Gudang Informasi

Wifi Yaitu

Wifi Yaitu
Wifi Yaitu

Kali Ini Pengajar.co.id ingin membagikan postingan perihal Wifi Berikut Penjelasannya:


Wifi Adalah




Pengertian Wifi Adalah


Wifi adalah Teknologi yang fungsinya saling bertukar data menggunakan gelombang radio (secara nirkabel) dengan menggunakan bermacam peralatan elektro. Dibutuhkan peralatan elektronika seperti contohnya komputer, smartphone, tablet, atau malah video game console guna terhubung dalam jaringan komputer, tergolong internet, melalui Wifi.


Perangkat elektronika itu wajiblah ada dalam suatu titik saluran (hotspot) jaringan nirkabel untuk mampu terhubung dengan Wifi. Dalam sebuah jaringan Wifi, umumnya titik akses mempunyai jangkauan sampai 20 meter di dalam ruangan, serta ada yang lebih jauh jangkauannya untuk Wifi di luar ruangan.


Wifi sendiri bantu-membantu adalah singkatan dari Wireless Fidelity. Pada umumnya, untuk dapat terhubung dengan suatu perangkat elektro, Wifi menggunakan frekuensi gelombang radio dalam rentang 2,4GHz s/d 5GHz. Semakin berkembangnya zaman mengganti internet dari yang sebelumnya cuma ialah kebutuhan tersier, sekarang malah sudah menjadi kebutuhan utama.


Karena itulah kemudian cukup banyak juga pebisnis yang memanfaatkan adanya Wifi agar pelanggannya bisa menikmati waktu lebih usang di kedai makanan atau bar miliknya.




Sejarah Wifi


Wifi juga tak timbul begitu saja, ada sejarah perkembangan Wifi yang secara singkat bisa dijabarkan dalam beberapa poin berikut:


1997 : Dibentuk suatu jaringan wireless namanya 802.11 oleh IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers)


1999 : Hadir Wireless B dengan kecepatan transfer data 11 Mbps. 2003 : Hadir Wireless G dengan kecepatan transfer data mencapai 54 Mbps. Hanya beroperasi dalam frekuensi 2,4GHz.


2009 : Hadir Wireless N, mendukung kecepatan transfer data sampai 300 Mbps (2 antena) atau 450 Mbps (3 antena). Jangkauan lebih luas dibandingkan dengan sinyal Wireless G.


2014 : Muncul Wireless AC yang memiliki kecepatan 500Mb/s – 1 Gb/s. Beroperasi di frekuensi 5GHz.




Fungsi Wifi


1. Menghubungkan Perangkat Ke Dalam Jaringan


Beda dengan jaringan kabel LAN yang batas pemakainya, Wifi bisa digunakan di banyak komputer tanpa memperbesar jumlah kabel. jadi, Wifi memudahkan banyak pemakai untuk sekaligus terhubung ke dalam jaringan.


2. Berbagi Data Antar Perangkat


Contohnya Anda mempunyai 2 buah perangkat elektro, lalu mau memindahkan data di salah satunya ke perangkat yang lain. Wifi bisa dimanfaatkan untuk hal ini, jadi kabel data tak lagi dibutuhkan serta menimbulkan pekerjaan lebih mudah dan efisien.


3. Modem Dari Smartphone


Memang dengan adanya Wifi, sebuah ponsel pintar mampu terhubung dengan internet jadi pengguna tak perlu lagi menggunakan paket data berbayarnya. Tapi tak hanya itu, jikalau smartphone Anda mendukung perangkat wireless, maka kau mampu menimbulkan ponsel pintar itu selaku modem.


Hal tersebut sungguh berguna utamanya bila Anda bepergian ke kawasan yang tak tersedia Wifi. Kalau paket data Anda cukup banyak, maka ketika mau mengakses internet melalui laptop misalnya, Kamu bisa menggunakan smartphone selaku modem yang menggunakan sinyal Wifi untuk terhubung ke laptop.


4. Kecepatan Internet Lebih Pesat


Hal tersebut tentu sudah mampu dipahami oleh para pemakai ponsel pintar. Beda dengan saat mengakses internet melalui jaringan seluler yang kadang-kadang cepat seringkali lambat tergantung eksistensi sinyal, biasanya kecepatan akses internet dengan menggunakan Wifi lebih terjamin kecepatannya. Salah satu indikasinya ialah kau mampu melakukan streaming video tanpa putus-putus, pengunduhan dokumen yang lebih singkat, serta jalan masuk yang tidak membutuhkan loading.




Cara Kerja Wifi


Mudahnya, Wifi bekerja dengan memafaatkan gelombang radio. Bermacam data yang diminta atau diantarkan pemakai melesat di udara memakai gelombang radio. Supaya mampu menerjemahkan data atau dokumen yang dikirim lewat gelombang radio ini, sebuah komputer wajib memiliki adaptor wireless jadi terhubung dengan Wifi.


Gelombang radio yang berbentuksinyal tersebut kemudian diantarmenuju router yang berfungsi selaku decoder (penerjemah kode). Sesudah diterjemahkan, data itu diantarke jaringan internet dengan menggunakan koneksi ethernet.


Demikianlah artikel dari pengajar.co.id perihal Wifi Semoga Dapat Bermafnaat


Advertisement