Gudang Informasi

E-Book Ialah

E-Book Ialah
E-Book Ialah

Halo sahabat pengajar.co.id kali ini kita ingin membagikan postingan ihwal E-book simak dibawah ini sampai habis ya:


E-book Adalah




Pengertian E-book Adalah


E-book yaitu suatu buku berbentuk digital atau elektronik yang berisi informasi maupun tutorial. Buku elektronik tersebut cuma bisa dibuka serta dibaca lewat perangkat elektronik seperti komputer, tablet, dan ponsel pintar.


Tidak berbeda jauh dengan buku cetak, e-book  (electronic book) atau buku elektronik berisi goresan pena-tulisan serta gambar dengan berbagai tema, misalnya e-book teknologi, e-book ilmu pengetahuan, e-book motivasi, e-book tutorial. Di jaman yang seluruhnya digital ini, pantas saja e-book lebih banyak  dipakai daripada buku cetak.




Pengertian E-book Menurut Para Ahli


1. Wikipedia


Menurut Wikipedia E-book yakni publikasi buku yang ada dalam bentuk digital, terdiri dari teks, gambar, atau keduanya, bisa dibaca di layar komputer layar datar atau perangkat elektro lainnya. Walaupun kadang-kadang didefinisikan sebagai “versi elektro dari buku cetak”, ada e-book dibentuk tanpa adanya dari versi cetak.


2. Whalts


Whalts Menyatakan E-book yaitu versi elektro dari buku cetak yang mampu dibaca dengan memakai komputer sendiri dengan menggunakan e-book reader.


3. Oxford Dictionaries


Menurut Oxforddictionaries.com E-book yakni versi elektronik dari buku cetak yang dapat dibaca di komputer atau perangkat genggam yang dibentuk khusus untuk tujuan ini.




Fungsi Dari E-book


1. Sebagai Sarana untuk Belajar


Sekarang malah kebanyakan orang yang membuat e-book yang berisi perihal ilmu pengetahuan serta tutorial pada bidang tertentu.


Bacaan serta berita yang kebanyakan dijadikan e-book yaitu seputar bisnis online, tutorial blogging, bimbingan komputer, dan hal-hal yang berkaitan dengan teknologi.


2. Sebagai Media Informasi


Sekarang malah usahawan pada umumnya menunjukkan ebook gratis pada pengguna yang memerlukan. Cukup memasukkan email, maka pengguna mampu mendownload ebook yang isinya gosip atau bimbingan yang dibutuhkan.


Proses pembuatan serta penyebaran ebook ini sangat mudah disebabkan bentuknya digital. Inilah karena ebook sangat cocok digunakan sebagai media isu.




Manfaat dari E-book


1. Memudahkan Pembuatan Buku


E-book ialah salah satu penyelesaian untuk mereka yang hendak mengeluarkan buku tapi kesulitan dalam pembuatannya. Seperti yang kita tau, proses pembuatan buku cetak cukup panjang serta terbilang sukar.


Hal tersebut tidak duduk perkara bila kita membuat buku digital. Tapi, pastinya format e-book tersebut wajib dibentuk sebagus mungkin agar patut untuk disebarkan atau dijual.


2. Menghemat Biaya Pembuatan Buku


Pembuatan buku cetak ongkosnya cukup besar disebabkan masih menggunakan peralatan konvensional. Beda halnya dengan pengerjaan e-book, ongkosnya nyaris tak ada malah mampu gratis.


3. Memudahkan Proses Penyebaran Informasi


Penyebaran e-book mudah sekali dilakukan, ialah melalui media internet serta perlengkapan elektronik lainnya misalnya flashdisk atau hardisk.


4. Memudahkan Proses Belajar dan Mengajar


Dengan adanya e-book maka proses berguru serta mengajar menjadi lebih mudah. Pengajar mampu membuat materi pelajaran dalam bentuk ebook kemudian mengirimkannya pada muridnya.




Macam-macam Format E-book



  1. PDF (Portable Document Format)

  2. EPUB (Electronic Publication)

  3. MOBI (Format MobiPocket)

  4. AZW (Amazon World)

  5. KF8 (Format Kindle Fire dari Amazon)

  6. PDB (Palm File Database)

  7. HTML (Hyper Text Markup Language)

  8. PRC (Palm Resource File)

  9. CHM (Compressed HTML)

  10. XHTML

  11. XML




Kelebihan dan Kekurangan E-book


1. Kelebihan E-book



  • Lebih Ringkas


E-book atau buku digital Teruju lebih ringkas daripada dengan buku cetak. Pemakai ponsel pintar serta perangkat genggam yang lain mampu membuka ebook kapan saja dan di mana saja



  • Lebih Awet


Karena bentuknya digital, pastinya e-book lebih abadi serta tidak gampang rusak dari buku cetak.



  • Lebih Murah


Proses pengerjaan e-book sungguh gampang serta murah sehingga harganya pada umumnya lebih hemat biaya dibanding buku cetakan.



  • Ramah Lingkungan


E-book tidak membutuhkan tinta serta kertas sehingga lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan buku cetak yang yang dibuat dari kertas dan tinta.


2. Kekurangan E-book



  • Tidak Bisa Dipegang


Memang kebanyakan orang malah senang yang ringkas. Tapi, beberapa orang lebih senang memegang buku dibandingkan dengan gadget inilah yang  tak mampu diberikan oleh E-book



  • Ukuran Huruf Lebih Kecil


Biasanya ukuran abjad pada e-book condong lebih kecil dibandingkan dengan pada buku cetak, jika kita membukanya di ponsel.



  • Membuat Mata Cepat Lelah


Saat membaca e-book, cahaya dari perangkat ponsel atau perangkat genggam akan menciptakan mata kita  cepat kelelahan. Penggunaannya jangka panjang dapat menimbulkan kerusakan pada mata, misalnya mata minus.


Demikianlah artikel dari pengajar.co.id semoga bermanfaat



Advertisement