggembirakan dari masakan kaleng, ini juga akan mempunyai pengaruh nyata, mirip disebutkan di atas.




  1. Contoh karya tulis ilmiah tentang pergaulan bebas




“Bahaya korelasi bebas antar akil balig cukup akal”


BAB I


PENDAHULUAN


1. Latar Belakang


Masa cukup umur yaitu usia yang rentan, utamanya dalam korelasi. Kemajuan teknologi juga akan mengakibatkan tingkat asosiasi. Saat ini, pergaulan bebas telah menjadi ancaman utama yang dihadapi cukup umur.


Selain itu, pergaulan bebas juga mampu membuat orang renta cemas. Remaja yang masih tidak stabil memang akan sungguh mudah dibodohi oleh kekerabatan mereka.


2. Rumusan masalah


Bagaimana bahaya pergaulan bebas untuk remaja?


3. Tujuan penelitian


Mengetahui ancaman apa yang mau mengancam pergaulan bebas.


BAB II


PEMBAHASAN


Bahaya pergaulan bebas


Pergaulan tidak senantiasa memperlihatkan efek yang bagus. Hubungan yang jelek atau sering disebut pergaulan bebas adalah contoh hubungan dengan imbas jelek. Efek negatif dari pergaulan bebas yaitu sebagai berikut:


1. Kerusakan non-duit untuk bawah umur


Pergaulan bebas yakni salah satu penyebab kerusakan budbahasa yang diderita oleh belum dewasa di negara itu. Mereka akan merasa bebas tanpa perhatian orang bau tanah. Makara, mereka akan kehilangan karakter baik yang seharusnya mereka miliki.


Hal-hal negatif yang bisa mereka kerjakan untuk menyanggupi kebahagiaan mereka. Pergaulan bebas akan menjadikan bawah umur kehilangan perilaku sopan dan mengikuti zaman.


2. Penggunaan obat-obatan dan minuman beralkohol


Seperti yang sudah banyak dilaporkan, banyak dewasa sekarang terjebak dalam suatu minuman keras atau narkoba. Bahkan, bukan cuma dewasa, namun masih bawah umur kecil juga merokok.


Obat-obatan terlarang sekarang gampang ditemukan kalau seseorang telah memasuki zona bebas selektif. Ini alasannya alkohol dan narkotika dijual bebas di mana-mana.


3. Kecelakaan sebelum akad nikah


Dampak negatif dari pergaulan bebas yang mau berpengaruh besar pada Anda atau keluarga Anda yaitu hamil. Kurangnya pendidikan seks bagi cukup umur akan menjadi penyebab utama.


Kecelakaan pra-nikah bahkan terjadi pada anak-anak usia sekolah dasar. Mereka tidak akan tahu apa yang mereka kerjakan dan dampak yang mau mereka peroleh sesudah itu.


BAB III


PENUTUPAN


KESIMPULAN


Pergaulan dikala ini memasuki zona berbahaya. Efek negatif dari pergaulan bebas sudah menyebabkan banyak korban. Mulai dari kerusakan akhlak dan penggunaan narkoba serta kecelakaan sebelum nikah.


Pergaulan bebas yang terjadi di antara remaja dapat dikurangi dengan mediator utama, yakni orang renta. Orang renta mesti memberikan pendidikan dan pengawasan yang mencukupi terhadap bawah umur mereka.




  1. Contoh karya tulis ilmiah tentang pendidikan dan kesehatan




Pengaruh tidur siang pada kesehatan tubuh


BAB I


AWAL


1. Pendahuluan


Kesehatan adalah sesuatu yang mesti dijaga oleh setiap insan. Seseorang tidak akan mampu melaksanakan acara apa pun bila tubuhnya tidak sehat. Banyak cara untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Salah satunya adalah menjaga asupan gizi.


Selain itu, olahraga juga sungguh diperlukan. Selain itu, tidur di siang hari juga mempunyai beberapa keunggulan.


2. Rumusan persoalan


Apa yang mampu kita kerjakan untuk tetap sehat?


Bagaimana tidur siang mampu menghipnotis kesehatan badan?


3. Tujuan penelitian


untuk mengetahui cara mempertahankan tubuh yang sehat dan mengerti pengaruh tidur siang pada kesehatan badan.


BAB II


PEMBAHASAN


1. Cara mempertahankan kesehatan


Menjaga kesehatan ialah sesuatu yang perlu dijalankan. Cara untuk mempertahankan kesehatan adalah:



  • Memenuhi kebutuhan mineral dan vitamin tubuh

  • Konsumsi masakan yang memenuhi empat sehat lima tepat

  • Olahraga terstruktur

  • Tidur yang cukup

  • Jauhi minuman beralkohol.


2. Pengaruh tidur siang


Tidur siang sering dilakukan lebih permulaan oleh seseorang. Namun, aktivitas ini juga dikerjakan oleh banyak orang sampaumur. Efek tidur siang pada kesehatan badan termasuk:



  • Dapat meminimalisir tekanan darah

  • Meringankan capek

  • Dapat meminimalkan kecemasan dan juga sedih.


BAB III


PENUTUPAN


KESIMPULAN


Tidur siang ialah satu hal yang mampu dikerjakan untuk menjaga kesehatan badan kita. Kegiatan ini mempunyai beberapa keunggulan. Namun, tidur siang harus dilaksanakan pada waktu yang sempurna.


Jika acara ini dijalankan secara berlebihan, ini akan menjadikan imbas yang tidak dikehendaki. Dengan demikian, semua acara mesti dikerjakan sesuai dengan porsinya masing-masing. Jangan biarkan itu meminimalkan kebugaran fisik.




  1. Contoh karya tulis ilmiah ihwal masakan




Menjaga kesehatan jantung


BAB I


PENDAHULUAN


1. Latar Belakang Masalah


Jantung yakni salah satu organ vital tubuh insan. Akibatnya, banyak orang berusaha untuk selalu mempertahankan jantung mereka tetap sehat.


Namun, tampaknya masih banyak orang yang tidak acuh. Ini dibuktikan dengan banyaknya akhir hayat yang disebabkan oleh penyakit yang menyerang jantung. Karena itu, observasi ihwal mempertahankan kesehatan jantung harus dilaksanakan.


2. Perumusan duduk perkara


Bagaimana menjaga kesehatan jantung?


3. Tujuan penelitian


Bisa mengetahui cara mempertahankan kesehatan jantung


BAB II


PEMBAHASAN


Cara mempertahankan kesehatan jantung


Banyak penyakit yang menyerang jantung tetap menjadi duduk perkara utama bagi sebagian orang. Meskipun ada banyak cara mudah untuk menjaga kesehatan jantung. Setelah observasi yang luas, para peneliti telah mendapatkan beberapa tata cara, termasuk:



  • Hindari stres alasannya mampu menyebabkan hormon adrenalin aneh dan mengakibatkan tekanan darah tinggi.

  • Menjaga kebersihan, kebersihan langsung yang bagus dan lingkungan.

  • Mengatur contoh makan. Kurangi lemak dan junk food dan perbanyak makan sayur dan buah-buahan.

  • Olahraga terorganisir.


BAB III


PENUTUPAN


KESIMPULAN


Menjaga kesehatan jantung memang sungguh penting bagi manusia untuk menerima umur panjang. Dan cara mendapatkan hati yang sehat tidak memerlukan usaha yang terlalu susah, tetapi dapat dijalankan setiap hari. Dengan menjaga kesehatan jantung, dibutuhkan lebih sedikit korban yang jatuh sakit karena penyakit yang menyerang jantung.


Advertisement