Gudang Informasi

√Trombosit Yakni

√Trombosit Yakni
√Trombosit Yakni

Pada Kesempatan Kali Ini Pengajar.co.id Ingin Membagikan Artikel Tentang Trombosit Berikut Adalah Pembahasannya:




Pengertian Trombosit


Trombosit yakni salah satu sel darah yang mana fungsinya selaku proses pembekuan darah. Nama yang lain adalah platelet. Trombosit memiliki tugas yang sangat penting pada ketika terjadi luka atau kebocoran pembuluh darah. Untuk jumlah trombosi normalnya pada badan insan ialah 150.000-400.000 trombosit per mikro-liter darah.


√Trombosit : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Batasan Fungsi, Struktur dan Proses Terbentuknya


Jika seseorang mempunyai jumlah trombosit kurang dari 150.000 atau bahkan kurang normal maka itu disebut Trombositopenia, sedangkan jika jumlah trombosit lebih dari 400.000 maka itu disebut Trombositosis. Masa hidup trombosit cuma sekitar 5-9 hari dalam darah. Trombosit yang sudah renta dan rusak akan dihilangkan dari ajaran darah oleh oran limpa, yang kemudian akan digantikan dengan trombosit gres.




Fungsi Trombosit


Seperti yang telah kami beritahu sebelumnya, fungsi utama dari trombosit atau platelet ini yakni untuk pembekuan darah. Pada saat pembuluh darah yang luka atau bocor, maka secara pribadi badan akan melakukan 3 mekanisir utama guna menghentikan pendarahan yang sedang berlangsung, yaitu :



  • Melakukan kontriksi (pengkerutan) pada bagian pembuluh darah yang sedang terluka.

  • Aktivitas unsur pembekuan darah yang lain pada plasma darah.

  • Aktivitas trombosit.


Jika terjadi pergantian pada tubuh maka akan eksklusif terdeteksi, demikian juga jika sedang terjadi pendarahan. Reaksi utama yang mampu kita rasakan oleh badan yaitu dengan mengkerutnya pembuluh darah yang sedang terluka, tujuan ini dijalankan semoga darah yang keluar menjadi lebih sedikit dikarenakan lubang kebocoran (darah) mengecil.


Reaksi mirip ini akan memicu trombosit yang menempel pada area pembuluh darah yang sedang cidera. Trombosit akan langsung menawarkan sinyal pada trombosit lain dan juga berbagai aspek pembekuan darah biar manuju ke area cedera yang bisa menolong untuk menutup luka.




Cara Kerja Trombosit


1. Adhesi Trombosit


Ialah perlekatan antara trombosit dengan jaringan endotel serta jaringan yang sedang cedra akan eksklusif ditutup luka pada pembuluh darah.


2. Agregasi Trombosit


Ialah kesanggupan dari trombosit untuk menyatu antara satu dengan yang lain guna membentuk sumbatan.


3. Pembebasan Trombosit


Ialah sebuah reaksi untuk membentuk sumbatan trombosit yang stabil. Proses mirip ini dipicu alasannya adalah pelepasan isi granula trombosit, yang diantaranya ADP, Kolagen, Epinefrin, dll.


4. Fusi Trombosit


Merupakan suatu reaksi campuran trombosit yang sifatnya irreversibel. Proses seperti ini dipicu alasannya adalah tingginya kadar ADP dan juga bagian lain yang keluar balasan reaksi pelepasan.




Batasan Fungsi Trombosit


Penggumpalan trombosit yang terus-jalan masuk mampu mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah secara menyeluruh. Hal ini sungguh berbahaya bagi badan, sebab itu trombosit mampu mengeluarkan materi yang menghalangi luas penggumpalan. Bahan utama yang melakukan fungsi ini adalah trombosit A2, yang disebabkan pembatas trombosit tersebut.


Jaringan cedera juga mampu mengeluarkan protasiklik I2 yang berfungsi untuk melawan dengan tromboksan A2. Tujuannya semoga jaringan cedera tetap mempunyai trombosit yang aktif. Kedua komponen ini melakukan pekerjaan dengan sepadan sehingga luka mampu terjaga oleh trombosit dan tidak membentuk gumpalan yang berlebihan pada area luka.




Struktur Trombosit


Trombosit yang memiliki ukuran sekitar 1-4 mikron, yang bab selnya berbentuk seperti piring, dan trombosit tidak mempunyai inti sel. Walaupun tidak memiliki inti sel, trombosit masih bisa melakukan sistesis protein yang memiliki kandungan RNA di dalam sitoplasmanya. Diameter selnya berkisaran 2-3 mikro.




Proses Pembentukan Trombosit


Proses pembentukan dan perkembangan semua sel darah lewat prekusor induknya dinamakan hemopoiesis. Untuk sel darah pada orang remaja dibuat melalui sumsum tulang, sedangkan untuk abad janin, hemopoiesis terjadi di yolk, sehabis itu berpindah ke hati dan limpa, dan kesudahannya ke tulang.


Pembentukan trombosit disebut megakariopoiesis hal ini dikarena hasil dari sumsum tulang dengan fragmentasi sitoplasma megakariosit. Prekusor megakriosit-megakarioblas yang muncul dengan proses diferensiasi dari sel asl hemopoietik.


Demikianlah postingan wacana √Trombosit Adalah : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Batasan Fungsi, Struktur dan Proses Terbentuknya dari pengajar.co.id agar bermanfaat.


Advertisement