Gudang Informasi

Pengertian Kliping Yaitu : 5 Acuan Kreatif Yang Benar Dan Cara Menjadikannya

Pengertian Kliping Yaitu : 5 Acuan Kreatif Yang Benar Dan Cara
Menjadikannya
Pengertian Kliping Yaitu : 5 Acuan Kreatif Yang Benar Dan Cara
Menjadikannya

Pada peluang kali ini pengajar.co.id akan membuat artikel yang berjudul Pengertian Kliping Adalah : 5 Contoh Kreatif Yang Benar dan Cara Membuatnya, yuk sama-sama kita diskusikan dibawah ini :Pengertian-Kliping-Adalah




Pengertian Kliping


Kliping yaitu suatu kegiatan atau kegiatan yang di dalamnya berisi perjuangan menggunting bab atau sisi tertentu yang ada pada suatu koran, buku, majalah atau novel untuk lalu ditempelkan pada kertas karton atau pada buku biasa.




Tujuan Dan Manfaat Kliping


Kliping sendiri memiliki tujuan untuk dapat memadukan serta mengumpulkan suatu isu atau wawasan dalam tema tertentu yang awalnya berasal dari sumber yang banyak dan beragam, menjadi satu.


Gambar maupun cuilan-potongan dari postingan yang hendak dijadikan suatu kliping harus memiliki isi serta pembahasan topik yang sama. Misalkan dikala akan menciptakan kliping perihal kiat kesehatan perempuan, jadi yang dibutuhkan ialah mencari sumber-sumber yang berkaitan dengan tema tersebut untuk dijadikan sebagai sebuah kesatuan kliping yang utuh.


Kliping juga memiliki manfaat yang amat banyak. Misalkan untuk guru yang sudah menawarkan suatu tugas terhadap para muridnya, pasti ini sungguh menunjukkan manfaat dikarenakan adanya guru yang memerintahkan untuk membuat kliping tersebut dapat melatih kreatifitas yang dimiliki oleh sang murid ihwal bagaimanakah langkah yang baik dan kreatif untuk menciptakan kliping dan dari mana sumber serta hal-hal yang mesti sungguh-sungguh dipelajari.


Dengan begitu, murid akan lebih banyak membaca serta mempelajari dan juga bertanggung jawab secara penuh atas amanah dan kepercayaan guru yang diberikan kepadanya untuk menyelesaikan peran pembuatan kliping.




Cara Membuat Kliping


Lalu, bagaimanakah cara membuat kliping? Pada umumnya, materi-bahan yang digunakanuntuk pembuatan kliping berasal dari banyak sekali jenis media cetak mirip majalah yang sudah tidak dipakai lagi, lalu koran yang telah tidak dibaca, novel, poster dan banyak sekali media cetak lainnya.


Namun, seiring dengan berkembangnya zaman, banyak orang yang lalu mencari berbagai bahan untuk membuat kliping melalui media internet atau media online. Nah, berikut ini ialah cara pembuatan kliping yang bagus dan benar.



  1. Tentukan Teman


Yang harus dikerjakan pertama untuk pembuatan sebuah kliping yaitu dengan memilih serta memilih tema. Tujuan pembuatan tema adalah untuk memfokuskan karya kliping dengan sumber utama yang terkait dengan tema tersebut. Hasilnya pun akan lebih anggun saat memakai tema yang spesifik.


Bila telah akhir memilih tema terbaik, maka berikutnya yaitu harus menemukan gambar yang berhubungan dengan tema yang diambil dan dipilih dalam kliping tersebut. Apabila mengambil tema wacana teknologi, maka mesti mengambil gambar serta aneka macam jenis postingan yang ada kaitannya dengan teknologi tersebut.





  1. Kumpulkan data dan materi kliping


Setelah sukses memperoleh tema yang tepat, maka langkah berikutnya ialah mengumpulkan berbagai data serta bahan yang hendak dijadikan kliping. Bahan-bahan tersebut dapat dicari di media cetak seperti buku, surat kabar, majalah, koran, novel, dan berbagai jenis media cetak yang lainnya, ataupun yang lebih mudah mencari di internet.





  1. Siapkan Alat untuk membuat kliping


Setelah berhasil menghimpun materi dan juga data untuk proses pengerjaan kliping, maka langkah berikutnya adalah mempersiapkan alat yang dibutuhkan untuk proses pengerjaan kliping. Yaitu diantaranya gunting, garis, beserta lem yang hendak dipakai untuk menciptakan kliping.


Sebelum menggunting materi-materi yang hendak dibuat kliping, semestinya terlebih dulu menyiapkan kertas HVS atau volio apalagi dahulu untuk media pengerjaan klipingnya. Atau bisa juga menyebabkan buku tulis atau buku gambar selaku medianya. Untuk media menempel data memang dibebaskan asalnya dapat dipakai untuk menempelkan. Tetapi usahakan untuk memakai materi-materi yang tidak mudah sobek dan tahan lama semoga klipingnya tetap cantik.





  1. Gunting bahan kliping


Langkah selanjutnya yaitu menggunting gambar-gambar atau aneka macam postingan yang sudah dikumpulkan sebelumnya. Lalu tempelkan bahan-bahan kliping tersebut di atas kertas.





  1. Tempelkan bahan kliping


Proses membuat kliping berikutnya yaitu dengan menempelkan materi-bahan membuat kliping. Namun sebelum itu, perlu menyusun gambar apalagi dulu dengan lebih sistematis dan rapi. Kemudian yang selanjutkan menempelkan sesuai dengan susunan gambar tersebut.





  1. Membuat cover untuk kliping


Cover mempunyai tujuan untuk menarik perhatian dan rasa ingin tau dari para pembaca semoga membaca kliping yang telah dibentuk.


