Gudang Informasi

Berita Adalah

Berita Adalah
Berita Adalah

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id akan menciptakan artikel yang berjudul Informasi Adalah : Pengertian, Jenis, Fungsi, Contoh (LENGKAP), yuk sama-sama kita bahas dibawah ini.Informasi-Adalah




Pengertian Informasi


Pengertian gosip yaitu suatu sekumpulan data atau fakta yang telah diproses dan juga dikelola dengan sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah hal yang mudah diketahui dan juga berguna bagi penerimanya.


Dari pemahaman diatas dapat kita pahami ialah suatu kata “berita” memiliki arti yang beda daripada kata “data”. Data yakni suatu fakta yang bisa dikatakan masih mentah atau belum dimasak, sehabis diproses proses atau dimasak maka data tersebut mampu menjadi suatu informasi yang sungguh berfaedah.


Tidak semua data atau fakta bisa dibentuk menjadi suatu gosip bagi para penerimanya. Jika sebuah data yang dimasak tersebut tidak memiliki manfaat bagi penerimanya, maka hal tersebut tidak bisa disebut dengan berita.


kata “berita” berasal dari bahasa Latin, yang berbunyi “Informatinem” yang mempunyai arti sebuah ide, arahan, atau garis besar. Informasi mampu disuguhkan kedalam beragam bentuk, dimulai dari tulisan, tabel, gambar, diagram, video, audio, dan lain-lain.




Jenis – Jenis Informasi


Berikut dibawah ini yakni jenis jenis info, ialah :




  1. Informasi Berdasarkan Fungsi & Kegunaan




Informasi menurut jenis ini diantaranya :



  1. Informasi yang mampu menambah wawasan, misalnya : suatu kejadian dan pendidikan.

  2. Informasi yang bisa menjadi pembelajaran untuk pembaca, acuan : contohnya suatu makalah yang membicarakan ihwal panduan atau cara mengolah makanan, suatu artikel yang membahas tentang bagaimana cara memasak yang bagus dan benar.

  3. Informasi berdasarkan dengan format penyuguhan, sebuah informasi yang berlainan menurut bentuk dari penyajian informasinya. Contoh : info dalam bentuk sebuah goresan pena (isinya mampu dalam berupa sebuah kolom, baris, atau gambar dll).


 




  1. Informasi Berdasarkan Format Penyajian




Informasi berdasarkan jenis ini, antara lain berupa tulisan teks, gambar karikatur, foto, atau lukisan absurd.




  1. Informasi Berdasarkan Tempat Kejadian




Informasi berdasarkan dari kawasan insiden yang sedang terjadi ketika itu, baik it info dari dalam negeri ataupun berita dari luar negeri.




  1. Informasi Berdasarkan Bidang Kehidupan




Informasi menurut dari bidang-bidang kehidupan yang ada, misalkan, gaya hidup, pendidikan, olahraga dll.




  1. Informasi Berdasar Penyampaian





  • Informasi yang disediakan secara datang-tiba.

  • Informasi yang disediakan secara terjadwal.

  • Informasi yang dikecualikan.

  • Informasi yang diperoleh menurut undangan.

  • Informasi yang disediakan setiap dikala.




Fungsi Informasi


Berikut dibawah ini merupakan fungsi dari info, adalah :




  1. Menjadi Sumber Pengetahuan yang Baru


    Informasi benar yang didapat dari  seseorang bisa menjadi wawasan dan mampu memperbesar pengetahuan pada bidang tertentu.

    Contoh : Informasi mengenai bagaimana cara mendapatkan duit yang diperoleh dari blog di internet.



  2. Menghapus Ketidakpastian


    Kurangnya gosip ihwal sesuatu hal dapat menjadikan ketidakpastian. Untuk menetralisir ketidakpastian mirip itu maka kita memerlukan info lengkap dan benar dari sumber yang terpercaya.



  3. Sebagai Media Hiburan


    Informasi ternyata bisa juga berfungsi selaku media hiburan untuk penduduk .

    Contoh : Informasi tentang objek wisata di sebuah tempat yang menyajikan dengan bahasa dan gambar-gambar yang sungguh menarik.



  4. Sebagai Sumber Berita


    Salah satu gosip wacana sebuah hal mampu dipakai sebagai sumber gosip yang mau disampaikan kepada khalayak.

    Contoh : Informasi tentang PIala Dunia yang didapat lewat media Televisi, Radio, dan situs info online.



  5. Untuk Sosialisasi Kebijakan


    Informasi ialah komponen yang penting untuk berkomunikasi dengan pihak lainnya. Salah satunya yakni untuk menawarkan salah satu kebijakan dari pemerintah terhadap para penduduk yang dengan cara bersosialisasi.



  6. Untuk Mempengaruhi Khalayak


    Penyampaian isu dari media massa umumnya dikerjakan guna menghipnotis khalayak.

    Contoh : Informasi wacana sebuah produk lewat Televisi yang bertujuan tujuan semoga masyarakat mampu mengenal dan dapat kepincut untuk menantikanya.



  7. Menyatukan Pendapat


    Di zaman media sosial mirip saat ini, pasti sangat gampang untuk menyampaikan sebuah pendapat ke ruang publik. Tapi, tidak semua pertimbangan sesuai dengan fakta yang ada.

    Adanya sebuah gosip yang benar dari sebuah sumber terpercaya tentu sangat berkhasiat untuk mengoreksi suatu pendapat yang dikemukakan di ruang publik apakah memang sesuai dengan berita tersebut.





Contoh Informasi


Berikut dibawah ini ialah contoh isu , yakni :



  1. Telah terjadi kecelakaan sepeda motor di Ancor dewi angin, sore tadi pukul 17.00, korban jiwa sebanyak dua orang, yang ialah d dan meninggal cukup umur dan adiknya ditempat.

  2. Selama setengah sebulan ini karyawan cuma masuk sebanyak enam hari, ia akan melakukannya karena orang tuanya yang sudah renta mengalami sakit-sakitan atau mesti keluar masuk rumah sakit dalam waktu setengah sebulan ini.

  3. Pertandingan sepakbola Liga Indonesia antara Club Persija dengan Arema pukul15.30 tadi juga berakhir dengan skor 9-8 untuk kemenangan Arema.




Demikianlah postingan dari pengajar.co.id yang berjudul Informasi Adalah : Pengertian, Jenis, Fungsi, Contoh (LENGKAP), agar dengan adanya postingan ini bisa sangat bermanfaat dan lebih memperbesar pengetahuan anda.


Advertisement