Gudang Informasi

√ Karangan Deskripsi Yakni

√ Karangan Deskripsi Yakni
√ Karangan Deskripsi Yakni

Pada potensi kali ini pengajar.co.id akan membuat postingan tentang Karangan Deskripsi yang mana mengulas mengenai, pengertian, ciri-ciri, jenis,jenis, teladan dan cara menciptakan karangan deskripsi.Karangan-Deskripsi-Adalah




Pengertian Karangan Deskripsi


Karangan Deskripsi yaitu jenis karangan yang memperlihatkan efek terhadap pembaca. Karangan Deskripsi ialah karangan yang menggambarkan sebuah objek atau peristiwa dengan sangat terang sehingga pembaca dapat merasakan peristiwa tersebut, menyaksikan atau mengalami hal-hal yang dibahas dalam karangan. Jenis karangan ini bekerjasama dengan panca indera manusia. Karangan ini dikembangkan dengan satu ide utama dibarengi oleh kalimat klarifikasi setelahnya.




Ciri-Ciri Karangan Deskripsi


Berikut dibawah ini merupakan ciri-ciri karangan deskripsi :



  • Karangan menggambarkan suatu objek yang aktual atau mampu diterima oleh panca indera.

  • Karangan menunjukkan sebuah objek dengan sungguh terang sehingga pembaca merasa bahwa dia mengalami apa yang telah diterangkan penulis.

  • Karangan memiliki abjad objektif, dengan bahasa lain, penulis menunjukkan objek atau benda dalam keadaan nyata dan dengan apa adanya tidak memihak siapapun.

  • Karangan yang dibuat menggunakan tata cara impresionistis (subyektif), kongkret (objektif) atau sikap penulis.




Jenis-Jenis Karangan Deskripsi


Jenis-jenis karangan deskripsi dibagi menjadi lima bagian kelima bagian tersebut akan admin jelaskan dibawha ini :




  1. Karangan Deskripsi Spatial


    Karangan deskripsi spasial ialah jenis karangan deskripsi yang menggambarkan objek dalam bentuk kawasan atau ruang. Penulis menggambarkan atau menceritakan suatu daerah atau ruang sesuai dengan kondisi konkret sehingga pembaca mampu dengan jelas membayangkan kawasan yang dimaksud.


    Karangan deskriptif spasial yaitu jenis karangan deskripsi yang menggambarkan sesuatu hal atau objek selaku ruang atau kawasan.



  2. Karangan Deskripsi Realistis


    Karangan deskripsi realistis ialah jenis karangan deskriptif yang disampaikan terhadap pembaca secara objektif. Cara penyampain objektif di jelaskan bahwa sesuatu yang disampaikan kepada pembaca dengan suatu karangan ialah hal yang aktual. Penulis tidak menulis kesan pribadinya atau pendapatnya ihwal objek yang diceritakan.



  3. Karangan Deskripsi Impresionatis


    Karangan deskripsi impresionistis adalah jenis karangan deskriptif yang menggambarkan objek secara subyektif atau sesuai dengan apa yang dicicipi dan dilihat penulis. Penulis tidak terlalu mengamati pandangan pembaca.



  4. Karangan Deskripsi Artistik atau Impresionitik


    Karangan deskripsi ini berfokus pada respons emosional yang dinikmati oleh pembaca atau pendengar. Dalam menulis karangan ini, penulis mencoba memperlihatkan kesan terhadap pembacanya.



  5. Karangan Deskripsi Ekspositori


    Karangan deskripsi ini yaitu karangan yang logis. Secara lazim, penulis menggambarkan objek cuma dalam hal apa yang dilihat dan dinikmati sendiri, tidak mementingkan respon emosional atau kesan dari pembaca.





