Gudang Informasi

√Ppki Yakni

√Ppki Yakni
√Ppki Yakni

Pada Kesempatan Kali Ini Pengajar.co.id Ingin membagikan Artikel Tentang PPKI berikut adalah Penjelasannya:




Pengertian PPKI


PPKI adalah suatu abreviasi dari Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau juga dalam bahasa Jepang sering disebut dengan Dokuritsu Zyunbi Inkai. PPKI adalah anggota panitia yang mau bertugas untuk menyiapkan kemerdekaan Indonesia, sebelum panitia ini dibentuk, pada sebelumnya telah bangun BPUPKI namun alasannya adalah mungkin dianggap terlalu cepat ingin melaksanakan proklamasi kemerdekaan.


√ Tugas PPKI : Pengertian , Sejarah, Tugas dan Anggotanya




Sejarah PPKI ( Proses Awal Pembentukan PPKI )


Sementara itu kedudukan Jepang dalam Perang Dunia II juga kian terdesak, sehingga komando Jepang yang di daerah selatan mengadakan suatu rapat pada simpulan bulan Juli 1945 di Singapura. Dalam pertemuan tersebut akan disetujui bahwa kemerdekaan bagi Indonesia akan juga diberikan pada tanggal 7 September 1945,pada setahun sesudah pernyataan Koiso. Dalam bulan Agustus pergeseran juga akan bertambah cepat, tanggal 7 Agustus Jenderal Terauchi juga menyetujui sebuah pembentukan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (Dokuritsu Junbi Inkai) yang hendak bertanggung jawab melanjutkan pekerjaan BPUPKI dan juga akan mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan karena akan diadakannya pemindahan kekuasaan dari Jepang kepada bangsa Indonesia.


Pada tanggal 9 Agustus 1945 Soekarno, Hatta, dan juga Radjiman Wediodiningrat juga diundang ke Dalat, kira-kira 300 km sebelah utara Saigon, daerah dimana kedudukan Jenderal Terauchi, panglima seluruh angkatan perang Jepang di Asia Tenggara.3) Tujuan pemanggilan dari ketiga tokoh tersebut ialah untuk dapat melantik secara simbolis Ir. Soekarno selaku ketua PPKI dan Drs. Moh. Hatta selaku wakil ketuanya. Acara pelantikan ini akan berjalan pada tanggal 12 Agustus 1945 ketika dimana mereka tiba di Dalat,yang mau didahului pidato singkat Terauchi yang menyatakan bahwa pemerintah Jepang di Tokyo akan menetapkan memberikan kemerdekaan terhadap Indonesia.Lembaga ini juga beranggotakan tokoh-tokoh Pergerakan Nasional yang juga berasal dari Jawa dan luar Jawa. Anggota PPKI semula berjumlah 21 orang,lalu kemudian Ir. Soekarno memperbesar 6 orang tanpa sepengetahuan fihak Jepang. Hal ini akan memperlihatkan bahwa PPKI memiliki kemandirian dan tidak akan tergantung pada Jepang. Tujuan dibentuk PPKI merupakan untuk merencanakan segala sesuatu yang akan diperlukan dalam menyongsong kemerdekaan.


Setelah PPKI menuntaskan tugasnya, yaitu mempersiapkan desain pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 dan juga batang tubuh UUD 1945, lalu lalu membubarkan diri dan juga akan menganjurkan dibentuknya PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) yang hendak bertugas melaksanakan kemerdekaan Indonesia dan juga akan mengambil langkah-langkah aktual untuk membentuk suatu negara.pada Keesokan harinya Soekarno, Hatta, dan juga Radjiman kembali ke Jakarta, tetapi sebelumnya singgah di Singapura 1 malam. Sesampainya di Jakarta juga disambut oleh rakyat. Saat itu Soekarno mengucapkan pidato singkat sebagai berikut:


“Jika sementara waktu yang kemudian aku menyampaikan bahwa akan merdeka sebelum flora jagung berbuah, kini aku akan katakan terhadap kau bahwa Indonesia akan merdeka sebelum tumbuhan tersebut berbunga.”


lalu Dengan demikian resmilah pembentukan PPKI dan sudah juga dapat melakukan pekerjaan semenjak tanggal 12 Agustus 1945. Mengenai anggotanya, terdiri atas 21 orang yang merupakan wakil-wakil dari seluruh kalangan masyarakat yang ada di tanah air indonesia, adalah 12 dari Jawa, 3 dari Sumatera, 2 dari Sulawesi, 1 dari Kalimantan, 1 dari Nusa Tenggara, 1 dari Maluku, atau juga 1 dari penduduk Cina.




