Gudang Informasi

√Jaringan Kolenkim

√Jaringan Kolenkim
√Jaringan Kolenkim

√ Jaringan Kolenkim : Pengertian, Fungsi, Macam, Ciri dan Struktur


Pengertian Jaringan Kolenkim


Manusia atau juga hewan mempunyai tulang untuk menunjukkan sebuah pemberian maupun juga struktur. Karena tumbuhan tidak memiliki tulang,yang mau mengandung banyak sekali sel struktural yang kompose mempunyai isi atau juga fungsi yang berlainan beda. Salah satu jenis sel ini sering disebut dengan sel kolenkim. Sel Kolenkim merupakan sebuah sel yang memanjang dengan dinding sel tebal tidak akan terstruktur yang menunjukkan pemberian dan struktur. Dinding sel ang tebal terdiri atas senyawa selulosa dan pektin. Sel-sel ini sering ditemukan di bawah epidermis, ataupun juga lapisan luar sel pada batang muda atau urat daun.




Fungsi Sel Kolenkim


Sel Kolenkim ii akan memperlihatkan suatu pinjaman struktural.yang Terutama, mereka akan melayani bab berkembang tumbuhan, mirip tunas maupun daun. Tanaman yang akan terkena berbagai macam tantangan struktural atau juga mereka mampu bertahan dari hal-hal mirip hujan lebat, hujan angin, maupun tekanan lain alasannya adalah komposisi selular mereka. Sel Kolenkim ini berfungsi sebagai memperlihatkan derma maupun mengisi ruang kosong yang seing dipakai untuk perkembangan yang selanjutnya.


Sel Kolenkim juga mempunyai dinding sel yang mau menebal yang memungkinkan mereka untuk memberikan pemberian pemanis ke kawasan-kawasan di mana saja mereka didapatkan. Jika tidak ada sel kolenkim, kebanyakan tanaman ini akan mengalami kerusakan saat mereka akan ditiup oleh angin atau ditumbuk oleh hujan alasannya mereka akan terlalu rapuk.


Sel-sel kolenkim akan melindungi tumbuhan dengan adanya melayani sebagai kerangka bagian dalam, sungguh mirip yang tulang kerjakan bagi manusia atau hewan yang lainnya.




Macam-Macam Jaringan Kolenkim


Menurut tipe penebalan dindingnya, kolenkim ini dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, selaku berikut ialah


1. Kolenkim Lamela


Penebalan dinding sel kolenkim ini juga sering terjadi pada dinding tangensial sel. Kolenkim lamela yang terdapat pada korteks batang Sumbucus nigra, Rhamnus,atau juga tangkai Cochlearia armoracia.


2. Kolenkim Sudut


Penebalan dinding sel kolenkim ini juga akan terjadi pada sudut-sudut sel. Pada penampang melintangnya, penebalan ini melihat terjadi dimana pada kawasan bertemunya tiga sel atau lebih, seperti yang terdapat pada tangkai Rumex, Vitis, Begonia, Coleus, Cucurbita, Morus, Beta, ataupun juga pada batang Solanum tuberosum dan Atropa belladonna.


3. Kolenkim Lakuna


Penebalan dinding sel kolenkim ini juga sering terjadi pada dinding-dinding yang dimana berbatasan dengan ruang antarsel. Kolenkim lakuna yang mau terdapat pada tangkai beberapa spesies Compositae,yang misalnya Salvia, Malva, Athaea, ataupun Asclepias dan pada batang Ambrosia.


4. Kolenkim Cincin


Istilah kolenkim cincin ini akan diberikan oleh Duchaigne untuk tipe kolenkim yang lumen yang selnya pada penampang melintang akan terlihat melingkar. Muller (1890) menyebutnya knorpel-collenchyma. Pengamatan ini terhadap kolenkim cincin cukup umur terlihat adanya penebalan dinding sel yang secara terus menerus lalu sehingga lumen sel akan kehilangan bentuk bentuk sudutnya.




Ciri-Ciri Jaringan Kolenkim


Secara yang lebih terperinci, ciri-ciri jaringan kolenkim dapat diidentifikasi sebagai berikut ialah:



  • Sel kolenkim yang hendak berbentu memanjang sejajar sentra organ yang hendak ditempatinya.

  • Dinding sel tidak akan mengandung lignin, tapi mengandung pektin, selulosa, maupun hemiselulosa.

  • Ada Beberapa sel kolenkim yang memiliki kloroplas sehingga juga dapat berfungsi selaku menunjang fotosintesis.

  • Pada dinding sel kolenkim juga lazimnya mengalami penebalan lokal




Struktur dan Susunan Jaringan Kolenkim


Dinding sel kolenkim yang berisikan lapisan yang berselang seling, kaya akan selulosa dengan sedikit pektin. Air dalam seluruh dinding sel kurang lebih nya 67%. Roelofsen (1959)diman menyatakan bahwa di dalam Petasites, dinding sel kolenkim juga berisi 45% pektin, 35% hemiselulosa, atau 20% selulosa. Dinding sel kolenkim Petasites ini juga berisikan 7-20 lamela yang akan bergantian maupun berseling antara lamela yang hendak mengandung banyak sebuah seluosa dan lamela yang mengandung sedikit selulosa.dimana Semakin mendekati lumen sel, selulosanya kian banyak.


Menurut Czaja (1961), lamela ini akan melintang pada penebalan dinding kolenkim pada banyak kebanyakan flora dapat dideteksi dengan alat mikroskop cahaya terpolarisasi. Chafe (1970) telah banyak memperhatikan bahwa orientasi mikroserabut selulosa dalam lamela yang berurutan ini akan bergantian melintang dan membujur. Selama kemajuan penebalan dinding,akan terjadi penambahan lapisan mikroserabut yang mau mengelilingi seluruh sel sehingga dapat memperluas keliling sel.


Demikianlah postingan perihal √ Jaringan Kolenkim : Pengertian, Fungsi, Macam, Ciri dan Struktur dari pengajar.co.id semoga berguna.


Advertisement