Gudang Informasi

Penelitian Pertanda 9 Hal Ini Mampu Bikin Kau Bahagia 7 Turunan !

Penelitian Pertanda 9 Hal Ini Mampu Bikin Kau Bahagia 7 Turunan !
Penelitian Pertanda 9 Hal Ini Mampu Bikin Kau Bahagia 7 Turunan !

Dalai Lama mengatakan bahwa “Kita tidak mampu menjangkau kebahagiaan, tetapi kita sendiri yang mampu menciptakan kebahagiaan itu”. Lantas hal apa yang bisa kita lakukan supaya bahagia ?
Apa itu senang ? Dan mengapa kebahagiaan itu penting ?

Kebahagiaan tiap orang berlawanan-beda. Para andal Psikologi baiklah bahwasannya 50% kebahagiaan tergantung dari gen, 40% dari rutinitas sehari-hari, dan 10% alasannya hal-hal yang tidak disangka-sangka.
Beberapa fakta juga mengambarkan bahwa orang yang senang condong mempunyai umur panjang. Menurut penelitian, sebesar 35% orang lanjut usia masih ingin hidup lebih usang lagi alasannya adalah mereka senang. Fakta selanjutnya yakni kebahagiaan dapat menurunkan tingkat depresi. Orang-orang yang senang mengalami penurunan kadar cortisol atau hormon stress sebesar 23%. Kemudian ada penelitian juga yang membuktikan bahwa orang yang bahagia lebih produktif bekerja, sedangkan yang tidak senang tidak produktif sebab lebih banyak mengeluh.

Penelitian Membuktikan 9 Hal Ini Bisa Bikin Kamu Bahagia

Banyak makan buah dan sayur
Penelitian dari Universitas Warwick pertanda bahwa mengonsumsi banyak buah dan sayuran mampu menambah tingkat kebahagiaan seseorang secara signifikan. Tipsnya, cobalah tambahkan buah dan syuran dalam menu masakan sehari-sehari, mampu dijadikan kudapan, buah kering dan juga smoothies.

Kurangi mengakses media umum
Penelitian dari Happiness Research Institute, orang yang berhenti mengakses Facebook selama sepekan saja mampu meningkatkan tingkat kebahagian. Tipsnya cobalah tidak main Facebook dulu selama 30 hari.
Jalan kaki ke kantor
Penelitian dari University of East Anglia mendapatkan bahwa orang yang jalan kaki saat menjalani rutinitasnya mirip bekerja dan sekolah cenderung lebih mudah fokus, lebih sehat, dan tidak mudah tertekan. Tipsnya, jika kantor kau jauh dan kamu naik ojek atau bus, cobalah untuk berhenti agak jauh dari kantor, dan mulai jalan kaki dari daerah kau berhenti menuju ke kantor.

Menonton foto atau video lucu di internet
Peneliti dari Uniersity of Hiroshima memperoleh bahwa melihat foto atau video hewan-hewan lucu mampu membuat tingkat kebahagiaan seseorang meningkat. Tipsnya, sebelum mulai cek email dan menegerjakan peran-peran, nyantai dulu lah dengan lihat-lihat video tingkah polah kucing lucu di YouTube.
Jangan suka begadang
Kebiasaan begadang mampu mensugesti mood. Penelitian dari University of Surrey’s Sleep Research Center memberikan bahwa cuma dengan tidur lebih usang satu jam dibandingkan dengan durasi tidur biasa bisa menciptakan seseorang bahagia dan sehat. Tipsnya, jangan minum kopi sebelum tidur.

Rencanakan liburan
Penelitian dari University of Rotterdam pertanda bahwa dengan mempersiapkan liburan dapat memajukan mood senang seseorang.  

Berpelukaaan
Mengapa orang suka berpelukan ? Ya karena menggembirakan dan menciptakan rasa tenteram, khususnya berpelukan dengan orang yang disayang. Jangan lewatkan satu hari pun tanpa berpelukan.

Berteman dengan orang-orang yang asyik
Di paragraf permulaan sudah dijelaskan bahwa salah satu penyebab bahagia atau tidaknya seseorang, salah satunya dipengaruhi oleh lingkungan. Makanya, kalau kau berteman dengan orang-orang yang asyik, maka kau juga akan terbawa situasi menyenangkan tersebut. Begitu pula sebaliknya.

Mendengarkan musik favorit

Yes, ini bener banget, ketika kau sedang gundah, duka, atau berada di lingkungan yang tidak mengasyikkan, cobalah untuk pasang headset dan mainkan lagu-lagu favoritmu. Penelitian dari McGill University menerangkan bahwa dengan menyimak musik favorit maka zat dopamine atau hormon penyebab senang dalam tubuh akan menyeruak dan membuat kamu merasa puas dan happy.
Advertisement