Gudang Informasi

Tata Cara Observasi Kualitatif

Tata Cara Observasi Kualitatif
Tata Cara Observasi Kualitatif

Kali ini pengajar.co.id wacana Metode Penelitian Kualitatif berikut yakni penjelasannya:


Metode Penelitian Kualitatif




Pengertian Metode Penelitian Kualitatif


Metode Penelitian Kualitatif yaitu suatu metode riset yang bersifat deskriptif dengan memakai analisis, mencari data, dan mempergunakan teori yang ada selaku bahan pendukung yang hendak menghasilkan sebuah teori.


Penelitian Kualitatif yaitu jenis penelitian ilmu sosial yang mengumpulkan serta bekerja dengan data non-numerik yang bertujuan menafsirkan makna dari data ini sehingga mampu menolong kita mengerti kehidupan sosial lewat studi populasi atau tempat yang diambil.




Pengertian Metode Penelitian Kualitatif Menurut Para Ahli


1. Lexy J. Moleong


Lexy J. Moleong menyatakan Metode Penelitian Kualitatif ialah suatu riset yang bermaksud untuk memahami fenomena yang dialami oleh subjek observasi.


2. Sugiyono


Sugiyono Metode Penelitian Kualitatif yaitu penelitian yang digunakan guna menilik, menemukan, menggambarkan, serta meningkatkan mutu atau keistimewaan dari imbas sosial yang tidak mampu dijelaskan, diukur maupun digambarkan melalui pendekatan kuantitatif.


3. Suyono


Suyono Menyatakan Metode Penelitian Kualitatif yakni penelitian yang bergagas pada filsafat post positivism adalah digunakan guna meneliti pada keadaan obyek yang alamiah.




Tujuan Metode Penelitian Kualitatif


Tujuan Metode Penelitian Kualitatif yakni guna menerangkan fenomena yang terjadi di masyarakat secara lengkap dengan menghimpun data secara mendalam. Hal tersebut memberikan bahwa dalam riset  kelengkapan serta kedalaman data yang diteliti adalah hal yang sungguh penting.


Semakin dalam serta teliti data yang diperoleh, maka kualitas penelitian yang dikerjakan akan semakin baik. Sehingga dalam pelaksanaannya, jumlah objek penelitian biasanya lebih minim alasannya adalah lebih konsentrasi pada kedalaman data, tidak kuantitas datanya.




Karakteristik Metode Penelitian Kualitatif


1. Lingkungan Alam Sebagai Sumber Data


Biasanya sumber daya yang dipakai dalam penelitian tersebut berasal dari lingkungan alamiah, adalah bermacam insiden yang terjadi dalam keadaan serta situasi sosial. Proses riset dilakukan dengan beriteraksi pribadi lewar observasi, pencatatan, serta menggambil sumber informasi yang berkaitan dengan kejadian yang diteliti.


2. Bersifat Deskriptif Analitik


Proses pengumpulan data dijalankan dengan melaksanakan pengamatan, wawancara, analisis, dokumentasi, yang disusun di lokasi observasi yang mana bentuknya tidak berbentukangka. Analisis data adalah pemaparan mengenai situasi yang diteliti yang mana penyajiannya dalam bentuk uraian narasi.


3. Fokus Pada Proses


Pada observasi tersebut data dan berita yang diperlukan akan berkaitan dengan pertanyaan guna mengungkapkan proses. Pertanyaan itu mengungkapkan gambaran kondisi kegiatan, mekanisme, tahapan, alasan, serta interaksi yang terjadi saat proses penelitian dikerjakan.


4. Bersifat Induktif


Dalam hal tersebut, riset sifatnya induktif maksudnya ialah menggunakan data yang terpisah tetapi masih berhubungan satu dengan yang lain. Umumnya riset tersebut diawali dari lapangan, yakni fakta empiris dimana peneliti wajib melaksanakan peninjauan langsung ke lapangan.


5. Mengutamakan Makna


Dalam Metode Penelitian Kualitatif, makna yang disampaikan berhubungan dengan pandangan orang dengan suatu insiden yang diteliti. Contohnya: observasi perihal peran guru dalam kesuksesan siswa di sekolah.


Peneliti fokus pada pertimbangan guru perihal siswa di sekolah. Mencari data serta berita,persepsi guru tentang tingkat keberhasilan anak didiknya di sekolah, dilema yang dihadapi dalam membina, serta mengapa siswa mampu gagal dibina.


Selain itu, peneliti pula mencari berita dari para siswa untuk materi pembanding. Ketepatan data dan isu dari partisipan disampaikan oleh peneliti semoga bisa menginterpretasikan hasil riset secara benar.




Jenis-jenis Metode Penelitian Kualitatif


1. Fenomenologi


Fenomenologi yakni sebuah bentuk observasi di mana peneliti berusaha guna memahami bagaimana satu atau lebih individu mengalami sebuah fenomena.


Metode observasi tersebut dimulai dengan mengamati serta memahi fokus pada fenomena yang diteliti serta memperhatikan faktor subjektif dari sikap objek. Berikutnya, peneliti menggali isu dengan pemaknaan maupun menunjukkan arti pada fenomena yang diteliti.


2. Etnografi


Etnografi ialah bentuk penelitian yang bermaksud untuk menggambarkan budaya sekelompok orang. Tujuan riset tersebut yakni guna mengkaji bentuk serta fungsi bahasa dalam budaya dengan cara berkomunikasi setiap individu yang ada di tengah-tengah masyarakat.


3. Studi Kasus


Studi Kasus yakni bentuk penelitian yang bertujuan pada penyediaan akun sistematis satu atau lebih perkara. Tujuan studi kasus adalah guna meneliti sebuah fenomena di masyarakat yang dikerjakan secara mendalam guna mengenali latar belakang, keadaan, serta interkasi yang terjadi.


4. Metode Teori Dasar


Metode Teori Dasar ialah pendekatan kualitatif guna menciptakan serta membuatkan data berupa teori yang dikumpulkan oleh peneliti. Riset tersebut dijalankan untuk memperkuat teori yang telah ada sebelumnya dengan mengkaji prinsip serta kaidah dasar yang ada, sehingga mampu dibuat kesimpulan dasar yang membentuk prinsip dasar dari sebuah teori.


5. Metode Historis


Metode historis ialah penelitian mengenai insiden yang terjadi di abad lalu. Fokus dari penelitian tersebut yaitu bermacam peristiwa yang telah berlalu serta membuat rekonstruksinya dengan bermacam sumber data yang masih ada sekarang ini.


Demikianlah postingan dari pengajar.co.id tentang Metode Penelitian Kualitatif Semoga Dapat Bermanfaat


Advertisement