Gudang Informasi

√Autobiografi

√Autobiografi
√Autobiografi

Pada Kesempatan Kali Ini pengajar.co.id ingin membagikan postingan tentang Autobiografi Berikut Pembahasannya:


√Autobiografi : Pengertian, Jenis, Ciri, Tujuan, Struktur dan Manfaatnya


Pengertian Autobiografi


Autobiografi atau otobiografi ialah biografi yang ditulis oleh subjeknya, dikarang bersama-sama dengan penulis lain dan disebutkan sebagai “sebagaimana diceritakan”. Autobiografi berasal dari bahasa Yunani ialah autos yang artinya sendiri, bios yang artinya hidup dan graphein yang artinya menulis.


Pengarang auto biografi biasanya mengandalkan aneka macam sudut pandang serta beberapa dokumen dan otobiografi dapat didasarkan sepenuhnya pada ingatan pengarang. Otobiografi juga terkait dengan memoar dan seringkali agak sulit untuk membedakan keduanya.


jadi kesimpulan diatas, pengertian autobiografi adalah tulisan yang didalamnya berisi ihwal pengalaman, riwayat atau perjalanan hidup seseorang mulai dari era kecil sampai sekarang (sudut pandang orang pertama).




Jenis-jenis Autobiografi


Ada berbagai macam autobiografi, berikut diantaranya :


1. Autobiografi selaku Kritik Totalitarianisme


Autobiografi ini merupakan korban dan penentang rezim totaliter yang telah bisa menyampaikan kritik menonjol dari rezim lewat bentuk autobiografi dari penindasan mereka.


2. Autobiografi Fiksi


Maksudnya ini diciptakan untuk mendefinisikan novel wacana seorang tokoh fiktif yang ditulis dan seperti abjad tersebut menulis biografi mereka sendiri.


3. Autobiografi seseorang yang tidak terkenal


Sudah ada Beberapa orang tanpa klaim orisinil populer sudah mulai menulis autobiografi mereka sendiri untuk dibagikan ke penduduk lazim.


4). Autobiografi Palsu


Tren yang mendukung adanya autobiografi artifisial, khususnya terkait dengan “penderitaan menyala”, penulis diduga menderita menjadi bab keluarga yang disfungsional atau dari masalah umum (sosial) dari penindasan politik.


5). Autobiografi Sensasional


Pada kala ke-17 , “skandal memoar” oleh Libertini semestinya melayani selera publik, sudah sering dipublikasikan. lazimnya samaran, sebagian karya fiksi mereka ditulis oleh seorang penulis ghostwriters.




Ciri-ciri Autobiografi


Ciri-ciri dari autobiografi adalah sebagai berikut:


1. Autobiografi ialah suatu perjalanan hidup seseorang, yang ditulis oleh tokoh itu sendiri atau dengan dukungan penulis lain, yang ditulis menurut pengalaman yang dialami oleh tokoh tersebut.

2. Autobiografi terkadang berisi informasi mengenai periode kehidupan tokoh itu sendiri dari yang merepotkan hingga dia keberhasilan

3. Autobiografi biasa memperlihatkan informasi yang sifatnya aktual. Bahkan lazimnya ditulis dalam rangka pencitraan seorang tokoh politik

4. Autobiografi terkadang ditulis biar masyarakat lebih kenal dan tahu perihal apa yang telah dilakukannya selama dia hidup, mengakibatkan bisa mengambil nasihat, dan pelajaran yang berguna, yang ada didalamnya.




Tujuan Autobiografi


Terdapat beberapa tujuan autobiografi, berikut diantaranya :


1. Memperkenalkan diri sendiri dengan lebih detail terhadap penduduk .

2. Memberikan gambaran, pelajaran dan kisah-cerita inspiratif wacana seseorang dapat sukses dalam bidang yang sedang lakoni sekarang ini, baik itu dalam karir, bisnis, politik maupun bidang lainnya.

3. Bahan pencitraan seseorang.




Struktur Autobiografi


Struktur autobiografi terdiri atas 5 struktur, diantaranya:


1. Latar belakang Keluarga


Bagian ini berisi perihal keluarganya yakni kedua orang renta, tanggal lahir dan daerah tinggal, anak yang ke berapa dan menceritakan kerabat-saudaranya.


2. Latar belakang Pendidikan


Bagian ini menceritakan ihwal pendidikan yang sudah dicapai sampai sekarang berikut dengan tahun dan nama sekolahnya dan diawali dengan paragraf baru.


