Gudang Informasi

Seni Rupa Terapan

Seni Rupa Terapan
Seni Rupa Terapan

Pada peluang kali ini pengajar.co.id akan menciptakan artikel yang berjudul Seni Rupa Terapan – Pengertian, Sejarah, Jenis, Contoh, Fungsi, yuk kita bahas sama-sama dibawah ini.Seni-Rupa-Terapan




Pengertian Seni Rupa Terapan


Pengertian seni adalah cabang seni yang mampu menghasilkan sesuatu yang indah dengan kualitas dan verbal yang mampu dilihat oleh indra penglihatan dan indera peraba insan.


Oleh karena itu, jenis seni rupa terapan ialah salah satu jenis seni rupa yang, dalam karya ini, mengandung dua unsur sekaligus, yaitu estetika dan fungsi atau praktis. Namun, penggunaan seni rupa terapan lebih mengutamakan fungsi simpel atau manfaatnya ketimbang fungsi estetika dari karya seni rupa itu sendiri.


Menurut bahasanya, seni rupa terapan dalam bahasa Inggris lebih dikenal sebagai seni rupa terapan atau seni yang mampu diaplikasikan. Menurut pengertiannya, kita dapat menyaksikan bahwa penggunaan seni rupa terapan sungguh sering digunakan dalam kehidupan insan sehari-hari. Karena itu, seni rupa terapan mempunyai sifat simpel dan berguna.


Tetapi ada juga orang yang menilai bahwa seni rupa terapan cuma memiliki nilai mudah dan bukan nilai estetika atau keindahannya. Dan beberapa lainnya juga beropini bahwa seni rupa terapan ini hanya memperhatikan nilai praktisnya dalam bentuk seni.


Namun jangan salah dalam penerapan hariannya karya seni rupa terapan, beberapa orang beropini bahwa karya seni ini masih memiliki bagian seni yang indah. Kita lalu dapat menyimpulkan bahwa karya seni rupa terapan tertentu, selain mempunyai nilai estetika yang dapat dihargai oleh bentuk dan keindahannya, juga karya seni yang memiliki fungsi praktis dalam penggunaan sehari-hari.




Sejarah Seni Rupa


Di Indonesia, sebuah karya seni terapan telah ada semenjak zaman prasejarah sebelum memasuki era masehi dan bahkan sudah berkembang sejak era lalu. Sejak zaman nenek moyang dan leluhur bangsa Indonesia sendiri, banyak yang menggunakan kapak kerikil dan tulang untuk berburu. Ini juga merupakan salah satu penerapan memakai karya seni terapan.


Memasuki kala sebelum terbaru, pertumbuhan sebuah karya seni sungguh cepat, utamanya karya seni terapan. Jika pada zaman nenek moyang, penggunaan batu sebagai bahan dasar untuk menciptakan alat. Berbeda dengan periode ketika ini, tepatnya menuju kala yang sedikit modern, para pendahulu telah menggunakan logam selaku pengganti kerikil.


Caranya adalah dengan melelehkan logam untuk membuat perhiasan dan perlengkapan lainnya seperti wadah, neraca dan perlengkapan rumah tangga lainnya.




Jenis-Jenis Seni Rupa


Berikut dibawah ini ialah jenis jenis seni rupa yakni :




  1. Arsitektur


    Seni bangunan atau arsitektur adalah jenis seni yang dipraktekkan dalam bentuk bangunan.

    Contoh : perumahan, kawasan ibadah, kantor dan bangunan yang lain.



  2. Dekorasi


    Seni hiasan adalah jenis seni rupa terapan yang fungsinya untuk mendekorasi ruangan supaya lebih indah. Nah, seni dekorasi ini biasanya ditemukan diberbagai program.

    Contoh : dipernikahan, pekan raya dan program yang lain.



  3. Ilustrasi


    Seni ilustrasi yakni karya dalam bentuk gambar atau foto, fungsinya yaitu untuk menerangkan sebuah naskah. Karya bergambar ini sering dipakai dalam buku pelajaran sekolah dasar. Dengan foto atau gambaran, akan lebih mudah bagi pembaca untuk memahami isi cerita atau artikel.



  4. Seni Kriya


    Seni kriya itu sering juga disebut keterampilan manual, mempunyai fungsi untuk mengolah bahan baku yang mudah ditemukan di lingkungan sekitarnya. Biasanya, materi baku ini ditransformasikan menjadi benda yang memiliki nilai estetika dan nilai guna.



  5. Seni Grafis


    Seni Grafis tergolong dalam seni rupa yang proses pembuatannya memakai teknik pencetakan, umumnya dengan kertas. Fungsi seni grafis sebagai alat komunikasi.





Fungsi Seni Rupa Terapan


Berikut dibawah ini fungsi seni rupa terapan, adalah :




  1. Fungsi estetis


    Fungsi estetis adalah fungsi yang cuma dimaksudkan sebagai objek hias, misalnya batik atau karya tenun yang dirancang khusus untuk hiasan dinding, kerajinan tangan, topeng dan vas bunga.



  2. Fungsi Praktis


    Fungsi praktisnya yaitu karya seni yang tujuan terutama ialah sebagai benda pakai. Misalnya perabot rumah tangga, meja, kursi dan tekstil.





Contoh Seni Rupa Terapan


Berikut dibawah ini beberapa contoh seni rupa terapan, ialah :



  1. Pakaian

  2. Peralatan Rumah Tangga

  3. Arsitektur Bangunan

  4. Poster

  5. Alat Transportasi

  6. Perhiasan

  7. Senjata Tradisional

  8. Barang Elektronik


Demikianlah postingan dari pengajar.co.id yang berjudul Seni Rupa Terapan – Pengertian, Sejarah, Jenis, Contoh, Fungsi, biar dengan adanya postingan ini mampu berguna dan lebih memperbesar pengetahuan anda.


Advertisement