Gudang Informasi

Surat Pembaca Yakni

Surat Pembaca Yakni
Surat Pembaca Yakni

Halo guys kembali lagi bareng pengajar.co.id kali ini kita ingin membagikan postingan wacana Surat Pembaca Apa itu? ayo kita simak Dibawah ini.


Surat Pembaca Adalah




Pengertian Surat Pembaca Adalah


Surat pembaca ialah surat yang ditulis pembaca yang dimuat pada surat kabar ,Koran serta majalah yang isinya berupa tanggapan, rekomendasi, ganjalan, undangan, imbauan, serta ucapan terima kasih.


Surat pembaca umumnya surat yang isinya mampu dibaca oleh siapapun serta ditujukan kepada forum, pemerintah, perusahaan, kantor, individu, kelompok, maupun organisasi.




Ciri-ciri Surat Pembaca



  1. Surat pembaca yaitu surat yang isinya pesan berupa ganjalan, kebanggaan, himbauan, permintaan, dan sebagainya terhadap instansi atau orang tertentu. Selain dari itu, surat pembaca dapat berbentuksurat balasan yang dikirimkan guna menjawab keluhan surat pembaca yang sebelumnya.

  2. Sifatnya biasa yang mempunyai arti surat yang mampu dibaca oleh orang banyak, mengingat isi pesan yang disampaikan mampu mensugesti hajat hidup orang banyak

  3. Singkat, padat, dan jelas. Surat pembaca berisi atas 1-4 paragraf. Isi yang disampaikan dalam surat pembaca eksklusif ke dalam pokok pembicaraan.

  4. Memakai bahasa yang baku, sopan dan komunikatif.




Tujuan Membuat Surat Pembaca



  1. Sebagai alat guna melaksanakan pergantian serta menyelesaikan dilema.

  2. Untuk Mendapatkan kado.

  3. Membuat perasaan puas serta lega.

  4. Melatih penulisan yang bagus.

  5. Mengembangkan kreativitas si menulis.




Kerangka Surat Pembaca



  1. (Apa) ialah Apa yang terjadi.

  2. (Di mana) yakni Dimana itu terjadi.

  3. (Kapan) yakni Waktu peristiwa.

  4. (Bagaimana) yaitu Kronologis, bagaimana itu terjadi.

  5. (Bagaimana) yakni Saran dan kritik pada sebuah instansi.

  6. (Pelengkap gosip) yakni Identitas serta alamat penulis surat pembaca.




Cara Membuat Surat Pembaca


1. Judul


Bagian ini lebih berfokus pada ganjalan, kebanggaan, pada objek yang dituju. Karena itu, penyunting dari surat kabar akan lebih gampang menawarkan surat pada objek yang tepat.


2. Identitas Pengirim


Pada bagian ini seorang penulis surat pembaca memberitahu jati dirinya, mulai dari nama, usia, alamat, kontak. Tapi tak perlu cemas sebab kebanyakan orang identitas pengirim surat niscaya dirahasiakan oleh penyunting surat pembaca, misalnya nama dan kontak akan dilindungi dengan tak dituliskan dalam kolom surat pembaca.


3. Isi Surat


Bagian inti dari surat pembaca yang berisi maksud dari surat, dapat berupa keluhan, kebanggaan bisa jadi himbauan serta pertanyaan lainnya. Pada bab ditambahkan keinginan pengirim surat untuk masalah yang mau diungkapkannya.


4. Struktur


Susunan surat pembaca terksesan berlainan dari surat menyurat pada umumnya. Dalam surat pembaca alamat tujuan surat pembaca tak ditulis pada bab tersendiri seperti surat biasa. Walaupun begitu secara tersirat mampu diketahui surat pembaca tersebut ditujukan terhadap siapa.


5. Gaya bahasa


Dalam gaya bahasa surat pembaca sungguh banyak, tergantung dari gaya masing-masing sih pengirim surat. Ada surat pembaca gaya bahasanya berbentuk mempertanyakan, menyindir, mengimbau, malah ada yang menulis surat pembaca  yang berupa puisi maupun anekdot.


6. Kesantunan


Yang tak mampu dilupakan adalah kesantunan. Mau tentang kritikan, pertanyaan, anjuran dan lain sebagainya semestinya isinya disampaikan dengan sarat kesantunan agar tidak menjadikan ketersinggungan pihak yang ditujukan.


Demikianlah yang mampu kita sampaikan ihwal Surat Pembaca Salam teman Pengajar.co.id


Advertisement