Gudang Informasi

Pemahaman Agama Islam

Pemahaman Agama Islam
Pemahaman Agama Islam

Pada peluang kali ini pengajar.co.id akan menciptakan artikel perihal Pengertian Agama Islam, yuk disimak ulasannya dibawah ini:


pengertian agama islam




Pengertian Agama Islam


Agama Islam yakni agama yang dibawa oleh Nabi Muhammad ‘ alaihi wa sallam. Itu dengan agama ini bahwa Allah menutup agama sebelumnya. Allah telah menyempurnakan agama ini untuk hamba-hambaNya. Dengan agama Islam ini juga Allah menyempurnakan kebaikan mereka. Allah cuma dalam Islam sebagai agama yang hendak dipeluk. Oleh karena itu, tidak ada agama yang diterima selain Islam.


Allah ta’ala berfirman,


مَّا كَانَ مُحَمَّدٌ أَبَا أَحَدٍ مِّن رِّجَالِكُمْ وَلَكِن رَّسُولَ اللَّهِ وَخَاتَمَ النَّبِيِّينَ وَكَانَ اللَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيماً


“Muhammad itu bukanlah seorang ayah dari salah seorang lelaki diantara kalian, akan namun ia yaitu utusan Allah dan epilog para Nabi.” (QS. Al Ahzab: 40)


Allah ta’ala juga berfirman,


الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الإِسْلاَمَ دِيناً


“Pada hari ini Aku telah sempurnakan bagi kalian agama kalian, dan Aku telah cukupkan lezat-Ku atas kalian dan Aku pun sudah ridha Islam menjadi agama bagi kalian.” (QS. Al Maa’idah: 3)


Allah ta’ala juga berfirman,


إِنَّ الدِّينَ عِندَ اللّهِ الإِسْلاَمُ


“Sesungguhnya agama yang benar di segi Allah hanyalah Islam.” (QS. Ali Imran: 19)


Allah ta’ala berfirman,


وَمَن يَبْتَغِ غَيْرَ الإِسْلاَمِ دِيناً فَلَن يُقْبَلَ مِنْهُ وَهُوَ فِي الآخِرَةِ مِنَ الْخَاسِرِينَ


“Dan barang siapa yang mencari agama selain Islam maka tidak akan pernah diterima darinya dan di alam baka nanti beliau akan termasuk orang-orang yang merugi.” (QS. Ali ‘Imran: 85)


Allah ta’ala mengharuskan terhadap seluruh umat manusia untuk beragama demi Allah dengan memeluk agama ini. Allah berfirman terhadap Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam,


قُلْ يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنِّي رَسُولُ اللّهِ إِلَيْكُمْ جَمِيعاً الَّذِي لَهُ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ لا إِلَـهَ إِلاَّ هُوَ يُحْيِـي وَيُمِيتُ فَآمِنُواْ بِاللّهِ وَرَسُولِهِ النَّبِيِّ الأُمِّيِّ الَّذِي يُؤْمِنُ بِاللّهِ وَكَلِمَاتِهِ وَاتَّبِعُوهُ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ


“Katakanlah: Wahai umat manusia, sesungguhnya saya ini yakni utusan Allah bagi kalian semua, Dialah Dzat yang mempunyai kekuasaan langit dan bumi, tidak ada sesembahan yang haq selain Dia, Dia lah yang menghidupkan dan mematikan. Maka berimanlah kalian terhadap Allah dan Rasul-Nya seorang Nabi yang ummi (buta abjad) yang telah beriman terhadap Allah serta kalimat-kalimat-Nya, dan ikutilah dia supaya kalian mendapatkan hidayah.” (QS. Al A’raaf: 158)




Pengertian Agama Islam Secara Umum dan Menurut Para Ahli




  • Menurut Massignon




Menjelaskan pendapatnya bahwa Islam yaitu agama yang mempunyai hak istimewa bahkan sebagai inspirasi dari perbandingan yang benar oleh semua anggota masyarakat.




  • Menurut Leodourch




Islam sebagai agama kemanusiaan alami, ekonomi dan moralistik.




