Gudang Informasi

7 Perbedaan Hak Dan Kewajiban Beserta Contohnya Lengkap

7 Perbedaan Hak Dan Kewajiban Beserta Contohnya Lengkap
7 Perbedaan Hak Dan Kewajiban Beserta Contohnya Lengkap

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id akan membuat artikel yang berjudul 7 Perbedaan Hak dan Kewajiban beserta Contohnya Lengkap, yuk sama-sama kita bahas dibawah ini :Perbedaan-Hak-dan-Kewajiban




Pengertian Hak


Hak mampu diartikan selaku hak untuk memiliki atau melakukan sesuatu. Hak sangat memungkinkan orang untuk menyadari apa yang berhak mereka dan apa yang tidak berhak mereka lakukan. Diberbagai masyarakat dan golongan budaya, ada berbagai hak, ini mungkin didukung oleh batasan-batasan sosial, adab atau hukum. Ketika mengatakan wacana hak, semua nilai universal berlaku untuk semua manusia terlepas dari kebangsaan, jenis kelamin, budaya, agama, atau golongan etnis. Hal itu diketahui selaku hak asasi manusia. Hak diandalkan sebagai meletakkan dasar bagi fungsi dan stabilisasi masyarakat yang efektif.




Pengertian Kewajiban


Sedangkan kewajiban dapat diartikan sebagai sesuatu yang harus dilaksanakan seseorang alasannya adalah hukum, kebutuhan ataupun alasannya adalah itu yaitu peran mereka . Ada aneka macam bentuk keharusan seperti keharusan hukum, keharusan sopan santun, dan lain sebagainya.


Apabila individu lebih fokus untuk menerima hak mereka tetapi tidak acuh dengan keharusan mereka, maka individu tersebut akan menciptakan suasana yang negatif. Oleh alasannya adalah itu, orang harus menyadari bahwa sama seperti mereka menikmati hak mereka, mereka harus memenuhi kewajiban mereka terhadap orang lain.




Perbedaan Hak dan Kewajiban



  1. Hak dapat didefinisikan selaku hak untuk mempunyai atau melaksanakan sesuatu. Sedangkan kewajiban dapat didefinisikan sebagai sesuatu yang mesti dikerjakan seseorang alasannya aturan, kewajiban atau sebab itu yaitu pekerjaan mereka.

  2. Hak memiliki fungsi selaku kewenangan yang dimiliki orang. Sedangkan kewajiban merupakan pekerjaan yang harus dirampungkan oleh orang-orang yang diistimewakan oleh hak-hak mereka.

  3. Hak cuma ditujukan untuk diri sendiri. Sedangkan keharusan ditujukan terhadap sebagian besar orang lain.

  4. Hak ialah apa yang kita dapatkan dari masyarakat. Sedangkan keharusan merupakan apa yang kita lakukan untuk masyarakat.

  5. Hak itu mampu dipertahankan atau ditantang oleh pengadilan. Sedangkan kewajiban warga negara tidak dapat ditantang oleh pengadilan.

  6. Hak itu didasarkan pada hak istimewa yang diserahkan kepada seseorang. Sedangkan keharusan didasarkan pada akuntabilitas menjalankan tugas oleh individu.




Contoh Hak Dan Kewajiban


Berikut ini merupakan contoh dari hak dan keharusan yang sering kita jumpai di dalam kehidupan bermasyarakat, ialah diantaranya :


Contoh Hak



  1. Hak dalam menyampaikan pendapat.

  2. Hak mengatakan dalam keluarga.

  3. Hak menerima pertolongan untuk bawah umur.

  4. Hak menerima kasih sayang keluarga.

  5. Hak menerima pengajaran di sekolah.

  6. Tiap warga negara berhak mendapatkan perlakuan yang sama di depan aturan.

  7. Hak atas penghidupan yang patut.

  8. Tiap warga negara berhak untuk menjaga kawasan negara Indonesia.


Contoh Kewajiban



  1. Membayar duit sekolah.

  2. Menjunjung tinggi dasar negara dan menaati peraturan yang berlaku.

  3. Berkewajiban membayar pajak.

  4. Kewajiban menjaga kebersihan dan kenyamanan lingkungan.

  5. Ikut serta dalam pembangunan dalam membangun bangsa biar mampu meningkat dan maju.




Contok Hak Warga Negara Indonesia



  1. Setiap warga negara berhak menerima bantuan hukum.

  2. Semua warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang pantas.

  3. Semua warga negara mempunyai kedudukan yang sama dimata aturan dan didalam pemerintahan.

  4. Semua negara bebas untuk menentukan, memeluk dan melaksanakan agama dan dogma masing-masing yang dipercayai.

  5. Semua warga negara berhak mendapatkan pendidikan dan pengajaran.

  6. Semua warga negara berhak menjaga kawasan negara kesatuan Indonesia atau NKRI dari serangan musuh.

  7. Semua warga negara Indonesia memiliki hak yang serupa dalam kemerdekaan berserikat dan berkumpul mengeluarkan pertimbangan secara lisan dan tulisan sesuai undang-undang yang berlaku.




Contoh Kewajiban Warga Negara Indonesia



  1. Semua warga negara Indonesia memiliki kewajiban untuk berperan dalam membela dan menjaga kedaulatan negara indonesia dari serangan musuh.

  2. Setiap warga negara Indonesia diwajibkan untuk membayar pajak dan retribusi yang telah ditetapkan oleh pemerintah sentra dan pemerintah daerah (pemda).

  3. Semua warga negara Indonesia mesti mentaati juga menjunjung tinggi dasar negara, hukum dan pemerintahan tanpa terkecuali, serta dikerjakan dengan sebaik mungkin.

  4. Semua warga negara berkewajiban taat, tunduk dan patuh kepada segala aturan yang berlaku di negara indonesia.

  5. Semua warga negara wajib turut serta dalam pembangunan untuk membangun bangsa biar bangsa ini mampu berkembang dan maju ke arah yang lebih baik.


Demikianlah postingan dari pengajar.co.id yang berjudul 7 Perbedaan Hak dan Kewajiban beserta Contohnya Lengkap, supaya bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.


Advertisement