Gudang Informasi

√ Paragraf Alasan Yakni

√ Paragraf Alasan Yakni
√ Paragraf Alasan Yakni

Pada potensi kali ini pengajar.co.id akan membahas materi mengenai Paragraf Argumentasi yang mana mengulas mengenai pemahaman, ciri-ciri, jenis dan contohnya.Paragraf-Argumentasi-Adalah




Pengeritan Paragraf Argumentasi


Paragraf alasan yakni paragraf yang mengungkapkan pendapat (argumen) dan karena. Paragraf ini untuk menggambarkan wangsit-ilham utama dengan usulan, komentar atau ilham-inspirasi penulis diikuti dengan bukti, acuan, data, fakta atau lainnya. Hal ini dijalankan untuk memperkuat pendapat yang diungkapkan dalam paragraf sehingga pembaca merasa percaya diri dan oke dengan aliran penulis.




Ciri-Ciri Paragraf Argumentasi


Berikut dibawah ini ciri-ciri Paragraf Argumentasi :



  • Mengemukakan pandangan baru atau usulan dari penulisnya.

  • Mengemukakan argumentasi yang disokong oleh data atau fakta yang diperoleh dari hasil wawancara, angket observasi lapangan, penelitian kepustakaan dan observasi.

  • Pendapat yang disampaikan harus logis.




Jenis-Jenis Paragraf Argumentasi


Berikut dibawah ini jenis-jenis Paragraf Argumentasi :



  • Paragraf Argumentasi Sebab – Akibat

    Paragraf alasan alasannya dan balasan dimulai dengan pendapat dalam bentuk alasannya-sebab duduk perkara tertentu, yang pada hasilnya diarahkan ke kesimpulan universal dan disebut efek dari karena-alasannya ini.

  • Paragraf Argumentasi Akibat – Sebab

    Ditafsirkan sebagai kebalikan dari berbagi paragraf alasan dan kekerabatan karena-akibat. Untuk paragraf, argumentasi akibat-sebab perkembangan dimulai dengan menjabarkan suatu kondisi dan ialah efek dari sebuah problem.Dari sini, paragraf dikembangkan menjadi inti masalah dan menjadi penyebab atau pemicu terjadinya kejadian sebelumnya.




Contoh Paragraf Argumentasi


Berikut dibawah ini 11 Contoh Paragraf Argumentasi




  1. Contoh Paragraf Argumentasi Singkat


    Setiap manusia harus senantiasa memupuk dan membuatkan jiwa kepahlawanan. Karena dengan jiwa  kepahlawanan, kemajuan di suatu negara akan baik-baik saja.Jiwa rasa kepahlawan dapat dikembangkan menjadi nilai-nilai dan huruf kepribadian yang mulia, bertanggung jawab, berdedikasi dan sarat kasih sayang dari orang lain.


    Sifat ini diharapkan untuk mendukung pembangunan negara di semua bidang. Salah satunya adalah mendidik rasa kepedulian terhadap satria terbaru, yaitu guru. Mungkin bias dengan melalui untaian puisi guru yang khusus.



  2. Contoh Paragraf Argumentasi Tentang kesehatan


    Tubuh manusia membutuhkan air mineral. Konsumsi air mineral memiliki aneka macam manfaat. Beberapa manfaat air mineral ialah menghilangkan racun atau detoks dalam badan, mengapa? Dengan mengonsumsi setidaknya 1 L air mineral sehari, pembuangan urin akan tanpa kendala.


    Dari pembuangan urine segala racun atau detoks yang ada dalam badan akan lebih singkat dituntaskan dari pada mereka yang mengonsumsi kurang dari 1 L air mineral per hari. Dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi kurang 1 L air mineral sehari.


    Pembuangan urine tidak selancar dengan mereka yang monkonsumis air mineral 1 liter sehari. Selain memiliki kegunaan untuk menghilangkan racun atau zat-zat berbahaya dari badan air mineral juga bias mempertahankan stamina dan badan tidak mudah lesu




  3. Contoh Paragraf Argumentasi Tentang kesehatan 2


    Kebiasaan masyarakat yang sering begadang, tidur larut ialah hal yang masuk akal bagi warga negara Indonesia. Mungkin tidak cuma di Indonesia, namun di seluruh dunia melakukan kebiasaan ini.


    Perlu dikenang bahwa begadang ialah kebiasaan buruk untuk dikerjakan secara terorganisir. Jika tidak ada yang mendesak atau penting, lebih baik tidak melakukannya.


    Karena imbas buruk begadang banyak. Seperti melemahnya sistem kekebalan tubuh, penambahan berat badan, mensugesti kesuburan, sukar tidur, dan sebagainya.


    Maka, kegiatan rutin mirip ini tidak untuk ditiru. Segera tidur jikalau tubuh mengantuk atau telah kecapekan.




  4. Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Agama


    Agama Islam ialah salah satu agama terluas di Indonesia sejak periode penjajahan Indonesia. Dizaman ini, Islam yakni agama yang mendominasi warga negara Indonesia ini. Yang memiliki pengikut lebih dari 80% populasi di Indonesia. Islam sudah masuk ke Indonesia oleh para penjualdari Timur Tengah. Dengan berdagang, mereka mengembangkan agama Islam, karena keramahan mereka. Tidak sedikit sedikit orang Indonesia yang terpesona dengan Islam.


