Gudang Informasi

Propaganda Yakni

Propaganda Yakni
Propaganda Yakni

Pada potensi kali ini pengajar.co.id akan menciptakan postingan yang berjudul Propaganda Adalah : Pengertian, Jenis, Ciri, Contoh ( LENGKAP ), yuk mari kita bahas sama-sama dibawah ini :


Propaganda-adalah




Pengertian Propaganda


Propaganda yaitu bentuk komunikasi dalam bentuk seni permainan kata-kata yang dipakai oleh golongan terstruktur dengan tujuan membuat partisipasi aktif atau pasif untuk memberikan kebenaran sesuai dengan model propagandis menggunakan cara persuasif untuk mengganti atau mempengaruhi opini, sikap dan perilaku penduduk atau sasaran massa, atau memperkenalkan hal-hal gres.


Istilah propaganda berasal dari bahasa neo-Latin, yakni propagandus atau propagare yang bermakna berbagi, mengembangkan, atau memekarkan. Kata propaganda pertama kali timbul dalam goresan pena-goresan pena CONGREGATIO DE PROPAGANDA FIDE pada tahun 1622 saat Paus Gregory XV mendirikan sebuah organisasi yang bermaksud memekarkan dan menyebarkan Kristen Roma di Italia dan negara-negara lain.


Pengertian Propaganda Menurut Ahli




  1. Menurut Drs. R.A Santoso Sastropoetro


    Propaganda yakni penyebaran pesan yang telah dijadwalkan dengan hati-hati sebelumnya untuk mengubah sikap, sudut pandang, pendapat dan perilaku penerima komunikasi sesuai dengan teladan yang diputuskan oleh komunikator.





Jenis-Jenis Propaganda


Berikut dibawah ini merupakan jenis jenis dari propaganda, ialah :




  1. White Propaganda


    Ini adalah semacam propaganda yang diketahui sebagai kesahihan dan ketetapan cerita atau informasi yang hendak disampaikan. Jenis propaganda ini biasanya melalui akses yang dimonopoli oleh pemerintah. Setiap isu akan memberi faedah dan menggarisbawahi kebaikan pemerintah.



  2. Black Propaganda


    Semacam propaganda tertutup atau tersembunyi, jenis propaganda ini menyediakan sumber info yang salah atau tidak benar. Penyebar propaganda ini juga akan menyebarkan info artifisial dan memperlihatkan kesan yang salah kepada orang tertuduh atau Negara yang dituduh.



  3. Grey Propaganda


    Merupakan jenis propaganda yang kurang sempurna kepada informasi atau informasi yang disebarluaskan, jenis propaganda ini lazimnya tidak diketahui oleh penyebar yang membuatkan informasi tersebut. Ketika info disebarluaskan, kita jarang tahu identitas maklumat. Jenis propaganda ini juga ialah kebiasaannya untuk menolak kekejaman yang dilaksanakan oleh orang yang berkuasa besar.



  4. Rasio Propaganda


    Merupakan sejenis propaganda kasatmata, jenis propaganda ini lebih mengarah pada perpadua dan menciptakan nama baik. Selain itu, mengiklankan ikatan persahabatan dan meningkatkan sopan santun sesuatu yang disebarkan.





Metode Propaganda


Berikut dibawah ini tata cara dari propaganda, ialah :




  1. Metode Koersif


    Sebuah Komunikasi yang denga cara menyebabkan rasa takut bagi komunikan biar secara tidak sadar bertindak sesuai dengan harapan komunikator.



  2. Metode Persuasif


    Sebuah komunikasi yang menciptakan perasaan ingin melakukan dengan sukarela untuk komunikan sehingga beliau mampu secara tidak sadar bertindak segera sesuai dengan impian komunikator.



  3. Metode Pervasif


    Sebuah komunikasi lewat penyebaran pesan dan dikerjakan terus menerus atau berulang kali kepada komunikan sehingga memalsukan atau menjadi bagian dari apa yang dikehendaki oleh komunikator.





Ciri-Ciri Propaganda


Berikut dibawah ini merupakan ciri ciri dari propaganda, yaitu :



  1. Komunikator, atau orang yang dilembagakan/lembaga yang menyampaikan pesan dengan isi dan tujuan tertentu.

  2. Komunikan, atau peserta pesan yang diharapkan mendapatkan pesan dan kemudian melakukan sesuatu sesuai contoh yang ditentukan oleh komunikator.

  3. Kondisi dan suasana yang memungkinkan dilakukannya aktivitas propaganda yang bersangkutan.

  4. Kebijaksanaan atau politik propaganda yang menentukan isi dan tujuan yang akan dicapai.

  5. Sarana atau medium yang tepat dan sesuai atau serasi dengan situasi dari komunikan.

  6. Pesan tertentu yang telah di-encode atau dirumuskan sedemikian rupa supaya mencapai tujuannya yang efektif.

  7. Teknik yang seefektif mungkin, yang mampu menawarkan efek yang setepatnya dan bisa mendorong komunikan melaksanakan sesuatu yang cocok dengan impian atau teladan yang diputuskan oleh komunikator.




Contoh Porpaganda


Berikut dibawah ini merupakan pola dari propaganda :




  • Nasional


    Hal yang sangat kasatmata dalam perkara propaganda Nasional ialah masalah upaya untuk menjatuhkan Presiden Joko Widodo pada tahun 2014. Di era tersebut Presiden Joko Widodo diisukan selaku seorang PKI yang tidak pernah akan memihak untuk kepentingan penduduk oleh majalah obor.


    Dengan kejadian ini maka tujuan propaganda dilaksanakan guna untuk memberi dampak negative pesta demokrasi di Indonesia. Terutama dalam upaya menjatuhkan pemilih Joko Widodo tahun 2014 silam. Tetapi insiden tersebut gagal, dan menciptakan Joko Widodo sukses terpilih sebagai pengemban sebagai seorang Presiden ke-7 Indonesia.



  • Internasional


    Contoh propaganda yang pernah terjadi di kanca Internasional contohnya adanya masalah yang diperbut secara illegal oleh Negara Korea Utara dengan menawarkan pandang baik terhadap Kim Jong Un. Masyarakat Korea Utara terus disebarkan informasi bahwa orang nomor satu di Korut tersebut yaitu titisan yang kuasa, sehingga kebijakan dari Kim Jong Un selalu mampu diterima oleh penduduk Korea Utara tanpa ada perlawanan.



Advertisement