Gudang Informasi

√Url Adalah

√Url Adalah
√Url Adalah

Pada Kesempatan kali Ini Pengajar.co.id Ingin Membagikan Artikel Tentang Url berikut Adalah Penjelasannya:




Pengertian URL


URL adalah kepanjangan dari Uniform Resource Locator yang intinya ialah sebuah karakter yang akan memiliki persyaratan tertentu atai juga ditujukan sebagai alamat dari sumber – sumber di internet, mampu berupa dokumen, file page, gambar atau yang lain – lain. Rangkaian karakter yang hendak dipakai bisa saja berupa aksara, angka maupun simbol sesuai dengan standar yang telah diputuskan. Salah satu standard yang mau dimaksudkan ialah URL tidak akan mengenal adanya spasi, umumnya juga diawali dengan HTTP maupun lazimjuga disebut dengan Hypertext Transfer Protocol atau masih banyak lagi.


√Apa Itu URL: Pengertian, Macam, Fungsi, Contoh dan Bagiannya


Penetapan URL akan menjadi salah satu bab yang sungguh penting bagi para pembuat atau juga developer web. Namun bagi para pengunjung tidak terlalu penting dikarenakan pada ketika ini sudah ada mesin pencari seperti Google, Yahoo atau yg lain lain. Pada web browser pun akan kadang kala telah otomatis akan mengarahkan kolom URL anda ke mesin penelusuran sehingga anda hanya mampu mengetik keyword-nya saja.




Macam-macam URL


URL (Unifrom Resource Locator) yang memiliki beberapa macam diantaranya adalah:


1. URL Absolut (URL Absolute)


Url absolute ialah alamat lengkap yang mampu menyertakan nama dari domain, yang langsung akan menentukan lokasi dari dokumen maupun direktori yang ada pada internet. Direktori yang juga tertapat dalam domain atau dokumen yang terdapat dalam direktori.


-contohnya Url Absolute :


2. URL Relatif (URL Relative)


Adalah sebuah URL yang hendak menentukan suatu alamat yang berdasarkan URL yang memang aktif ketika saat itu juga.


-Contoh URL Relatif (URL Relative) :




Fungsi URL


Adapun juga beberapa fungsi dari URL yang diantaranya adalah selaku berikut ini yaitu:



  • Untuk dapat pengidentifikasi suatu dokumen yang terdapat pada Web.

  • Digunakan untuk menawarkan nama dokumen yang terdapat pada web.

  • Untuk memperlihatkan alamat pada setiap Web yang hendak diisikan dokumen.

  • Untuk Mempermudah dalam mengakses dokumen maupun file melalui suatu web.

  • Untuk Mempermudah dalam mengenang alamat dokumen yang ada dalam suatu web.




Contoh URL


Contoh dari penggunaan URL mampu kita dapatkan pada kolom URL dikala anda sedang yang mengakses suatu halaman di internet. Ketika anda sedang membaca artikel ini maka pula anda akan perhatikan bahwa kolom URL pada browser anda pasti akan mengarah ke situs web ini yang terdiri atas protocol, domain mauapun nama web atau path – path atau page halaman terkait. Untuk dapat klarifikasi tentang bagian URL akan lebih diterangkan di Bagian – bagian URL.


URL pada web biasanya akan dibedakan menjadi dua macam yakni: URL Absolute atau URL Relative. URL Absolute ialah acuan URL yang lengkap yaitu terdiri atas nama domain serta akan menyebutkan lokasi maupun direktori file tersebut, contohnya seperti “http://www.namasitus.com/images/image.jpg”. Sedangkan URL Relative juga akan berfungsi menyebutkan sebuah lokasi maupun direktori file tetapi pada domain yang memang aktif pada ketika itu,misalnya mirip “image.jpg”.




Bagian-Bagian dari URL


Bagian URL diantaranya terdiri atas Protokol, domain, atau permalink. Protokol dalam URL memiliki kegunaan sangat penting,dikarenakan aan memperlihatkan info kepada Server apakah sebuah Website HTTP, HTTPS maupun WWW. Bagian berikutnya merupakan Domain,yang biasanya juga menjadi satu paket dengan Web Server. Biasanya Developer web memakai jasa Domain atau Server gratis seperti blogger dan wordpress. Terkadang juga akan menggunakan model berbayar mirip Rocketnesia.


lalu Kemudian ada juga perumpamaan Sub Domain yang pada awalnya akan mengikuti Domain aslinya contohnya mirip “share-situs.com” yang memiliki domain “situs.com”. Dan kemudian yang terakhir adalah path atau permalink URL pada umumnya URL yang memakai path absolute. Permalink maupun path ini akan mengikuti settinggan yang sudah ditetapkan oleh developer dari web tersebut. Ketika pada situs web semakin banyak halamannya, maka path aau juga permalink pada URL ini akan bertambah banyak, menyesuaikan dengan kategori atau urutan yang telah ditetapkan. Path atau permalink ini juga lazimnya akan diberi tanda garis miring untuk penunjukdari direktori.


Demikianlah postingan perihal √URL Adalah: Pengertian, Macam, Fungsi, Contoh dan Bagiannya dari pengajar.co.id agar bermanfaat.


Advertisement