Cara Membuat Karangan Deskripsi


Berikut dibawah ini cara membuat karangan deskripsi :



  • Memilih topik, Tema, dan tujuan karangan

  • Menyiapkan judul karangan

  • Menyiapkan kerangka karangan

  • Mengumpulkan berita

  • Merancang karangan karangan

  • Harus merencanakan cara mengakhiri dan menyimpulkan goresan pena

  • Menyempurknakan karangan




Contoh Karangan Deskripsi


Berikut dibawah ini 11 pola karangan deskripsi :




  1. Contoh Karangan Deskripsi Tentang Sekolah


    Sekolah saya, SMK PGRI Tanjung Raja ialah sekolah  yang sungguh besar. Sekolah saya terletak di jantung kota dan dibangun di atas lahan seluas 2 hektar. Meskipun terletak di jantung kota, situasi sekolah aku tidak sama dengan yang ada di perkotaan.


    Sekolah saya sangat keren sebab ada begitu banyak pohon hijau nan rimbun. Pohon besar memberi banyak udara di sekolah saya perasaan sejuk dan segar. Udara segar membuat kami ingin berguru saban hari di sekolah.


    Sekolah saya mempunyai bangunan yang cukup besar. Bangunan-bangunan tersebut ditata sesuai dengan fungsinya masing-masing. Jika kita masuk melalui gerbang utama sekolah, kita akan menyaksikan suatu bangunan yang sungguh besar. Bangunan tersebut ialah kawasan kerja para guru dan staf sekolah kami. Selain itu, ada juga ruang tunggu untuk tamu yang dilengkapi dengan televisi dan AC.


    Setelah melintasi bangunan utama dan masuk lagi ke dalam, kita akan menemukan ruang kelas yang berbaris. Ruang-ruang tersebut dibangun di sekitar tiga lapangan, adalah lapangan Upara, lapangan Bola Basket dan lapangan Futsal. Jika kita bangkit di depan tiang bendera, ruang yang di sebelah kanan yaitu kelas kelas untuk anak-anak kelas 1 dan 2. Ada 14 kelas yang dibagi menjadi 2 daerah, adalah 8 kelas untuk kelas IPA dan enam kelas untuk kelas IPS.


    Sementara di sebelah kiri ialah gedung laboratorium, perpustakaan, masjid, dan bangunan lokal untuk kelas tiga. Ruang kelas tiga terletak di sebelah laboratorium dan disusun secara bertingkat. Ada 7 kelas, termasuk 3 ruang kelas berada di lantai dua untuk kelas IPS dan 4 di ruang kelas bab bawah untuk anak-anak IPA.


    Selain mempunyai bangunan yang lengkap, sekolah saya juga mempunyai kantin yang sangat besar. Kantin kami sungguh higienis, sungguh rapih dan permanen. Kita mampu memperoleh banyak sekali jenis camilan dan makanan berat mirip sup, bakso, mie ayam dan banyak lagi yang lain.


    Jika dilihat dari atas, sekolah aku berbentuk persegi panjang dengan pohon-pohon yang sangat rindang. Karena itu, sekolah aku yaitu sekolah yang sungguh luas dan hijau.




  2. Contoh Karangan Deskripsi Tentang Sekolah Baruku


    Halo, nama saya Rudi. Mulai hari ini, aku yaitu siswa kelas 7 di Sekolah Menengah Pertama N2 Muara Kuang. Hari ini adalah hari pertama saya menginjakkan kaki di sekolah gres aku. Pagi ini, ibuku mengantarkanku ke pintu gerbang. Saya merasa kagum. Pintunya tinggi dan gapuranya terlihat sungguh megah. Gapura itu yang dibuat dari batu bata, jadi warnanya merah. Ketika aku masuk, saya melihat bahwa bangunannya juga tinggi. Sekolah dibagi menjadi beberapa bangunan dan di tengahnya ada halaman. Setelah pintu gerbang, ada ruang guru dan di sebelah ruang guru ada ruang komite dan kantor kepala sekolah. Di dalam gedung yang serupa, ada juga kamar kosong besar di mana ada banyak dingklik. Kakak OSIS menyampaikan bahwa guru sering menggunakan ruangan ini untuk melaksanakan rapat.


