Gudang Informasi

Seni Teater Ialah

Seni Teater Ialah
Seni Teater Ialah

Pada peluang kali ini pengajar.co.id akan menciptakan postingan yang berjudul Seni Teater Adalah – Sejarah, Contoh, Ciri, Jenis, Konsep, Kliping, yuk kita bahas sama-sama ulasannya dibawah ini.Seni-Teater-Adalah




Pengertian Seni Teater


Seni teater adalah jenis seni dalam bentuk pertunjukan drama yang dilaksanakan di atas panggung. secara khusus lagi, seni teater yakni permainan seni yang menunjukkan sikap insan dengan gerakan, tarian dan lagu yang dihidangkan dengan obrolan dan akting para aktor. Kata teater diambil dari bahasa yunani ialah theatron, yang memiliki arti kawasan atau gedung pertunjukan.


Secara lazim, pengeertian seni teater yaitu keseluruhan adegan akting dan pentasyang dimainkan di panggung di depan banyak penonton. Misalnya ketopak, sintren, wayang, banyolan, akrobat.




Sejarah Teater


Dalam sejarah dunia, teater timbul sekitar kurun ke-6 masehi  dari Yunani kuno yang memiliki seni pentasyang disebut drama. Pertunjukan drama berasal dari upacara keagamaan dalam bentuk pemujaan terhadap tuhan anggur berjulukan Dionysus. Teater Yunani antik umumnya disuguhkan di depan umum di daerah yang disebut theatron. Theatron yaitu bangunan khusus untuk pentasdrama, terbuka tanpa atap dan dibangun di atas lereng bukit.


Di Italia, seni teater meningkat sangat pesat dan mengalami zaman keemasan, baik dari sisi panggung, penambahan dekorasi, serta penambahan ornamen dan layar pada pertunjukan. sehingga lahirlah teater terbaru. Tidak mirip zaman Yunani, pecinta teater di Italia terbatas pada kelompok tertentu, ialah kaum bangsawan.




Ciri Ciri Seni Teater


Berikut dibawah ini merupakan ciri ciri seni teater, yakni :



  1. Semua kisah dalam bentuk obrolan, baik untuk tokoh dan narator. semua kata kata ditulis dalam teks.

  2. Naskah drama dilengkapi dengan kode tertentu yang harus dilakukan tokoh pemain film. Instruksi ditulis dalam tanda kurung (…) atau dengan memperlihatkan jenis huruf yang berlawanan dari obrolan.

  3. Tidak semua obrolan memakai tanda kutip (“…”). Dialog drama bukanlah kalimat eksklusif. Karena itu, naskah drama tidak memakai tanda petik.

  4. Naskah drama terletak di atas obrolan atau di sebelah kiri obrolan.




Jenis-Jenis Seni Teater


Berikut dibawah ini jenis jenis seni teater, yaitu :



  1. Teater Boneka

  2. Drama Musikal

  3. Teater Gerak

  4. Teater Dramatik

  5. Teatrikalisasi Puisi




Unsur Seni Teater


Berikut dibawah ini unsur seni teater, adalah :



  1. Skenario

  2. Staf Produksi

  3. Pemain

  4. Sutradara

  5. Properti

  6. Desainer

  7. Crew




Contoh Seni Teater


Berikut dibawah ini ialah contoh seni teater, adalah :




  1. Drama Musikal


    Drama musikal yakni pola seni teater yang memadukan musik, teater, dan tarian. Drama musikal sering digelar di berbagai lokasi di Indonesia. Jenis-jenis drama musikal yang sering dikerjakan ialah opera dan kabaret. Bahkan, kombinasi opera dan kabaret itu sendiri juga telah pernah diselenggarakan di Indonesia.



  2. Teatrikalisasi Puisi


    Contoh seni teater yang menggunakan puisi selaku naskah teater adalah definisi teatrikalisasi puisi. Dalam pertunjukan ini, keindahan puisi itu diharapkan biar mampu menyanggupi impian penonton. Sehingga kreativitas dibutuhkan untuk menerjemahkan puisi menjadi pentasteater.



  3. Teater Boneka


    Seni pentasboneka ini sudah ada semenjak usang semenjak zaman kuno. Teater boneka ini sering digunakan untuk aneka macam aktivitas, salah satunya yakni cara berdakwah agama Islam. Ini ditunjukkan oleh Sunan Kalijogo yang membuatkan Islam melalui wayang kulit.



  4. Teater Dramatik


    Dalam teater dramatik, dongeng pementasan dibentuk sedetail mungkin. Dari karakter, kejadian, skenario dibentuk dengan detail. Oleh sebab itu, tujuan dari teater dramatik ini ialah untuk fokus pada minat penonton dalam suatu kisah yang disuguhkan.



  5. Teater Gerakan


    Contoh seni teater yang satu ini nyaris mirip dengan pantomim klasik, karena teater gerak cuma fokus pada gerakan dan ekspresi tampang. Hal ini dikarenakan Teater gerakan jarang memakai dialog. Dalam pertunjukan teater gerak, beliau tentu saja menyajikan makna dan pesan tertentu yang diekspresikan dalam bentuk gerakan.



Demikianlah artikel dari pengajar.co.id yang berjudul Seni Teater Adalah – Sejarah, Contoh, Ciri, Jenis, Konsep, Kliping, agar dengan adanya postingan ini mampu berguna dan lebih memperbesar wawasan anda.


Advertisement