3. Latar belakang Prestasi


Bagian ini berisi tentang semua pestasi yang sudah dicapai mulai dari kecil sampai kini.


4. Latar belakang Pekerjaan


Jika tokoh sudah bekerja maka mencantumkannya, tetapi kalau masih pelajar maka bagian ini bisa dihilangkan.


5. Latar belakang Hasil Karya


Bagian ini khusus bagi mereka yang telah bekerja dan untuk pelajar poin ini mampu dihilangkan.




Manfaat Kebahasaan Autobiografi


1. Kata hubung/penghubung: berfungsi sebagai penyambung antara satu kata dengan kata yang lain.

2. Kata kerja: sebuah kalangan kata yang menerangkan suatu hal yang dilakukan oleh tokoh.

3. Rujukan kata: merujuk pada kata lain yang sudah diungkapkan sebelumnya.

4. Keterangan waktu: berfungsi menunjukkan kejadian, waktu dan daerah yang dialami oleh tokoh.




Perbedaan Autobiografi dan Biografi


Antara autobiografi dan biografi memiliki perbedaan yakni:



  1. Autobiografi ialah suatu perjalanan hidup seseorang, yang ditulis oleh tokoh itu sendiri atau dibantu dengan penulis lain, yang dibentuk menurut pengalaman atau kenangan tokoh itu sendiri, sedangkan biografi ditulis oleh orang lain.

  2. Autobigrafi acap kali berisi informasi perihal periode kehidupan tokoh itu sendiri, dari yang merepotkan hingga mencapai kesuksesan.

    Sedangkan subjek biografi yakni tokoh terkenal dengan banyak jasa, karya ataupun pedoman yang berguna untuk orang lain.

  3. Autobiografi lazimnya hanya memberikan berita yang sifatnya konkret saja. Bahkan banyak autobiografi dibuat alasannya adalah dalam rangka untuk pencitraan seorang tokoh politik. Sedangkan biografi dibentuk dengan bersumber pada literatur, dokumen penting, atau menggali pada narasumber, selaku saksi dalam menerangkan insiden, dan fakta yang terjadi di perjalanan hidup tersebut.

  4. Autobiografi biasa dibentuk untuk mengenalkan atau memberitahu masyarakat mengenai apa yang telah dilakukannya selama hidup, mengakibatkan dapat diambil hikmahnya, pelajarannya yang berguna yang ada didalamnya. Sedangkan biografi kadang-kadang terdiri dari berita yang didalamnya ada nasihat, motivasi dan sejarah penting yang bisa dijadikan suri tauladan untuk orang yang membacanya.




Contoh Autobiografi


Namaku Garox Al-Zebber dan biasa diundang dengam Garox oleh orang-orang dilingkunganku. Aku sangat kegemaran membaca buku dan bermain Futsal serta lahir di kota Lampung di tanggal 1 Februari 1998 dari pasangan Ojak dan Siti Aminah.


Kakakku berjulukan Udinyang sudah menikah dan kini tinggal dengan suaminya di kota Palembang. Aku juga mempunyai adik kembar laki-laki dan wanita bernama Hani dan Heni yang baru berusia 6 tahun.


Aku pertama kali masuk sekolah di tahun 2004-2010 di SDN 3 Darma Jaya. Lalu setelah lulus meneruskan ke SMPN 4 Karang Melanting dari tahun 2011-2014. Dan kemudian melanjutkan sekolah lagi ke SMAN 9 Bandar Lampung. Di SMA ini saya mengikuti kegiatan ekstrakulikuler Paskibra dan disamping itu aktif di Organisasi Pramuka dan OSIS. Aku juga pernah menjabat selaku ketua Pramuka.


Aku merupakan anggota futsa di SMAN 1 Bandar Lampung dan beberapa kali menjuarai kejuaraan futsal dengan tingkat sekolah ataupun tingkat umum. Antara lain Juara 1 Piala Gubernur tahun 2016. Juara II Basket Hardiknas Cup 2016, juara I DBL Sekolah dan lain sebagainya.


Aku memiliki harapan dalam beberapa tahun mendatang untuk bisa bergabung dengan Tim Nasional Futsal Indonesia dan menjinjing nama harum Bangsa di Asia dan Dunia.


Demikianlah postingan Pengajar.co.id wacana √Autobiografi : Pengertian, Jenis, Ciri, Tujuan, Struktur dan Manfaatnya semoga berfaedah.


Advertisement