    Di belakang gedung ini ada perpustakaan. Di sebelah kanan perpustakaan yaitu bangunan yang hanya mempunyai satu ruangan. Kamar ini yakni ruang komputer. Siswa yang mengambil kursus IT akan berguru di ruangan tersebut. Di dalam ruangan, banyak komputer dalam kondisi baik dan setiap siswa dapat menggunakannya. Di depan gedung ini, ada dua bangunan lainnya. Bangunan dua lantai ini. Ini adalah ruang kelas. Ada sepuluh ruang kelas untuk kelas VII, sepuluh ruang kelas untuk kelas VIII dan kelas IX jauh di belakang, berada bersahabat lapangan. Kelas IX juga memiliki 10 ruang kelas. Di belakang gedung, ada lapangan yang sungguh besar, di mana upacara bendera dan lapangan sepak bola diselenggarakan. Di sebelah utara lapangan sepak bola ada juga lapangan basket dan lapangan voli.


    Kantin berada di belakang gedung sekolah. Khusus satu bangunan untuk kantin sekolah, tetapi di dalam gedung ada banyak ruang untuk memungkinkan banyak yang berdagang. Memasuki kantin seperti memasuki sentra kuliner di pusat perbelanjaan: banyak barang jualan berjejer dan di depannya, ada suatu meja dikelilingi oleh dingklik-kursi. Jenis-jenis kuliner yang dijual juga beragam: kudapan, sajian sarapan atau makan siang, dan minuman. Bagusnya, semua makanan yang dijual adalah masakan sehat dan tidak mengandung MSG. Harganya juga murah dan para penjualjuga ramah. Saya sungguh suka membeli di kantin. Di depan kantin, ada dua kawasan sampah besar. Setelah kita tamat makan, kita membuang sisa kuliner kita sendiri. Kotak kuliner seluruhnya kertas. Dengan demikian, sehabis makan, meja tersebut juga higienis, sehingga dapat dengan segera ditempati oleh siswa lain. Dari sini kita berguru membersihkan kuliner kita sendiri.


    Saya sungguh terkesan dengan sekolah baru saya. Ruang kelas ditata dengan baik, halamannya sangat hijau dan di tengahnya ada bak renang yang indah. Bunga berwarna-warni menghiasi halaman sekolah aku. Di setiap ruang kelas ada daerah sampah sehingga siswa sekolah sudah biasa membuang sampah di kawasan sampah. Sekolah itu terlihat higienis, rapi, tetapi juga rindang. Suasana di kelas juga nyaman. Hanya ada 25 siswa, jadi kelasnya tidak pengap dan aku bisa belajar dengan nyaman. Saya tidak tabah menunggu besok untuk kembali ke sekolah gres saya.




  3. Contoh Karangan Deskripsi Tentang Keindahan Alam


    Desa Suka Cinta, Muara Kuang, Ogan Ilir mempunyai sawah yang luas. Di sekitar sawah, ada dua gunung hijau yang memperbesar keindahan sawah. Sawah disana ditanam padi, tetapi ada juga yang tidak ditanam padi oleh petani. Di sisi kiri sawah, ada seorang petani yang sedang menyirami sawahnya. Udara segar, utamanya bila di pagi hari. Saat siang menjelangpun, pak tani tidak letih terus bekerja sambil menikmati keindahan sawah yang mengelilinginya.


    Matahari bersinar sungguh terik dan memancarkan cahayanya. Akhirnya, paktani itu berhenti sejenak sambil mengipasi tubuhnya dengan topinya. Pak Tani sesekali meminum air yang dia bawa dari rumah. Dia masih beristirahat di gubuk kecil di sekeliling sawah. Pak tani itu melihat bahwa petani lain sedang mencangkul di sawahnya yang luas. Setelah menyelesaikan istirahatnya, petani kembali ke ladangnya untuk melakukan pekerjaan . Beberapa ketika kemudian, petani itu diundang oleh istrinya yang ingin memberinya makan siang. Matahari mulai terbenam, kemudian petani mengambil tasnya dan pulang.




  4. Contoh Karangan Deskripsi Rumahku Istanaku


    Rumahku yaitu tempat berlindung bagiku,dirumahku ada tv dan lain lain, fungsi rumahku yakni untuk membagi suka dan duka, dirumahku bagaikan istana yang paling indah, saya menyebut rumahku istana alasannya adalah menurutku ayahku selaku raja dan ibuku menjadi ratu dan saya menjadi putri kerajaan.




