Gudang Informasi

√Aurora Yakni

√Aurora Yakni
√Aurora Yakni

Pada Kesempatan Kali Ini Pengajar.coid Ingin Membagikan postingan perihal Aurora berikut Adalah Pembahasannya:




Pengertian Aurora


Aurora ialah fenomena alam yang menyamai pancaran cahaya yang bersinar pada lapisan ionosfer dari sebuah planet alasannya adanya interaksi antara medan magnetik dan planet tersebut dengan partikel yang dipancarkan oleh sang surya (Matahari).


√Aurora Adalah : Pengertian, Jenis, Penyebab, Proses Terjadinya




Jenis-Jenis Aurora


Aurora yang kita pahami cuma berisikan dua jenis, adalah aurora yang terjadi dikutub utara dan kutub selatan,

Berikut dibawah ini penjelsannya :


1. Aurora Borealis


Aurora Borealis merupakan jenis aurora yang terjadi dibelahan bumi utara, aurora ini diberinama menurut nama Dewi Fajar Roma, Aurora, dan juga nama Yunani untuk angin utara, Boreas. Ini dikarenakan di Eropa, aurora sering terlihat kemerah-merahan di ufuk utara mirip Matahari mau terbit dari arah itu.

pada bulan September, Oktober dan Maret serta April Aurora borealis senantiasa terjadi . Aurora Berealis mampu dilihat di kawasan antartika yaitu dinegara Kanada, Alaska, Rusia, serta Skandinavia.


2. Aurora Australis


Aurora Australis merupakan jenis fenomena aurora dibelahan bumi Selatan yang mempunyai sifat-sifat yang hampir sama dengan aurora borealis. Seperti julukannya, aurora ini sering terjadi di pecahan bumi bab selatan. maka namanya hampir menyerupai nama negara yang ada disana , yakni Australia.




Penyebab Terjadinya Aurora


Setelah mengetahui macam-macam aurora, kita lanjut dengan membahasa Apa saja penyebab terjadinya Aurora? Berikut dibawah ini penjelasannya:


1. Sun Spot (Bintik Matahari)


Apa sih bintik matahari itu? Bintik matahari merupakan area gelap atau hitam dan area dingin di permukaan matahari yang dinamai fotosfer dan termasuk salah satu fenoma unik matahari. Fotosfer sendiri tergolong dari beberapa bagian matahari. Sun Spot ini mampu berskala sangat besar, sekitar 50.000 kilometer. dan Sun Spot terjadi disebabkan adanya interaksi pada medan magnet matahari yang tidak sempurna.


2. Kutub Medan Magnet


Daerah kutub adalah pusat dari medan magnet bumi. Saat partikel yang masuk dan terjebak di Sabuk Van Allen, partikel-partikel tersebut akan terbawa oleh angin menuju kutub medan magnet bumi (ini sebab fenomena aurora cuma terjadi di kutub).


3. Partikel Proton dan Elektron


Proton dan elektron yakni bagian-bagian pembentuk atom, Proton posisinya berada di inti atom, sedangkan elektron berada di luar lapisan atom. Proton serta elektor akan di bawa oleh angin surya. Pada lapisan tersebut posisi cahaya aurora terjadi. itulah sebab kenapa aurora terjadi di kawasan yang tinggi.




Proses Terjadinya Aurora


Aurora meerupakan efek cahaya yang diibaratkan sedang menari diatas langit dengan aneka macam warna. Aurora terjadi di lapisan ionosfer. Dimana cahaya yang ditimbulkan ialah akhir adanya interaksi antara medan magnetik suatu planet dengan partikel yang dipancarkan oleh matahari (angin surya).


Aurora ada sebab adanya miliaran partikel energi yang terdiri dari proton dan elektron yang dilontarkan matahari dengan kecepatan tinggi hingga 500 mil per detik dalam suatu pancaran cahaya matahari. Pancaran ini disebut dengan angin matahari.




Akibat Terjadinya Aurora


1. Plasma Panas


sebuah observasi yang dilakukan oleh Dr Robert dari University of Southampton setelah melakukan pengamatan mendalam perihal 2 lobus partikel di lapisan magnetosfer bumi yang selalu bersifat cuek, ketika terjadi sebuah proses aurora yang disebut aurora theta ternyata didapatkan bahwa plasma lobusnya bersuhu panas.


2. Merusak Satelit


Lapisan elektron yang dibawa oleh angin surya mampu juga menabrak magnetosfer dan menabrak benda-benda lain disekitar bumi, salah satunya ialah Satelit. Dalam catatan sejarah pada bulan Januari 1994 sebanyak 2 satelit berjenis satelit komunikasi terusik bahkan rusak dikarenakan tertabrak partikel elektron dari angin surya. Satelit itu yaitu satelit milik negara Kanada, diantara dua satelit tersebut satu buah satelit gres mampu pulih kembali sehabis diperbaiki selama kurang lebih 6 bulan.


3. Bisa Mengganggu GPS


Fenomena aurora selain mengganggu frekuensi juga mengusik sistem GPS. Tabrakan elektron yang terjadi mampu menjadikan terjadinya gangguan terhadap metode GPS, salah satunya adalah metode GPS milik WAAS salah satu perusahaan di Amerika Serikat.




Fakta Unik Tentang Aurora


Kutub magenitik bumi menjadi sentra aurora, dibelahan bumi utara, zona aurora terhampar sepanjang pantai utara Siberia, Skandinavia, Islandia, ujung utara Kanada, Greenland dan Alaska. Berikut fakta menawan aurora yang indah.


1. Aurora mampu berpindah tempat ke segi lebih selatan


saat intensitas matahari tinggi maka akan terjadi aurora. pada kawasan Oklahama dan Atlanta kita mampu melihat fenomena Aurora. dan fenomeno aurora hanya terjadi di bulan oktober.


2. Api masbodoh


meskipun suhu yang berada diluar atmosfer mampu mencapai ribuan dejarat Farenheit, utamanya untuk fenomena aurora ini ternyata suhunya masbodoh. Dengan penampakan di langit yang mirip dengan api, aurora ini bisa di ibaratkan sebagai api dingin yang menari-nari diatas langit.


3. Aurora akan lebih baik dikala dilihat melalui kamera


Ketika terjadi fenomena aurora, cahaya yang ditunjukan acap kali redup dan jelas. namun sifat cahayanya tidak stabil yang dalam mata kita terlihat mirip menari sehingga mata kita sukar fokus.


Demikianlah postingan ihwal √Aurora Adalah : Pengertian, Jenis, Penyebab, Proses Terjadinya dari pengajar.co.id semoga berfaedah.


Advertisement