Dalam pengerjaan cover harus sebaik dan serapi mungkin agar betul-betul bisa menggoda pembaca. Membuat cover juga harus yang kontemporer agar terlihat lebih fresh dan indah.





  1. Membuat daftar isi


Lalu langkah yang terakhir adalah membuat daftar isi. Daftar isi dibuat dengan menambahkan nomor halaman dan menambahkan kreasi-kreasi agar nampak lebih menawan.




Sistem Penyusunan Kliping



  1. Cover

  2. Kata Pengantar

  3. Daftar isi

  4. Pembahasan

  5. Kesimpulan dan anjuran

  6. Daftar pustaka




Contoh Kliping


Berikut ini yakni beberapa pola kliping, adalah :




  • Contoh Kliping Sejarah




Candi Borobudur yaitu salah satu warisan kehidupan kerajaan dulu di Indonesia, juga menjadi salah satu jenis budaya Indonesia yang sangat terkenal dan terkenal bahkan di seluruh dunia. Candi besar yang megah ini menjadi bangunan candi Budha dan menjadi candi paling besar di dunia. Bahkan Candi Borobudur sudah ditetapkan sebagai salah satu warisan yang diwarisi oleh budaya dunia UNESCO.


Candi ini memiliki bentuk dan wujud yang cukup glamor dan tentunya memiliki arsitektur yang cukup unik. Bahkan sebab saking uniknya, candi Borobudur menawan banyak minat masyarakat dunia untuk mendatangi salah satu warisan budaya Candi Borobudur yang indah dan mempesona ini. Banyak sekali orang yang merasa kepincut dengan kisah yang ada di dalamnya.


Sejak HC Cornelius memperoleh lokasi candi ini atas perintah dari Sir Thomas Stamford Raffles pada tahun 1814, candi borobudur sukses mencuri perhatian dunia sejak dikala itu. Lalu penggalian daerah yang besar itu dilanjutkan oleh Hotman yang merupakan salah satu pejabat dari pemerintahan Belanda di kurun itu. Akhirnya banyak arkeolog yang mencoba mencari tahu sesungguhnya candi tersebut berasal dari mana.






  • Kliping petaka




Siapa sih yang tidak mengenang bencana alam paling besar sepanjang sejarah ialah tragedi di Acah pada tahun 2004 kemudian yang ialah peristiwa gempa serta tsunami paling dahsyat terjadi. Tepatnya di bulan Desember 2004.


Tsunami terjadi di Aceh dengan kekuatan gempa yang amat besar, meraih 8,5 SR setiap detiknya dan ketinggiannya meraih 35 meter. Ini tentu sungguh dahsyat bukan?


Nah, bergotong-royong petaka yang terjadi misalnya di Aceh atau bahkan tempat lain di Negara ini memperingatkan kita semua  berubah menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan senantiasa mematuhi perintahnya yang menguasai Langit dan Bumi.






  • Contoh kliping seni budaya




Musik merupakan salah satu jenis suara atau nada tertentu yang ditata dengan menggunakan beragam cara dan juga selaras sehingga beliau mempunyai irama dan juga lagu yang menggambarkan keserasian. Misalkan saja nada yang dihasilkan oleh jenis alat musik misalnya biola, piano, gitar, suling dan berbagai jenis alat musik lain yang bisa menghasilkan suara yang indah.


Sekalipun musik ialah jenis tanda intuisi untuk persembahan dan membuat sesuatu di dalam bentuk seni, musik ternyata juga menjadi menandakan yang cukup unik untuk menghasilkan beberapa jenis alat musik.


Setiap musik yaitu bagian dari aktivitas hidup insan yang digunakan untuk fasilitas menuangkan perasaan serta tingkat kreatifitasnya. Seni musik, di samping menjadi bab khusus dalam kehidupan insan, beliau juga menjadi suara dan bunyi yang menunjukkan kesan terhadap sesuatu yang ditangkap oleh indera insan.






  • Contoh kliping olahraga




Bola basket yakni salah satu cabang olahraga yang permainannya dilaksanakan dengan cara berkelompok. Kelompok tersebut lazimnya berisikan dua kelompok yang tiap kelompoknya memiliki lima pemain dan beberapa jumlah pemain cadangan yang tugasnya mengambil alih pemain inti dikala mereka kecapekan atau cidera.


Bila terdapat turnamen atau pertarungan basket, maka pertarungan itu sangat menarik untuk ditonton karena jenis permainan ini bisa dilakukan dalam ruangan tertutup dan bisa juga dikerjakan di lapangan yang cukup kecil khusus untuk permainan basket saja.


Di samping itu pula, permainan basket juga lebih memberikan persaingan atau sering disebut lebih kompetitif sebab tempo pada permainannya lebih cepat bila dibandingkan dengan permainan olah raga lain seperti sepak bola.


Jenis permainan bola basket juga menjadi salah satu cabang dari olah raga yang amat mudah dan digemari oleh pendudukan di seluruh dunia khususnya penduduk Amerika. Di antara masyarakatyang gemar memainkan jenis permainan ini yakni Indonesia, Eropa Selatan dan Lithuania.


Terdapat banyak kejuaraan bola basket yang sering diadakan tiap tahunnya. Misalnya saja British Basketball league di tempat Inggris, dan juga National Basketball Association di daerah Amerika Serikat.




Demikianlah postingan dari pengajar.co.id yang berjudul Pengertian Kliping Adalah : 5 Contoh Kreatif Yang Benar dan Cara Membuatnya, biar dengan adanya artikel ini bisa berguna dan memperbesar wawasan anda.


Advertisement