Gudang Informasi

Rumah Budbahasa Sulawesi Utara

Rumah Budbahasa Sulawesi Utara
Rumah Budbahasa Sulawesi Utara

Pada Kesempatan kali ini pengajar.co.id ingin membagikan postingan ihwal Rumah Adat Sulawesi Utara berikut ulasannya:




Rumah Adat Sulawesi Utara


Rumah Adat Sulawesi Utara


Pulau Sulawesi merupakan satu pulau dari lima jajaran pulau besar yang ada di Indonesia. Bentuk dari pulau tersebut cukup unik yaitu sangat mirip dengan abjad K. Pulau ini pun dibagi ke dalam beberapa kawasan provinsi. Salah satu provinsi itu ialah Provinsi Sulawesi Utara yang ibu kotanya Manado.


Provinsi Sulawesi sendiri berisikan 11 kabupaten serta 4 kota ini yang terkenal alasannya adalah banyak sekali macam hal. Setidaknya ada 2 jenis rumah adab Sulawesi Utara yang populer dari suku Minahasa sebagai suku yang tinggal di Sulawesi Utara.




Jenis-jenis Rumah Adat Sulawesi Utara


1. Rumah Pewaris


Rumah adab Pewaris yakni rumah tradisional yang sangat khas dari suku Minahasa Provinsi Sulawesi Utara. Rumah tersebut juga diketahui dengan rumah Walewangkoa. Ciri yang mampu dilihat adalah bentuk rumah layaknya panggung lengkap dengan balok kayu, serta dilengkapi 2 buah tangga pada bagian depan lebih tepatnya di kanan dan kiri dari rumah.


Keunikan dari rumah adab Sulawesi Utara suku Minahasa ada pada bentuk konstruksi yang sepenuhnya dibuat menggunakan bahan dasar berupa kayu. Rumah akhlak Sulawesi Utara Pewaris atau Walewangkoa yang satu ini memiliki penampilan fisik bagus. Secara garis besar tampilannya masuk pada rumah panggung dengan tiang-tiang penopang yang dibuat dari kayu kokoh.


Berdasarkan kabar yang ada dua di antara tiang penyanggah itu tak diperbolehkan disambung memakai apa pun.


Bagian kolong dari rumah pewaris sering dimanfaatkan pemiliknya selaku tempat untuk menyimpan hasil panen dan godong. Seperti halnya rumah budbahasa yang yang lain, rumah akhlak tersebut juga dibagi ke dalam beberapa jumlah bab utama, berikut antara lain:



  • Bagian Depan


Bagian tersebut  dikenal dengan ungkapan lesar. Dimana menjadi bagian yang tidak dilengkapi dinding jadi sangat mirip dengan beranda. Lesar pada umumnya digunakan sebagai daerah untuk tertua budbahasa dan kepala suku yang hendak memberikan maklumat pada rakyat.



  • Bagian Sekey atau Serambi


Serambi satu ini juga ada di bab depan. Walau begitu tetap beda dengan Lesar ya. Sekey dilengkapi  dinding dan berada persis pada bagian setelah pintu masuk. Ruangan tersebut sendiri lalu mempunyai fungsi sebagai daerah menerima tetamu serta ruang  menyelenggarakan upacara adab serta menjamu para usul.



  • Bagian Pores


Pores ialah daerah yang digunakan masyarakat setempat untuk menerima tamu yang mana tamu itu masih memiliki hubungan korelasi dengan sang pemilik rumah. Kadang masa ruangan ini juga digunakan selaku daerah jamuan untuk para tamu wanita serta  tempat para anggota keluarga melakukan bermacam kegiatan sehari-harinya.


Pores biasanya bersambung secara eksklusif dengan beberapa ruangan yakni dapur, kamar tidur serta juga makan.


Pada dikala kau cermati, keunikan dari rumah pewaris ini ada pada dari arsitektur yang ada di bab depan rumah. Perhatikan susunan 2 tangga yang ada di bab kiri serta kanan rumah. Konon dongeng yang ada, bua tangga berhubungan cukup dekat dengan akidah dari para Suku Minahasa untuk mengusir roh jahat. Kalau roh jahat naik melalui tangga yang satu roh itu akan turun melalui tangga lainnya.


2. Bolaang Mangondow


Selain rumah adab Sulawesi Utara Pewaris atau Walewangko, ada pula rumah akhlak lainnya yaitu Bolaang Mangondow. Rumah ini mempunyai atap yang dengan bentuk melintang dan bubungan tidak mengecewakan curam.  Tangga yang ada di bagian depan rumah berserambi tanpa dinding.


Sementara bagian dalamnya ada ruang induk serta ruang tidur. Ruang induk juga ada ruang lain mirip ruang depa, kawasan makan serta kawasan tidur serta dapur yang ada pada bab belakang rumah. Bolaang Mongondow sendiri yakni salah satu tempat yang ada daerah Provinsi Sulawesi Utara. Daerah tersebut kaya akan kebudayaan, sebab raja-raja dulunya semua tata cara serta aspek kehidupan penduduk dikelola dengan tatanan akhlak.


Luas kawasan atau kawasan Rumah budbahasa Sulawesi Utara tersebut sangat luas yaitu 8000 kilometer persegi atau setara dengan 54 persen dari luas tempat yang ada di Sulawesi Utara. Sejak tahun 2008 silam Bolaang Mongondow telah mengalami pemekaran tempat yang mana hingga kini ini ada pemekaran daerah 4 kabupaten yaitu Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, serta Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan serta 1 Kotamadya adalah Kota Kotamobagu.


Rumah budpekerti Sulawesi Utara ini memiliki jenis atap melintang lengkap dengan bubungan berupa sedikit curam. Sama dengan rumah adat sebelumnya ada 2 tangga di bab depan rumah. Selain itu juga ada serambi tak berdinding. Ada 2 jenis ruangan di dalam rumah ialah ruang induk dan kamar tidur.


Ruang induk yang ada di dalam rumah terdiri dari beberapa ruang kecil lainnya seperti daerah untuk makan, dapur serta daerah depa. Dapur sendiri sama dengan rumah kebanyakan ada di segi belakang rumah budbahasa.


Demikianlah artikel dari pengajar.co.id wacana Rumah Adat Sulawesi Utara agar berguna


Advertisement