Gudang Informasi

Patriotisme Yakni

Patriotisme Yakni
Patriotisme Yakni

Kesempatan Kali Ini Pengajar.co.id ingin membagikan postingan ihwal Patriotisme Berikut Adalah Penjelasannya:


Patriorisme Adalah




Pengertian Patriotisme Adalah


Patriotisme yaitu sebuah paham serta sikap yang mengungkapkan perasaan cinta pada tanah air jadi rela serta berani berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara.


Pendapat lain menyebutkan arti patriotisme yaitu sebuah perilaku yang berani, pantang menyerah, serta rela berkorban pada bangsa dan negara. Makara pengorbanan itu bisa dalam bentuk harta benda ,jiwa serta raga seseorang.


Kata “patriotisme” asalanya dari kata “patria” dan “isme”. Kata patria berkembang menjadi patriot yang terkandung arti perilaku kepahlawanan atau sikap cinta tanah air, sementara isme ialah akhiran dalam kata yang mengambarkan sebuah paham, fatwa, serta keyakinan.




Ciri-ciri Patriotisme



  1. Adanya rasa simpati pada bangsa. Seorang patriotik bisa mengasihi bangsa serta negaranya tanpa mengharapkan laba eksklusif pada dirinya sendiri. Hal tersebut mampu membuat rasa solidaritas di dalam diri seseorang untuk meraih kemakmuran bangsanya.

  2. Patriotisme mampu membuat seseorang dapat melihat kekuatan serta kekurangan negara bangsanya.

  3. Patriotisme bisa menciptakan rasa solidaritas pada sesama jadi bisa mencapai kemakmuran bangsa.

  4. Rasa cinta tanah air ialah nilai budaya bangsa menjadi modal penting untuk usaha usaha mencapai harapan bangsa.

  5. Patriotisme membuat kita merasa mempunyai identitas diri jadi mampu melihat, menerima, menyebarkan watak serta kepribadian bangsa.

  6. Patriotisme sifatnya terbuka jadi kita mampu melihat bangsa dalam konteks dunia, bersedia demi terlibat di dalamnya, serta bersedia berguru dari bangsa lain untuk kemajuan bangsa.




Tujuan Patriotisme



  1. Secara lazim, patriotisme maksudnya demi menjaga persatuan serta keutuhan negara dari ancaman, baik bahaya dari dalam ataupun dari luar.

  2. Patriotisme maksudnya demi menghapus ekstrimisme (tuntutan yang berlebihan) dari hak dan keharusan warga negara, baik individu ataupun golongan.

  3. Patriotisme tujuannya demi menumbuhkan rasa cinta tanah air dan bangsa di dalam diri semua warga negara jadi negara bisa menghadapi bermacam ancaman.

  4. Paham yang menganut rasa cintah [ada tanah air dan bangsa tujuannya demi membuat kekerabatan yang rukun dan harmonis, serta mempererat tali persaudaraan antara sesama warga negara.




Jenis-jenis Patriotisme


1. Patriotisme Buta


Patriotisme Buta yaitu sebuah bentuk kecintaan pada negara serta bangsa tanpa mempertimbangkan persepsi orang lain. Paham tersebut ditandai dengan ciri-ciri tertentu, contohnya; loyal, tidak toleran pada kritik, serta tidak ada penilaian kasatmata.


Jenis patriotisme tersebut sering menjadi pemicu awal kehadiran chauvinisme serta totaliterisme. Contoh patriotisme buta yaitu; Hitler (Jerman), dan Mussolini (Italia) yang melakukan pembantaian kepada manusia dengan mengatasnamakan patriotisme.


2. Patriotisme Konstruktif


Patriotisme konstruktif ialah rasa cinta pada tanah air dan bangsa dengan mempertimbangkan serta mendukung persepsi orang lain. Jenis patriotisme tersebut ditandai dengan ciri ciri tertentu, contohnya; adanya permintaan akan kesetiaan serta kecintaan rakyat dengan memikirkan masukan serta kritik, ada penilaian konkret, serta menghargai nilai-nilai kemanusiaan.




Contoh Sikap Patriotisme



  1. Membeli serta menggunakan produk-produk buatan dalam negeri, baik untuk keperluan utama ataupun sekunder dan tersier.

  2. Demi mempertahankan kelestarian budaya bangsa.

  3. Menjadikan Pancasila untuk pemikiran hidup dalam kehidupan berbangsa serta bernegara.

  4. Mengikuti serta menghormati aktivitas upacara hari besar kenegaraan.

  5. Turut ikut dalam aktivitas bakti sosial guna membantu masyarakat yang kurang bisa.

  6. Menjaga serta memelihara kelestarian lingkungan hidup.

  7. Menjaga serta memelihara fasilitas biasa jadi bisa digunakan secara terus menerus.

  8. Menghormati dan menghargai para guru, orang renta, serta orang-orang yang ada di sekitar kita.

  9. Patuh pada peraturan yang berlaku di dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa serta bernegara.


Demikianlah artikel dari pengajar.co.id ihwal Patriotisme Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Kita Semua!


Advertisement