Gudang Informasi

√ Insan Purba Di Indonesia : Sejarah , Pemahaman Dan Jenisnya

√ Insan Purba Di Indonesia : Sejarah , Pemahaman Dan Jenisnya
√ Insan Purba Di Indonesia : Sejarah , Pemahaman Dan Jenisnya

Sejarah Manusia Purba Di Indonesia


Jejak fosil insan purba terdapat di bermacam macam tempat di dunia. Di Indonesia jejak fosil insan purba baru dikenali diJawa, yaitu di kawasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Manusia purba Indonesia ini berasal dan periode quartair kira-kira kurang lebih 599 ribu tahun.


√ Manusia Purba Di Indonesia : Sejarah , Pengertian dan Jenisnya


Seperti kalian lihat periode quartair ini juga terbagi menjad 2, ialah pada abad dilluvium (pleistocen) dan juga abad alluvium (holocen). Masa dilluvium menurut Dr. Von Koenigswald ini dibagi menjadi 3 struktur ialah, lapisan bawah, lapisan tengah serta lapisan atas. Di tiap-tiap bab atau lapisan terdiri atas beberapa fosil insan purba.


A. Dilluvium Bawah


Dari lapisan ini didapatkan sisa-sisa dari fosil dan 3 jenis manusia purba, yakni:



  • Meganthropus Palaeojavanicus. Jenis ini yang dianggap paling renta serta fosilnya ditemukan daerah diSangiran

  • Pithecanthropus Dubius, Fosilnya juga sama tempatnya yakni berada di Sangiran.Para andal masih ragu-ragu dalam memutuskan fosil tersebut, benar-benarfosil insan atau fosil kera saja.oleh alasannya adalah itu, diberi nama pithecanthropus Dubius, yang artinya manusia kera yang ragu

  • Pithecanthropus Robustus atau Plthecanthropus Mojokertensis juga didapatkan di kawasan yang sama pula Oleh sarjana Weidenreich, insan purba itu akan di beri nama dengan Pithecanthropus Robustus, sedangkan Von Koenigswald menamainya Pithecanthropus Mojokertensis. Karena ia yang Iebih dahulu menemukan fosil yang serupa di Mojokerto


B. Dilluvium Tengah


Jenis insan purba yang Iebih muda ini di temukan oleh Dr. Eugene Dubois. manusia tersebut diberi nama Pithecanthropus Erectus, yang artinya : insan monyet dengan berjalur yang tegak.


C. Dilluvium Atas


Manusia purba yang sungguh muda dari jenis yang lain periode dilluvium, di temukan kawasan Ngandong dan diberi nama Homo Soloensis.lalu Sedangkan jenis insan purba yang sama dengan yang di dapatkan di Wajak atau tulung agung di beri nama dengan istilah Homo Wajakensis.


Pengertian manusia purba di indonesia


Manusia purba ini sering disebut dengan Prehistoric People (Manusia Prasejarah) merupakan suatu jenis insan yang hidup pada zaman belum mengenal suatu tulisan. Para pakar andal sejarah sungguh meyakini bahwa manusia purba telah hidup mendiami bumi ini semenjak kurang lebih 4 juta tahun yang lalu.


Jika dilihat dari cirinya manusia purba juga memiliki volume otak yang lebih besar dibanding manusia terbaru pada zaman sekarang. Untuk mengetahui sebuah kehidupan insan purba di Indonesia, kita dapat melakukan dengan 2 cara,adalah :



  • Melalui sisa-sisa tulang manusia, binatang, tanaman yang telah menjadi watu maupun menjadi fosil.

  • Melalui peninggalan perlengkapan dan juga perlengkapan yang dipakai oleh insan purba selaku hasil budaya insan, mirip perlengkapan rumah tangga, senjata, bangunan, atau komplemen.


