Gudang Informasi

√Otot Polos Yakni

√Otot Polos Yakni
√Otot Polos Yakni

Pada Kesempatan Kali Ini Pengajar.co.id Ingin Membagika Artikel Tentang Oto Polos Berikut Adalah penjelasannya:


Pengertian Otot Polos


Pengertian otot polos – Otot polos ialah sebuah kalangan otot tak sadar mapun juga akan bekerja secara refleks. Otot polos merupakan sebuah otot yang jaringannya terdiri atas sel-sel otot yang polos yang di mana juga mempunnyai bentuk polos mirip gelendong dengan kedua buah ujung yang hendak meruncing ataupun juga akan melancip serta mempunyaii satu inti tunggal tersebut.


Otot polos yang ada pada badan membentuk suatu lapisan yang ada pada alat-alat di dalam badan insan. Otot polos juga terdapat beberapa alat maupun u organ pencernaan dan pembuluh darah, salah satu contohnya ialah membentuk dinding usus, dinding rahim dan saluran kelamin.




Ciri – Ciri Otot Polos



  • Mempunyai bentuk seperti gelondong

  • Kedua ujungnya yang meruncing

  • Terdapat pada terusan peredaran darah atau juga organ pencernaan

  • Berkontraksi secara refleks

  • Tidak akan terdapa mempuyai garis melintang mirip halnya otot lurik

  • Tiap sel otot polos memiliki satu inti sel tunggal yang dimana letaknya yang berada di tengah

  • Termasuk otot tak sadar

  • Waktu kontraksi otot polos yang mau bekisar 3 sampai 180 detik

  • yang hendak Bereaksi lambat

  • Tidak gampang letih (akan terus-menerus bekerja walauupun kita tidur ).




Jenis-Jenis Otot Polos


Otot polos ini juga dibagi menjadi 2 adalah otot polos unit tunggal atau juga otot polos unit ganda . Berikut dibawah ini pengertian dari masing-masing jenis tersebut.


1. Otot Polos Unit Tunggal


Ialah otot polos yang mempunyai banyak serabut, serabut ini berisikan diantara ratusan hingga jutaan yang hendak saling berkontraksi dengan adanya diikuti membran sel yang menempel satu dengan yang yang lain,lalu pada tempat berlawanan yang dimana sering mengakibatkan mudahnya penyebaran serabut ke serabut yang yang lain.yang dimana Intinya meruakan suatu otot ini tidak perlu stimulus saraf eksternal untuk berkontraksi.


√ Gambar Otot Polos : Pengertian, Ciri, Jenis dan Bagiannya


contohnya yakni otot yang ada pada lapisan dinding organ berongga maupun visera.


2. Otot Polos Unit Ganda


Ialah otot polos yang tersusun maupun terdiri atas serabut yang berbeda-beda atau setiap serabut ini akan melakukan pekerjaan tanpa saling sebenarnya ataupun ju lebih tepatnya bekerja secara sendiri.pada Intinya yakni otot ini akan banyak membutuhkan stimulus saraf eksternal untuk mampu berkontraksi.


√ Gambar Otot Polos : Pengertian, Ciri, Jenis dan Bagiannya


contohnya ialah otot yang ada pada mata yang hendak berperan dalam memfokuskan lensa serta mampu menyesuaikan ukuran pupil tersebut.




Bagian Otot Polos


Pada awaalnya, otot polos ini juga memiliki 3 bagian utama yaitu :


1. Membran Plasma


pada Bagian ini sering juga disebut dengan nama Sarcolemma atau juga sarkolema. Ia baru terluhat dengan terang jikalau kita memakai mikroskop electron. Ia akan terlihat mirip double membrane atau selaput membran ganda yang terdiri atas selaput luar dengan tebal antara 25 sampai 30 angstrom.setelah itu, selaput yang lainnya yakni selaput dalam dengan ketebalan kurang lebih 25 sampai 30 angstrom.


2. Sitoplasma


Bagian otot polos yang satu ini juga sering diketahui dengan perumpamaan sarkoplasma atau juga Sarcoplasma dengan sifat yang eosinofilik dan akan mengandung organoid yang berisikan mitokondria yang mau memagari inti, apparatus golgi, sentriol, serta endoplasma reticulum. Selain organoid, terdapat pula paraplasma cotohnya glikogen juga lipofusin.


3. Inti Sel


Berjumlah satu dan jaga mempunyai bentk yang lonjong condong panjang dengan ujung yang ridak lancip. Saat bab otot polos yang satu ini berkontraksi ia akan membentuk suatu gelombang.




Proses Kontraksi Otot Polos


Otot polos mengandung filamen aktin dan miosin,yang akan saling berinteraksi satu sama lain. Selanjutnya kontraksi diaktifkan oleh ion kalsium dan adenosin trifosfat(ATP) dan akan dipecah menjadi adenosin difosfat(ADP) untuk memberikan energi bagi kontraksi. Otot polos tidak mengandung troponin yang diharapkan dalam pengaturan kontraksi otot rangka.


Filamen miosin memiliki diameter dua kali lebih besar ketimbang filamen aktin. Dan filamen aktin lebih banyak sekitar 15 kali lebih banyak dari filamen miosin. Oleh alasannya itu kemungkinan terlihatnya filamen aktin dalam jumlah berlebihan pada suatu irisan otot polos pun berkembangdan filamen miosin relative jarang kalau dibandingkan dengan filamen aktin. Otot polos pun mampu berkontraksi secara efektif lebih dari duapertiga panjang regangannya.




Morfologi Otot Polos


Otot polos secara anatomi berlainan dari otot rangka dan otot jantung sebab otot polos tidak memperlihatkan citra serat-lintang. Otot ini mempunyai aktin dan miosin yang bergeser satu sama lain untuk menciptakan kontraksi. Akan namun, filamen-filamen itu tidak tertata dalam susunan yang terorganisir, mirip pada otot rangka dan jantung, sehingga tidak menawarkan citra serat-lintang.


Otot polos juga mengandung tropomiosin, tetapi tampaknya tidak mempunyai troponin. Isoform aktin dan miosin otot polos berbeda dengan yang terdapat pada otot rangka. Di dalam otot polos terdapat retikulum sarkoplasma, namun tidak meningkat dengan baik. Secara biasa , otot polos memiliki sedikit mitokondria, dan sungguh bergantung pada proses glikolisis untuk memenuhi kebutuhan metabolismenya.


Demikianlah artikeld dari pengajar.co.id ihwal √Otot Polos Adalah: Pengertian, Ciri, Jenis dan Bagiannya biar bermanfaat.


Advertisement