Tugas PPKI


Adapun Tugas Utama PPKI adalah:



  • Tugas dimana berdasarkan nama yakni akan bertugas untuk dapat Mempersiapkan suatu kemerdekaan Indonesia


Tugas PPKI yang Sebenarnya yakni:



  • Mengesahkan Undang Undang Dasar

  • Memilih maupun juga Mengangkat Ir.Soekarno selaku Presiden dan Drz.M.Hatta selaku wakil Presiden

  • Membentuk Komite Nasional untuk mampu membantu peran Presiden sebelum DPR dan juga MPR terbentuk.




Anggota PPKI


Susunan awal dari anggota PPKI yaitu:


-Ir. Soekarno (Ketua)

-Drs. Moh. Hatta (Wakil Ketua)

-Prof. Mr. Dr. Soepomo (Anggota)

-KRT Radjiman Wedyodiningrat (Anggota)

-R. P. Soeroso (Anggota)

-Soetardjo Kartohadikoesoemo (Anggota)

-Kiai Abdoel Wachid Hasjim (Anggota)

-Ki Bagus Hadikusumo (Anggota)

-Otto Iskandardinata (Anggota)

-Abdoel Kadir (Anggota)

-Pangeran Soerjohamidjojo (Anggota)

-Pangeran Poerbojo (Anggota)

-Dr. Mohammad Amir (Anggota)

-Mr. Abdul Maghfar (Anggota)

-Mr. Teuku Mohammad Hasan (Anggota)

-Dr. GSSJ Ratulangi (Anggota)

-Andi Pangerang (Anggota)

-A.H. Hamidan (Anggota)

-I Goesti Ketoet Poedja (Anggota)

-Mr. Johannes Latuharhary (Anggota)

-Drs. Yap Tjwan Bing (Anggota)


Tanpa dimana sepengetahuan pemerintah Jepang, jumlah keanggotaan PPKI juga akan bertambah 6 orang,yang diantaranya adalah:


-Achmad Soebardjo (Penasehat)

-Sajoeti Melik (Anggota)

-Ki Hadjar Dewantara (Anggota)

-R.A.A. Wiranatakoesoema (Anggota)

-Kasman Singodimedjo (Anggota)

-Iwa Koesoemasoemantri (Anggota)




Hasil Sidang PPKI


1. Hasil Sidang PPKI Ke 1


Tanggal 18 Agustus 1945


Berikut merupakan beberapa keputusan dan hasil sidang PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945 atau hasil sidang PPKI yang pertama.


Mengesahkan UUD 1945

Hasil sidang PPKI pertama ialah mengesahkan undang-undang dasar sebagai konstitusi negara.


Selain itu juga dikerjakan revisi Piagam Jakarta dimana kalimat ‘Ketuhanan dengan kewajiban mengerjakan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya’ diganti menjadi ‘Ketuhanan Yang Maha Esa’.


Mengangkat Soekarno sebagai Presiden dan Moh. Hatta sebagai Wakil Presiden

Hasil sidang pertama PPKI selanjutnya yakni memilih dan mengangkat presiden serta wakil presiden Indonesia. Atas ajuan Otto Iskandardinata secara aklamasi, Ir. Soekarno terpilih selaku presiden Indonesia pertama didampingi oleh Drs. Mohammad Hatta selaku wakil presidennya.


Membentuk Komite Nasional

Sidang PPKI juga memutuskan pembentukan suatu komite nasional. Fungsi komite nasional ini ialah untuk sementara membantu peran tugas Presiden sebelum dibentuknya MPR dan DPR.


2. Hasil Sidang PPKI Ke 2


Tanggal 19 Agustus 1945


Membentuk pemerintah kawasan yang berisikan 8 provinsi

Membentuk komite nasional tempat

Membentuk 12 Kementerian dan 4 Menteri Negara

Membentuk Tentara Rakyat Indonesia


3. Hasil Sidang PPKI Ke 3


Tanggal 22 Agustus 1945


Menetapkan Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP)

Membentuk Partai Nasional Indonesia (PNI)

Membentuk Badan Keamanan Rakyat (BKR)


Demikianlah artikel tetang √PPKI Adalah : Pengertian , Sejarah, Tugas dan Anggotanya dari pengajar.co.id sem


Advertisement