Gudang Informasi

Resume Yakni

Resume Yakni
Resume Yakni

Pada peluang kali ini pengajar.co.id akan membuat artikel yang berjudul Resume Adalah: Pengertian, Jenis, Contoh dan Cara Membuatnya, yuk sama-sama kita diskusikan dibawah ini :resume-adalah




Pengertian Resume


Pengertian Resume yakni ringkasan atau rangkuman dari sebuah goresan pena/ karangan yang panjang lalu kemudian dipangkas dan cuma mengambil bagian inti dan menyisihkan detail dan ilustrasinya.


Resume ialah sebuah cara yang sungguh efektif dalam menerangkan suatu inti atau pokok dari info yang mau disampaikan kepada orang lain. Contohnya pada ketika meresume buku atau sebuah karanga, resume mampu menjelaskan isi dari fikiran seseorang pengarang dengan lebih ringkas.


Kata “Resume” pada saat seorang pelamar sedang melamar suatu pekerjaan di sebuah perusahaan niscaya sungguh sering menggunakana daftar riwayat hidup, yang mana dokumen tersebut berisi suatu rangkuman pengalaman, kemampuan dan jenjang pendidikan kandidat pelamar tersebut yang disusun dengan sedemikian rupa. Tujuan menciptakan remuse lamaran pekerjaan tersebut yakni selaku isu perihal kualifikasi dari seseorang dengan secara rincian, padat dan terang.




Jenis – Jenis Resume


Berikut dibawah ini ialah jenis jenis resume, yakni :




  1. Abstrak




Abstrak merupakan salah satu jenis ringkasan yang sangat singkat dan padat. Dalam suatu karangan karya ilmiah, absurd merupakan sebuah ringkasan yang mana menampilkan gambaran besar dari pengarang. Dalam pengerjaan sebuah karya ilmiah, absurd biasanya akan diletakkan di permulaan sebelum masuk ke materi inti.




  1. Ringkasan Stricto Sensu




Adalah hasil pencarian isi artikel, bentuk tertulis dari ringkasan ini memakai kata-katanya sendiri. Jenis ringkasan resume ini hanya merangkum pedoman utama.


Jenis resume ini mesti mengikuti proporsi dan juga urutan naskah orisinil, bukan menyertakan persepsi pribadi.


Dengan kata lain, segala sesuatu di yang luar naskah orisinil dihentikan dimasukkan ke dalam resume ini. Resume dengan tipe ini banyak dipakai dalam keperluan sekolah.




  1. Ikhtisar




Yaitu yang memberi kebebasan kepada mereka yang menciptakan ringkasan untuk mengikuti urutan karangan orisinil atau merangkum dengan menggunakan tatanan mereka sendiri.


Menggunakan bahasa yang lebih fleksibel, inti utama dari jenis resume ini ialah bentuk tulisan yang disesuaikan dengan gaya membuat resume. Kebebasan ini tentu memiliki batasan. Pikiran harus tetap sesuai dengan karangan asli.




Perbedaan Resume dengan Ikhtisar




  1. Pengertian Resume


    Resume ialah isi dari pandangan baru-ilham utama dari sebuah karangan yang dibentuk dalam bentuk yang lebih pendek. Isi resume tidak berlawanan dari inspirasi utama dalam teks orisinil.



  2. Pengertian Ikhtisar


    Dilihat dari maksudnya, ikhtisar ini juga ialah ringkasan dari karangan yang dibentuk lebih pendek dari aslinya. Namun, ikhtisar tidak menjaga urutan wangsit-inspirasi utama yang membangun karangan.





Cara Membuat Resume




  1. Baca Naskah Aslinya




Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membaca naskah. Bacalah naskah sampai simpulan dan berulang. Kaprikornus, anda paham isi dari naskah atau bacaan yang disampaikan oleh penulis.


Saat membaca naskah, Anda harus menjinjing alat bantu demi memahami kata yang belum diketahui. Ini sangat berguna ketika membaca naskah. Alat bantu yang anda gunakan bisa memiliki kegunaan untuk menolong mengetahui kalimat dalam naskah.




  1. Menemukan Gagasan Utama




Setelah membaca berulang dan mengerti bacaan tersebut. Langkah selanjutnya yaitu mendapatkan suatu ide utama. Cara Anda dapat mendapatkan ide utama dengan mencari kalimat-kalimat penting.


Kalimat penting ini umumnya telah merangkum beberapa pemikiran utama. Anda dapat melaksanakan ini dengan menulis kembali kalimat penting tersebut. Anda juga mampu menandai kalimat yang mengandung ide utama.




  1. Menulis Resume




Setelah memperoleh inspirasi utama, mulailah untuk menulis resume. Kalimat yang didapat dari ide utama ditulis sesuai dengan naskah aslinya. Perlu dicatat bahwa dalam meresume dihentikan memperbesar pendapat eksklusif anda.


Hal ini akan menyebabkan perbedaan antara pendapat pribadi dan naskah asli. Jadi, cukup tulis ide utama kalimat yang Anda baca. Untuk memudahkan pembaca, gunakan bahasa yang sederhana.


Untuk menulis resume gunakan bahasa yang bisa dicerna oleh siapa saja. Tidak perlu memakai bahasa yang bertele-tele. Cukup hanya menggunakan bahasa Anda, namun masih mengandung konten isi naskah.




  1. Membaca Ulang Resume yang dibentuk




Setelah Anda tamat menulis naskah, bacalah kembali resum yang telah dibuat. Hal ini untuk mengantisipasi bila ada kesalahan dalam penulisan. Di antara ini yang dapat Anda kerjakan yakni:


Periksa ejaan yang benar, periksa tanda baca, penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar dan yang terakhir periksa kembali kesesuaian isi naskah asli dengan resume.




Contoh Resume


Berikut dibawah ini merupakan pola resume kerja yang bisa dijadikan selaku contoh :


Lampung, 11 Januari 2020


Kepada Yth

HRD Manager PT. Sprite

Jl. Jagabaya No. 10 Lampung


Perihal: Lamaran Kerja


Dengan Hormat,

Sesuai isu yang aku terima dari media sosial Facebook, terkait dengan lowongan kerja di perusahaan yang dipimpin Bapak/Ibu. Melalui surat lamaran ini aku bermaksud mengajukan diri dan mengisi jabatan sesuai yang diharapkan perusahaan. Saya yang bertanda tangan di bawah ini:


Nama: Dadang

Tempat/Tanggal lahir: Lampung, 22 Februari 1996

Jenis Kelamin: Laki-Laki

Pendidikan terakhir: SMA 1 Bandar Lampung

Alamat: Jagabaya No. 10 Lampung Rt/Rw 002/001

Telepon: 085374735678


Guna melengkapi sejumlah data sebagai materi usulanBapak/Ibu pimpinan diwaktu yang mau tiba, berikut saya lampirkan beberapa data diri berikut ini:



  1. Pas foto ukuran 3×4

  2. Foto copy KTP

  3. Foto copy Ijazah terakhir

  4. Daftar riwayat hidup

  5. Foto copy Surat Keterangan Sehat

  6. Foto copy Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

  7. Foto copy akta




Demikianlah artikel dari pengajar.co.id yang berjudul Resume Adalah: Pengertian, Jenis, Contoh dan Cara Membuatnya, semoga mampu bermanfaat dan lebih menambah pengetahuan anda.


Advertisement