Gudang Informasi

Bola Voli Yaitu

Bola Voli Yaitu
Bola Voli Yaitu

Kali ini pengajar.co.id ingin membagikan postingan ihwal Bola Voli Berikut Penjelasannya:


Bola Voli Adalah




Pengertian Bola Voli Adalah


Bola Voli ialah sebuah cabang olah raga yang dimainkan oleh 2 tim yang saling bertentangan dimana setiap tim memiliki 6 orang pemain. Antar lapangan kedua tim itu dibatasi oleh sebuah net penghalang dengan ketinggian tertentu.


Dalam permainan bola voli ada gerakan mem-volley, adalah gerakan menghantam bola sebelum jatuh terkena lapangan. Gerakan mem-volley serta memantulkan bola ke atas mampu dilaksanakan dengan semua badan dengan syarat pantulannya harus sempurna.




Sejarah Bola Voli


Permainan Bola Voli pertama kali dikenalkan oleh orang bernama William George Morgan, pada tahun 1985 di Holyoke, Massacusetts, Amerika Serikat. William George Morgan merupakan seorang pelatih pendidikan jasmani di suatu organisasi bernama Young Men’s Christian Association (YMCA).


Mulanya Morgan terinspirasi dari James Naismith, adalah penemu olah raga Bola Basket. Dengan mengadopsi serta memadukan beberapa permainan (baseball, tenis, bola basket, dan bola tangan), Morgan lalu menciptakan olah raga baru yang diberi nama Mintonette (Bola Voli)..


Pada tahun 1896 nama Mintonette dirubah menjadi Volley Ball. Perubahan nama itu sekaligus menjadi pertandingan resmi pertama, yaitu pada event International YMCA Training School.




Teknik Dasar Bola Voli


1. Teknik Dasar Service



  • Servis Lompat


Servis dengan cara melambungkan bola ke arah atas depan, lalu pemain melompat serta menghantam bola saat di udara ke arah lapangan musuh.



  • Servis Bawah


Servis dengan cara melambungkan bola menyesuaikan, kemudian pemain menghantam bola dari arah bawah bola dengan tangan mengepal.



  • Servis Atas


Servis dengan cara melambungkan bola ke arah atas dengan ketinggian ideal, lalu pemain memukul bola dengan telapak tangan saat bola ada di atas kepala.



  • Servis Samping


Servis dengan cara melambungkan bola dengan ketinggian menyesuaikan, kemudian pemain memukul bola dengan cara menyamping dengan memutar badan.


2. Teknik Dasar Passing



  • Passing Bawah


Passing yang dilaksanakan pemain dikala menerima bola yang mana posisi bola itu lebih rendah dari posisi kepala pemain. Teknik passing tersebut lazimnya digunakan saat mendapatkan servis dari lawan.



  • Passing Atas


Passing yang dilakukan ketika mendapatkan bola yang mana posisi bola itu ada di atas kepala pemain. Teknik passing tersebut umumnya dikerjakan dikala memperlihatkan umpan kepada rekan setim, tetapi mampu juga digunakan untuk menerima servis dari musuh.


3. Teknik Dasar Smash



  • Quick Smash (First Tempo)


Teknik smash yang dilaksanakan oleh pemain depan tengah. Teknik menyerang tersebut dikerjakan ketika seorang setter menawarkan umpan serta penyerang sudah melompat guna menghantam bola.



  • Semi Smash (Second Tempo)


Teknik smash yang dikerjakan ketika seorang setter menawarkan umpan bola tak terlalu tinggi. Penyerang yang hendak menghantam bola telah mulai melompat setelah tau arah bola kemudian memukulnya.



  • Push Smash (Third Tempo)


Teknik smash yang dijalankan saat setter menunjukkan umpan bola sungguh tinggi kemudian penyerang berlari serta melompat ke arah bola lalu memukulnya.



  • Ace Smash


Teknik smash yang dilakukan oleh seorang ace pada tim bola voli lalu memperlihatkan pukulan keras ke tempat lapangan lawan.



  • Pull Smash


Teknik smash dengan gerakan mendustai lawan dengan membuat lawan menebak teknik serangan yang dipakai, antara Quick Smash atau Semi Smash.


4. Teknik Dasar Blocking


Dalam olah raga volley ball, blocking adalah teknik bertahan guna mengusir serangan smash dari lawan biar bola tidak melalui net. Selain itu, teknik blocking tersebut berfungsi untuk menjatuhkan bola ke dalam lapangan musuh.


Blocking hanya bisa dilaksanakan oleh pemain yang ada pada posisi depan garis serang. Sementara pemain yang ada pada posisi di belakang garis serang tak diperbolehkan untuk melaksanakan blocking.


Teknik bertahan tersebut lazimnya diberikan terhadap pemain yang memiliki postur tubuh yang lebih tinggi. Dengan postur tinggi itu akan mempermudah pemain guna mengusir maupun membalikkan bola yang di-smash oleh tim musuh.




Peraturan Bola Voli


1. Ukuran Lapangan


Ukuran Lapangan Bola voli adalah 9 meter x 18 meter, mengacu pada peraturan yang dikeluarkan oleh Federasi Bola Voli Internasional (FIVB). Batas serang pemain belakang berjarak 3 meter dari garis tengah, serta garis tepi lapangan wajib berskala 5 cm.


Tinggi net untuk tim putera adalah 2,43 m, sementara untuk tim puteri adalah 2,24 m. Lebar net bola voli yaitu 1 meter, serta jarak tiang net ke garis tepi lapangan sejauh 0,5 – 1 meter


2. Standar Bola yang Digunakan


Bola mesti yang dibuat dari bahan kulit lunak atau sintetis.


Bola mesti berdiameter 65-67 cm serta berat 260-280 gram.


Bola harus mempunyai variasi warna sesuai ketentuan.


3. Jumlah Pemain Setiap Tim


Semua regu dalam permainan bola voli dimainkan oleh 6 orang, termasuk libero. Libero yaitu pemain yang dapat keluar-masuk namun tidak diperbolehkan untuk melaksanakan smash. Dalam satu pertarungan, semua tim bola voli berisikan 10 pemain yang terdiri dari 6 pemain inti serta 4 pemain cadangan.


4. Aturan dan Larangan Dalam Bola Voli


Jersey atau baju seragam tim wajib memiliki nomor punggung dan dada. Sementara nomor pada celana pendek ada pada bab depan paha kanan. Para pemain juga wajib memakai kaos kaki serta sepatu karet.


Saat pertandingan berjalan, para pemain tak boleh menyentuh net atau melalui batas tengah lapangan. Kalau melanggar, maka tim lawan akan mendapatkan poin.


Pemain mesti melakukan servis dari luar lapangan serta dihentikan menginjak atau melewati garis lapangan.


Pemain tak boleh menangkap atau melempar bola, tapi harus dipantulkan dengan tepat dengan menggunakan tangan, kepala, atau kaki.


Bola dianggap out jika telah menjamah bagian luar permukaan lapangan. Jika pemain masih mampu memantulkan bola sebelum jatuh ke permukaan lantai jadi belum dianggap out.


Demikianlah postingan dari pengajar.co.id perihal Bola Voli Semoga Dapat Bermanfaat:


Advertisement