  • Menurut Tostoi




Menjelaskan pendapatnya bahwa Islam yakni ringkasan agama yang disiarkan oleh Muhammad dan mengatakan bahwa Allah yaitu satu. Tidak ada Tuhan, namun dia mungkin tidak menyembah banyak ilahi.




  • Menurut George Sarton




Menurut George, Islam yakni urutan keagamaan yang paling sempurna dan indah.




  • Menurut Orientalis H.I




Menurut ia, Islam adalah sebaik baiknya agama yang sejauh ini terbukti menjadi akidah agama yang kuat.  Selain itu, memiliki hukum dibagi merata dan urutan yang kuat bangsawan.




  • Menurut Abu Said al Hasan Al-Nasri




Dan menurutnya. Islam yaitu kepasrahan hati nurani terhadap Allah SWT, maka setiap Muslim merasa aman dari gangguan.




  • Menurut Syekh Muhammad bin Abdul Wahab




Menurut beliau, Islam yaitu berserah diri kepada Allah. Selain itu, tunduk dan taat kepadanya dengan melaksanakan ketaatan dan menjauhkan diri dari melakukan syirik dan para pelaku.




  • Menurut Muhammad bin Ibrahim bin Abdullah at Tawajiri




Menurutnya, menjelaskan bahwa Islam ialah penyerahan sarat kepada Allah SWT lewat cara menggunakannya dan melaksanakan Syari’at-Syari’at dengan ketaatan dan ketulusan sepenuhnya.




  • Menurut Umar bin Khattab




Menurutnya, Islam adalah agama yang di turunkan allah kepada Nabi Muhammad SAW. Dimana agama Islam mencakup dogma, syariat dan budpekerti.




  • Nabi Muhammad SAW




Menurut beliau, Islam ialah bahwa Anda mengakui tidak ada Tuhan selain Allah dan Muhammad ialah delegasi Allah.  Dan Anda juga menjalankan sholat dan mengeluarkan Zakat, puasa di bulan Ramadhan.  Dan Anda melaksanakan Haji di baitullah jika Anda mampu melakukannya.




Ruang Lingkup Agama Islam


Berikut dibawah ini ruang lingkup agama islam:




  • Aqidah




Aqidah memiliki arti bahasa ikatan atau sshuttles. Bentuk jamak adalah aqa’id. Makna aqidah sesuai dengan perumpamaan ini yaitu iman hidup atau keyakinan yang lebih khas. Sesuai dengan makna ini disebut aqidah yaitu kawasan doktrin dalam Islam dengan berurusan dengan semua hal yang harus dipercaya oleh seorang Muslim/beriman. Terutama bidang aqidah yakni pilar doktrin keenam, yaitu dogma kepada Allah, para malaikatnya, buku-bukunya, kepada para rasul, hingga akhir zaman dan qada’dan Qadar.




  • Syari’ah




Syari’at makna bahasa jalan, makna istilah ini yakni pemerintahan Tuhan bahwa korelasi manusia dengan tiga sisi Allah, sesama manusia dan alam menertibkan, pemerintahan Allah yang mengontrol hubungan insan dengan Allah yang disebut ibadah, dan yang mengatur relasi insan dengan sesama manusia dan alam ialah semua yang disebut kelima pilar Islam yakni shahadat, doa, Zakat, puasa dan Haji tergolong ibadah, yakni penyembahan dalam arti khusus bahwa materi dan peraturan parmanen dan rinci dalam Al Qur’an dan sunnah Rasululah ditentukan.


Selain itu, dapat diuraikan lebih lanjut sehingga berisikan



  1. Munakahat (perkawinan), tergolong hebat waris (Faraidh) dan Testamen

  2. Tijarah (hukum niaga) ialah soal sewa, h,tang Wakaf.

  3. Hudud dan Jinayat yakni hukum pidana Islam


Hudud yakni hukum untuk kejahatan perzinahan, tuduhan perzinahan, perampokan, mencuri dan minum minuman keras. Sementara Jinayat yakni hukum untuk langkah-langkah pembunuhan kejahatan, melukai orang, memangkas anggota, dan menghilangkan manfaat dari badan, di Tinayat berlaku qishas adalah  “aturan balas “



  1. Khilafat (politik pemerintah/Islam)

  2. Jihad (perang), termasuk duduk perkara ghanimah (rampasan harta perang) dan tahanan).






  • Akhlak/Etika




Akhlak berasal dari bahasa Arab Jamat dari  “khuluq ” yang berarti moderasi atau kebiasaan. Menurut arti dari bahasa ini, itu yakni bagian dari fatwa Islam yang mengatur perilaku penduduk . Ibn Maskawaih memiliki  “semangat seseorang yang mendorongnya untuk melaksanakan tindakan tanpa menghakimi”.