Jenis jenis insan purba di indonesia


1. Meganthropus Palaeojavanicus


banyak Ditemukan oleh seorang arkeolog dari negeri Belanda yang bernama Van Koenigswald. Dia yang pertama kali menemukan suatu fosil ini di daerah Sangiran pada tahun 1936. Manusia purba di Indonesia tidak sama persis jenis jenis manusia purba di dunia. Pada kurun tersebut paling banyak fosil ini didapatkan dalam keadaan mirip orang Barat. Maka dikala arkeolog memperoleh fosil yang berbeda dari pada sebelumnya, menghidupkan gairah ilmiah di golongan arkeolog untuk dapat lebih mendalami ihwal fosil manusia purba yang didapatkan di indonesia.


Diperkirakan insan besar ini hidup antara 1 – 2 juta tahun yang lalu. Hal ini mampu dibuktikan dari fosil dengan teknik peluruhan karbon.lalu Sehingga usia dari fosil tersebut mampu kita ketahui. Dengan adanya sifat waktu paruh itu, banyak sekali fosil, batuan maupun unsur yang lain yang bisa kita perkirakan pada umurnya. Bahkan umur Bumi yang kita cintai ini bisa kita perkirakan dengan waktu paruh dari bagian karbon pada material atau juga zat. Meganthropus Palaeojavanicus memiliki cirinya :



  • Memiliki tulang pipi yang lumayan tebal

  • Memiliki otot rahang yang berpengaruh

  • Tidak memiliki dagu

  • Memiliki tonjolan belakang yang tajam

  • Memiliki tulang kening yang menonjol

  • Memiliki perawakan yang tegap,rahang bawah Meganthropus, Sangir memakan tumbuh-flora, dan juga hidup berkelompok dan berpindah-pindah.


2. Pitecanthropus Erectus


Manusia purba ini tinggal di kawasan Indonesia pada 1-2 juta tahun yang lalu. Wilayah Indonesia yang menurut sejarah arkeologi, kerap kali mengalami petaka di Indonesia. Dari mulai hal yang bersifat mengikat sampai membuat wilayah indonesia terdiri atas bermacam macam pulau kecil. Doktor dari Belanda berjulukan Eungene Dubois ialah seseorang penemu pertama manusia disini. Ciri khas dari Pitecanthropus yaitu:



  • Berjalan tegak, tetapi dalam struktur tengkoraknya mirip dengan struktur seekor kera. Maka dikenal juga dengan insan simpanse berjalan tegak.

  • Dengan struktur tengkorak hampir seperti simpanse, maka dimungkinkan ukuran otaknya yang kecil.

  • Dapat Menyebabkan tingkat kecerdasan jenis manusia purba ini nyaris sama tetapi diatas dengan insting seekor hewan.

  • Pitecanthropus ialah sebuah bangsa atau kaum pengumpul makanan (Food Gathering).


Memiliki ciri berbadan tegak dan juga kemungkinan besar yang paling besar pula pada era nya. Dengan ukuran otak yang masih kecil jika dibanding mahluk yang lain maka didapatkan hasil yang cukup mengejutkan bahwa dalam keadaan mengumpulkan kuliner ataupun kebutuhan bumil, terdapat jejak yang akan menunjukkan rapat golongan, ari air jangheh.


3. Pitecanthropus Mojokertensis


Dalam hal yang dijalankan tanpa perlu mendalami jenis jenis manusia purba dan gambarnya, kita mampu tahu bahwa Eungene Dubois ini sukses menjadi penemu fosil jenis ini di kawasan Mojokerto, sehingga beliau sudah menamai fosil penemuannya menjadi suatu temuan besar pada kala ini. Penggalian yang sudah dikerjakan di Mojokerto ini mau tak inginakan menghancurkan tulang tulang nya. Beberapa bab nya menjadi hancur sehingga beberapa detil tidak akan terselamatkan tepat.


ciri ciri insan purba di indonesia intinya tidak jauh berlawanan dengan manusiapada era terbaru. Praktis-mudahan sukses bagi anda yang sedang memperbesar pengetahuan dengan membaca-baca artikel mirip ini. Hal ini sangat perlu ditegaskan kembali bahwa konten dari insan purba ini bukan merupakan sumber ilmiah kepustakaan.


Demikianlah postingan dari pengajar.co.id perihal √ Manusia Purba Di Indonesia : Sejarah , Pengertian dan Jenisnya biar bermanfaat.


Baca Juga :






Advertisement