Gudang Informasi

Privasi Adalah

Privasi Adalah
Privasi Adalah

Kesempatan Kali Ini Pengajar.co.id ingin membagikan artikel wacana Privasi berikut Adalah Penjelasannya:


Privasi Adalah




Pengertian Privasi Adalah


Privasi yaitu suatu suasana dimana kehidupan pribadi seseorang atau sekelompok orang terbebas dari pengawasan ataupun gangguan orang lain.


Pendapat lain menyebutkan, pemahaman privasi yakni sebuah kondisi yang mana seseorang atau sekelompok orang memiliki keleluasaan serta bebas dari gangguan yang tidak inginikut dalam kehidupan atau urusan pribadinya.


Setiap orang atau sebuah kelompok orang tentunya mempunyai ranah yang tidak bisa dikenali oleh pihak lain. Jadi individu atau sekelompok individu itu melaksanakan usaha agar privasi itu tetap terjaga.


Sebagai pola:


Privasi Individu: hal-hal yang bersifatnya langsung misalnya  duduk perkara keuangan seseorang.


Privasi Sekelompok Individu: Informasi penting suatu organisasi atau perusahaan, Contohnya database keuangan, database klien, serta database seni manajemen perusahaan.




Pengertian Privasi Menurut Para Ahli


1. Dibyo Hartono


Dibyo Hartono Menyatakan Privasi yaitu suatu tingkatan interaksi atau keterbukaan pada orang lain yang diizinkan oleh seseorang pada situasi atau keadaan tertentu.


2. Amos Rapoport


Amos Rapoport Menyatakan Privasi adalah suatu kemampuan guna mengontrol interaksi, kemampuan untuk mendapatkan pilihan-opsi serta kesanggupan untuk mengapai interaksi yang kita mau.


3. Irwin Altman


Irwin Altman Menyatakan Privasi yaitu suatu proses pengontrolan yang pilih-pilih pada jalan masuk kepada diri sendiri serta jalan masuk terhadap orang lain.


4. Alfred Marshall


Alfred Marshall Menyatakan Privasi adalah suatu kondisi yang memberikan adanya opsi guna menghindarkan diri dari keterlibatan dengan orang lain serta lingkungan sosialnya.


5. Wikipedia


Wikipedia Menyatakan Privasi mampu memiliki arti kerahasiaan langsung atau keleluasan langsung, yaitu kemampuan satu atau sekelompok individu guna melindungi atau menutup kehidupan serta persoalan pribadinya dari publik, mauppun mengendalikan arus informasi wacana dirinya.




Fungsi Privasi



  1. Mengatur serta mengontrol interaksi interpersonal dengan orang lain jadi bisa memilih kapan waktu guna menyendiri serta kapan waktu bantu-membantu dengan orang lain.

  2. Membuat rencana serta seni manajemen dalam berinteraksi dengan orang lain, tergolong mempertahankan jarak dalam interaksi itu.

  3. Privasi pula berfungsi guna memperjelas rancangan diri serta identitas diri seseorang.




Jenis-Jenis Privasi


1. Privasi Secara Fisik


Pravisi  golongan yang memiliki kemauan untuk tak mengalami gangguan secara fisik, Contohnya:


Mau menyendiri tanpa gangguan dari orang lain (solitude).


Ingin jauh dari pandangan atau gangguan bunyi orang lain, misalnya tetangga atau lalu lintas (seclusion).


Mau erat dengan orang-orang tertentu saja, namun jauh dari orang lainnya (intimacy).


2. Privasi Secara Tingkah Laku


Privasi golongan yang memiliki cita-cita guna menjaga kerahasiaan dirinya dengan cara hanya menawarkan gosip tertentu saja yang dikira perlu, Contohnya;


Merahasiakan dirinya (anonymity).


Membatasi berita terkait dirinya terhadap orang lain (reserve).


Tidak mau terlibat dengan tetangga (non-neighboring).




Faktor-faktor Privasi


1. Faktor Personal


Menurut Marshall, latar belakang eksklusif seseorang akan amat berpengaruh pada kebutuhan dalam privasi. Berdasarkan penelitiannya, bawah umur yang tumbuh dalam kondisi rumah yang sesak condong menentukan situasi anonim serta reserve ketika akil balig cukup akal. Sementara anak yang hidup di kota malah memilih keadaan anonim dan intimacy.


2. Faktor Situasional


Berdasarkan hasil penelitian wacana privasi dalam dunia kerja, bisa disimpulkan bahwa tingkat kepuasaan privasi sangat kuat dengan seberapa besar lingkungan kerja membolehkan orang-orang tersebut untuk menyendiri.


3. Faktor Budaya


Berdasarkan hasil penelitian Patterson serta Chiswick pada suku Iban di Kalimantan, Jan Yoors pada orang Gypsy, serta Clifford Geertz pada orang Jawa dan Bali, setiap budaya tidak memiliki perbedaan pada kebutuhan akan privasi namun sungguh berlawanan dalam cara bagaimana mereka mendapatkan privasi itu.




Perbedaan Privasi dengan Rahasia


Privasi kadang-kadang dikaitkan dengan belakang layar. Walaupun kedua istilah tersebut memiliki makna yang nyaris sama, tapi pada dasarnya keduanya memiliki pemahaman yang berlainan.


Perbedaan privasi dan diam-diam ada pada apa serta bagaimana tujuan individu maupun sekelompok individu dalam melindungi permasalahan pribadinya.


Menyimpan atau menjaga diam-diam mengandung memiliki arti menyembunyikan problem tertentu semoga tidak dimengerti oleh pihak lain. Sementara privasi mengandung arti suatu keleluasaan atau keleluasaan guna terhindar dari gangguan atau pengawasan pihak lain.


Privasi umumnya bekerjasama dengan hal-hal yang sifatnya pribadi. Sesuatu yang kalau dilanggar oleh pihak lain akan menciptakan individu maupun sekelompok individu tidak nyaman kemudian murka.


Demikianlah artikel dari pengajar.co.id ihwal Privasi Semoga Dapat Bermanfaat Bagi kita semua!


Advertisement