Moralitas ini tergolong budbahasa manusia kepada Allah, terhadap nabi/rasul, untuk dirinya sendiri, kepada keluarga, kepada tetangga, kepada sesama muslim, kepada non Muslim.


Dalam Islam selain moralitas, ada juga ungkapan budbahasa yang dimengerti. Etika ialah ilmu yang menerangkan arti dari yang bagus dan yang buruk, menguraikan apa yang orang mesti kerjakan terhadap orang lain, menerangkan tujuan dari siapa insan harus dibahas dalam tindakan mereka dan memperlihatkan jalan untuk melakukan apa yang perlu dijalankan (Amin, 1975:3)


Kaprikornus, etika adalah tindakan baik yang berasal dari orang yang melakukannya dengan sengaja dan didasarkan pada kesadaran sendiri dan dalam melakukan tindakan beliau tahu bahwa itu tergolong tindakan baik atau jelek.


Etika harus dipakai lebih awal, sebagai anak kecil dikala makan dan minum digunakan untuk menjelaskan bagaimana budpekerti makan atau minum etis, Makan etika dan minum semenjak kecil akan memiliki efek sehabis akil balig cukup akal. Seperti dengan adat berpakaian, gadis dipakai untuk menggunakan seorang wanita berpakaian seperti jilbab sementara laki-laki memakai kopi dan sebagainya. Islam sangat terlibat dalam penggunaan akhlak sebagaimana dimaksud dalam Surat Al-Ahsab di atas.


Secara simpul ruang lingkup agama islam yaitu meliputi:



  1. Aqidah

  2. Syari’ah

  3. Akhlak/Etika




Tujuan Islam


Berikut dibawah ini beberapa tujuan islam, adalah:


Islam diresmikan pada tahun 10 MASEHI oleh Nabi Muhammad SAW, orang yang menganut agama Islam yang dikenal selaku Muslim. Islam tidak tanpa tujuan sebagai nama Islam yang juga berasal dari kata salam bahwa kemakmuran atau keamanan yang serupa berarti Islam. Tujuannya ialah untuk memperlihatkan keamanan atau kemakmuran di dunia ke darul baka bagi rakyatnya. Islam berupaya juga selaku pemimpin di dunia ke darul baka bagi rakyatnya.




Inti Ajaran Islam


Berikut dibawah ini inti ajaran islam yang harus kau pahami:



  1. RUKUN ISLAM

  2. RUKUN-RUKUN IMAN

  3. PEMBAGIAN TAUHID & SYIRIK

  4. RUKUN IHSAN

  5. SURAT AL-FATIHAH DAN SURAT-SURAT PENDEK

  6. SYARAT-SYARAT SHALAT

  7. RUKUN-RUKUN SHALAT

  8. WAJIB-WAJIB SHALAT

  9. KETERANGAN TENTANG TASYAHHUD

  10. SUNNAH-SUNNAH SHALAT

  11. YANG MEMBATALKAN SHALAT

  12. SYARAT-SYARAT WUDHU

  13. FARDHU-FARDHU WUDHU

  14. YANG MEMBATALKAN WUDHU

  15. AKHLAK YANG HARUS DIMILIKI SETIAP MUSLIM

  16. ADAB ( SOPAN SANTUN ) ISLAMI

  17. BERHATI-HATI TERHADAP PERBUATAN SYIRIK DAN MAKSIAT

  18. MENGURUS JENAZAH, MENSHALATKAN DAN MENGUBURKANNYA




Demikianlah ulasan dari pengajar.co.id tentang Pengertian Agama Islam, supaya dengan adanya postingan ini mampu bermanfaat untuk anda.


Advertisement