Gudang Informasi

Seni Rupa Yaitu

Seni Rupa Yaitu
Seni Rupa Yaitu

Pada potensi kali ini pengajar.co.id akan menciptakan postingan yang berjudul Seni Rupa yaitu: Pengertian, Unsur, Fungsi, Contoh, Aliran, yuk sama-sama kita diskusikan dibawah ini :Seni-Rupa-adalah




Pengertian Seni Rupa


Pengertian seni yaitu cabang seni yang membentuk suatu karya seni dengan menggunakan media yang mampu dilihat dengan penglihatan dan yang juga mampu dinikmati atau disentuh dengan indera peraba.


Seseorang yang membuat suatu karya seni akan mengekspresikan mulut, keindahan, cinta, dan berbagai hal yang dituangkan ke dalam media yang mampu dilihat pribadi atau disentuh.




Pengertian Seni Rupa Menurut Para Ahli




  1. Menurut Kumala Devi Chattopadhayaya


    Seni Rupa adalah luapan verbal yang disampaikan dari seorang seniman ke publik. Dengan kata lain, seni rupa yakni jembatan untuk membuat orang lain memahami bagaimana perasaan seniman.



  2. Menurut Haukin


    Seni rupa ialah bagian dari mulut jiwa insan yang dibayangkan dan diterapkan pada suatu objek. Haukin yakin bahwa seni rupa yaitu seni yang juga harus dipajang atau ditampilkan di depan orang-orang.





Unsur-Unsur Seni Rupa


Berikut dibawah ini bagian komponen seni rupa, ialah :




  1. Titik


    Unsur ini ialah dasar dari sebuah pandangan baru yang mau dituangkan untuk menciptakan karya seni. Titik yaitu bagian terkecil dari penciptaan seni rupa. Unsur ini yakni awal dari pengerjaan karya seni rupa.



  2. Garis


    Unsur ini ialah penggabungan satu titik ke titik lain. Garis mempunyai jenis yang berlawanan. Setiap garis yang dituangkan akan membentuk aksara dan ciri khas yang dapat menggambarkan karya seni. Garis juga dapat menggambarkan sifat, apakah kaku, fleksibel atau keras.



  3. Bidang


    Unsur ini ialah pengembangan dari kumpulan garis yang telah dicetak di media. Garis-garis ini, jikalau digabungkan, akan menjadi area yang memiliki keindahan tersendiri. Seorang seniman sungguh berhati-hati untuk mempersatukan komponen ini.



  4. Bentuk


    Unsur seni rupa ini bisa memberi kesan pada sebuah karya seni sehingga karya seni mampu menjadi lebih hidup. Dilengkapi dengan sentuhan seniman dan rincian yang tepat, menciptakan karya seni ini luar biasa.



  5. Ruang


    Unsur seni rupa yang unik ini mempunyai dua sifat, yakni pseudo-nature dan true nature. Pseudo-nature hanya dapat dicicipi dengan CSrs yang tampaksaja, sementara sifat aktual mampu dilihat dan disentuh. Kedua sifat ini sungguh berlawanan tergantung pada dimensinya, dimensi 2 atau dimensi 3.



  6. Warna


    Unsur seni rupa ini sungguh penting dalam pengerjaan karya seni, utamanya seni rupa. Untuk menjadi karya seni yang indah, seorang seniman mesti mencampur dan mencocokkan warna. Kombinasi warna akan menggambarkan suasana hati, apakah senang atau sedih.



  7. Tekstur


    Dalam suatu karya seni, tekstur mampu diartikan selaku sifat atau keadaan suatu karya seni. Tekstur ini dibagi menjadi 2 yaitu tekstur semu dan tekstur faktual. Tekstur semu yaitu tekstur yang memiliki kesan bahwa tidak ada kesamaan antara penglihatan dan sentuhan.


    Adapun tekstur yang aktual yakni komponen dari suatu karya seni di mana indera peraba dan indra pandangan dicicipi. Penikmat seni selalu mengamati satu bagian yang satu ini.



  8. Gelap Terang


    Unsur ini akan menciptakan karya seni terlihat konkret dan hidup. Karena pada pengerjaannya sungguh memperhatikan intensitas cahaya. Untuk menciptakan karya seni yang luar biasa, seorang seniman akan membuat karya seni, dengan mengamati intensitas cahaya dengan sungguh rincian.





Fungsi Seni Rupa


Berikut dibawah ini merupakan fungsi seni rupa, ialah :




  1. Fungsi Individu


    Fungsi ini mempunyai huruf individualistis yang bermaksud untuk memuaskan dirinya sendiri. Seseorang menciptakan seni ini untuk mengekspresikan diri mereka dan dengan itu akan lahir kepuasan batin dari pencipta karya. Karya ini menggambarkan situasi hati sang pencipta. Entah bahagia atau murung.



  2. Fungsi Sosial


    Sebuah karya seni rupa memiliki fungsi sosial, di mana karya seni mempunyai nilai keindahan yang bermaksud untuk memuaskan banyak orang. Hasil karya itu mampu berfaedah bagi banyak orang, contohnya bangunan gedung dan bangunan rekreasi.





Aliran Seni Rupa


Berikut dibawah ini ialah fatwa seni rupa, yaitu :



  1. Naturalisme

  2. Realisme

  3. Romantisme

  4. Impressionisme

  5. Ekspresionisme

  6. Kubisme

  7. Fuvisme

  8. Dadaisme

  9. Futurisme

  10. Surrealisme

  11. Abstraksionisme

  12. Popular Art

  13. Post Modern




Jenis-Jenis Seni Rupa


Berikut dibawah ini merupakan jenis jenis seni rupa, ialah :




  1. Seni Rupa Murni


    Seni rupa murni yaitu cabang seni yang menghasilkan sebuah karya yang lebih memfokus pada nilai keindahan atau estetika, dan yang tidak terlalu memperdulikan dengan nilai mudah dari karya yang dihasilkan.



  2. Seni Desain


    Seni desain yakni cabang seni yang berhubungan dengan proses inovatif dalam penyusunan rencana atau merancang bentuk.



  3. Seni Kriya


    Seni kriya yaitu karya seni yang diciptakan memakai keterampilan tangan dan memperhatikan nilai seni dan faktor fungsional dari karya yang dihasilkan.





Contoh Seni Rupa


contoh-seni-rupa-modern
Contoh Seni Rupa Modern

contoh-seni-rupa-murni
pola seni rupa murni

contoh-seni-rupa-dua-dimensi
acuan seni rupa dua dimensi

contoh-seni-rupa-tiga-dimensi
contoh seni rupa tiga dimensi

 




Demikianlah artikel dari pengajar.co.id yang berjudul Seni Rupa yakni: Pengertian, Unsur, Fungsi, Contoh, Aliran, supaya dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat dan lebih memperbesar pengetahuan anda.


Advertisement