  5. Contoh Teks Deskripsi Hewan


    Namanya Kenzi, ia kucing kesayanganku. Itu yakni kucing jantan yang saya dapatkan di sisi jalan. Kenzi memiliki bulu halus dengan garis-garis putih. Rambutnya yang halus menyelimuti tubuhnya dari ujung kepala hingga ujung kaki.


    Semua bulunya berwarna coklat dan putih di paha. Sedangkan ekornya berwarna coklat dan sangat menggemaskan. Kumisnya sedang, tidak panjang atau pendek.


    Kenzi mempunyai bentuk kaki yang lebih pendek dari kaki kucing biasa. Hidungnya kecil dan kumisnya agak panjang. Berat badan rata-rata sekitar 4 kg. Matanya hijau kekuningan dan sungguh lucu ketika ia kagetdengan membuka matanya lebar-lebar.


    Kenzi lebih senang tidur sehari penuh di keranjang daerah tidurnya. Ketika ia tidur, Kenzi lebih suka membelai punggungnya. Membelai, beliau memainkan ekornya ke kanan dan kiri.


    Kenzi menghabiskan lebih banyak waktu untuk tidur. Dia hanya berdiri jika beliau lapar. Ketika ia lapar, dia pergi ke daerah maka yang ditawarkan di dapur.


    Ketika ia lapar, dia akan terus mengeong hingga beliau menerima makanannya. Dia akan memiliki muka murung ketika ia tidak mendapatkan makanan. Kucing ini sungguh imut dan sungguh dicintai oleh keluarga kami.




  6. Contoh Teks Deskripsi Buah Apel


    Apel yakni salah satu buah yang banyak disenangi oleh masyarakat dunia. Rasa manis dan segar yakni argumentasi yang menciptakan buah ini istimewa. Apel mempunyai bentuk buah yang condong oval atau bundar namun tidak sempurna. Buah ini mampu didapatkan dalam aneka macam warna seperti hijau, hijau kemerahan, merah renta dan merah muda. Kulit apel cenderung tipis dan berkilau dikala matang. Untuk apel muda, kulitnya garang dengan pori-pori besar yang terlihat oleh mata. Daging apel berwarna putih, adakala kekuningan dan mengandung banyak air dalam kondisi apel yang segar. Daging buah terlihat padat dan keras, namun kalau digigit, meninggalkan kesan yang sungguh renyah di verbal.




  7. Contoh Teks Deskripsi Tentang Pantai


    Pantai merupakan daerah yang menyenangkan untuk menghabiskan piknik, menyegarkan fikiran akan penatnya pekerjaan. Salah satu pantai yang terkenal di Jawa Barat yakni Pantai Pangandaran. Pantai yang terletak di kawasan  tmur Jawa Barat ini menyajikan pemandangan yang indah. Pasir hitam dan air jernih terhampar luas sejauh mata menatap. Ombak yang bergulung-gulung tiba silih berubah menyambut para turis seakan mengajak untuk bermain dan berenang. Teriknya matahari terkalahkan oleh sejuknya air laut yang acuh taacuh. Dinginnya ombak yang menghempas tubuh dan air maritim yang terasa asin ketika menjamah bibir menambah keasikan saat bermain di Pantai Pangandaran ini.


     Di sebelah kiri dari pantai terdapat kawasan yang sudah tidak abnormal lagi namanya, yakni Pasir Putih. Pasir Putih ini merupakan primadona rekreasi di Pantai Pangandaran. Sesuai dengan namanya, daerah ini memiliki pasir yang berwarna putih, karang-karang kecil dan air yang sungguh-sungguh jernih. Saking jernihnya kita mampu menyaksikan terumbu karang di dasar maritim dan juga ikan-ikan yang tengah menari indah di antaranya dari atas bahtera. Banyak di antara para turis memilih untuk snorkling agar mereka lebih mampu menikmati indahnya dunia bawah air. Tidak mirip cuma dengan memakai perahu, dengan snorkling kita mampu ikut menari bareng ikan-ikan di antara terumbu karang.


    Pasir Putih ini masih satu tempat dengan Cagar alam Pangandaran. Kawasan yang asri dengan penghuni aslinya ialah kera akan menyambut para pelancong dari dalam cagar alam. Kehadiran para monyet kerap kali membuat para wisatawan menjadi takut untuk berkeliling, tetapi itu tak meminimalkan rasa penasaran hadirin untuk tetap berkeliling. Namun jangan sekali-kali untuk makan di daerah ini kalau tidak mau diusik oleh para kera penghuni cagar alam. Karena mereka tak segan-segan merebut masakan itu langsung dari tangan Anda.


    Gua-gua yang sarat dengan sejarah misteri era kemudian dan pemandangan pantai dari cagar alam menjadi sajian utama pada perjalanan di cagar alam ini. Suasana tenang dan mencekam dari dalam gua sering membuat para hadirin ciut nyali untuk memasukinya. Namun tak jarang juga ada yang memberanikan diri beruji nyali di dalamnya. Dari luar, gua nampak mirip ruang kecil kosong, padahal sebetulnya terdapat pintu kecil di samping ruang tersebut untuk memasukinya. Dan di dalam sangat gelap, damai dan mencekam,  mirip berada pada ketika Perang Dunia II.


    Wisata alam ini tak pernah bolos dari hadirin, terutama ketika libur panjang. Mereka bermain pasir, berenang, bermain watersport, berlari-lari di bibir pantai, berkeliling objek rekreasi yang terdapat di sana atau sekadar berfoto dengan berlatarkan pantai. Itulah Pantai Pangandaran. Pantai terindah di Jawa Barat.




  8. Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa


    Klepon yaiku panganan tradisional wong jawa kang digawe saka glepung beras ketan kang awujud bunder mblondo kang duweni ukuran kaya dir dolanan bocah. Klepon biasane warnane ijo, nanging ana uga sing warna kuning, abang, lan ora ana warnane.


    Rasane legi amarga ing tengah ana isine arupa gula jawa cair, dadi pas dipangan rasane maknyus. Teksture amoh, lan nang bab njabane ana ampas enom kang nambahi cita rasa saka klepon iki.




  9. Contoh Teks Deskripsi Benda


    Seiring waktu, alat teknologi juga berkembang sungguh pesat. HP, produk kecil yang punya banyak keunggulan. Handphone, teknologi ternama yang tersebar luas di kalangan penduduk , khususnya di kelompok remaja.


    Banyak fungsi ponsel, termasuk untuk menghubungi mengantarsms atau bermain di Internet, sayangnya hp sudah disalah gunakan oleh sampaumur. Ponsel sering didapatkan di aneka macam wilayah dan di penjuru dunia sebab ciptaannya yang mampu memudahkan pekerjaan insan.




  10. Contoh Teks Deskripsi Perjalanan


    Saya sedang menuju ke kampong halaman nenek saya yang berada di Kemambang selama perjalanan, saya melihat banyak pohon di segi jalan. Jenis pohon yang tingginya berbeda-beda Kami pergi membeli gas di pom bensin terdekat, secepatnya setelah itu, kami pergi makan, lalu kami melanjutkan perjalanan dan usang kemudian, kami tiba di rumah nenek.




  11. Contoh Teks Deskripsi Kejadian Atau Peristiwa


    Salah satu siswa perempuan secepatnya bangun dengan cahaya layar ponselnya. Rupanya, ia seorang penghuni kost, jadi dia hafal keadaan di dalam ruangan meski suasana kurang jelas. Dia membuka laci lemari pakaian di sudut kanan. Kemudian, merogoh ke isi laci mencari benda yang sangat memiliki kegunaan dikala itu.




Demikianlah artikel dari pengajar.co.id yang mengulas tentang Karangan Deskripsi Adalah : Pengertian, 11 Contoh, Ciri-ciri, jenis dan cara membuat karangan deskripsi, supaya aritkel in bisa berguna dan mampu memperbesar pengetahuan anda.


Advertisement