    Selain keramahtamahan para pedagang terhadap orang Indonesia, Islam juga ternyata adalah agama yang benar. Ini mampu dibuktikan dengan kitab panutan umat islam ialah Al-Quran dan Sunnah. Karena selama ratusan tahun, kedua aliran Muslim ini sudah mampu menggambarkan kehidupan kurun depan. Dan ini salah satu bukti bahwa Islam ialah agama yang benar.




  5. Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Narkoba


    Pemerintah mesti terus merevisi undang-undang terkait narkoba. Sebab, saat ini, ada banyak jenis narkoba gres yang muncul. Menurut data yang diterbitkan dalam World Drugs Report pada 2016 – yang dilaporkan di situs web Detik, ada 644 jenis narkoba gres sudah timbul di berbagai penggalan dunia, di mana 65 di antaranya sudah masuk ke Indonesia. Sayangnya, dari 65 jenis, hanya 43 yang terdaftar dalam undang-undang.


    Kava ialah salah satu jenis narkoba gres. Jenis narkoba yang berbentuk minuman herbal ini didapatkan oleh Badan Pengawasan Obat Nasional (BNN) Jakarta Utara sesudah penggerebekan di kawasan Koja, Jakarta utara. Sayangnya, para pengguna narkoba ini tidak dapat dirawat secara hukum alasannya kava belum terdaftar di undang-undang. Oleh alasannya adalah itu, undang-undang narkoba perlu direvisi sehingga jenis narkoba yang gres saja masuk ke Indonesia dapat dicatat secara rinci. Dengan cara ini, pengedar gres dan pengguna narkoba dapat dirawat secara aturan, dan masalah-masalah di kota Koja tidak terjadi lagi. Selain itu, masyarakat menjadi sadar akan jenis narkoba gres dan mengenalinya, yang memungkinkan mereka untuk lebih berhati-hati bila jenis narkoba itu ada disekitaran mereka.




  6. Contoh Paragraf Argumentasi Tentang pendidikan


    Pendidikan di Indonesia pasti masih belum tersebar dengan merata, bahkan di beberapa tempat ada tempat dan pendidikan yang masih belum pantas. Contoh di beberapa daerah terpencil dalam hal akomodasi dan ketentraman masih kurang. Bahkan di beberapa daerah, pendidikan mesti menempuh jarak puluhan kilometer. Dibandingkan dengan negara lain, Indonesia masih kekurangan dalam hal pendidikan, walaupun keberadaan pendidikan yang memadai akan menumbuhkan cikal bakal anak-anak negara.




  7. Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Sekolah


    Sekolah Sekolah Menengah kejuruan PGRI Tanjung Raja meraih penghargaan selaku sekolah terbaik yang berada di Indonesia. Banyak sekali menciptakan siswa-siswi berprestasi oleh sekolah Sekolah Menengah kejuruan PGRI Tanjung Raja ini.


    Hal seperti ini terbukti dengan adanya para juara-juara yang berpartisipasi di Olimpiade yang sukses dari sekolah ini. Tidak cuma itu, prestasi membanggakan yang lain selain dibidang ekonomi akuntansi, ada bidang lain yang juga berprestasi semisal otomotif.


    Satu tahun yang kemudian, sekolah ini mengantarkan 30 atlet selaku perwakilan Indonesia dalam kejuaraan ajang Sea Games semisal lari, sekolah ini sudah mengikuti persaingan kontes lari internasional di London, Inggris.


    Prestasi yang membanggakan itu tidak terjadi begitu saja, semua itu alasannya adalah adanya perjuangan dari para dewan guru dan pihak komite sekolahan yang senan tiasa bekomitmen supaya mampu menghasilkan anak latih dengan nilai kelulusan berbaik.




  8. Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Lalu Lintas


    Ada banyak masalah tilang bulan ini. Inilah yang dikatakan Polisi Nasional Indonesia di wilayah Sumatera Selatan. Cukuplah untuk mengatakan bahwa banyak dari aneka macam pelanggaran yang dijalankan oleh penduduk.


    Menurut data perkara tilang kemudian lintas, pada umumnya dari mereka tidak memakai helm. Walaupun ini sangat penting bagi pengemudi itu sendiri, dia perlu berjaga-jaga untuk menangkal hal-hal yang tidak dikehendaki terjadi ketika mengemudi.


    Mungkin karena mereka tidak menghiraukan dengan keselamatan, mereka cuma meremehkan dan terus melaksanakan pelanggaran ini. Kami pikir mereka akan berjalan dengan baik dalam lalu lintas. Namun buktinya tidak, masih banyak kecelakaan di Indonesia.


    Karena itu, sungguh penting untuk tetap waspada kepada duduk perkara ini. Polisi juga harus terus menyingkir dari warga yang terus membandel. Demi kebaikan mereka sendiri sehingga hal-hal kecil yang tidak diinginkan tidak terjadi.




  9. Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Lingkungan


    Musim kemarau saat ini adalah kekeringan paling parah dalam 10 tahun terakhir. Selama 6 bulan, hujan tidak turun, yang mengeringkan tanah dan sumber air. Menurut BMKG, diperkirakan tahun ini cuma akan turun hujan di bulan mendatang.


    Jika ini terjadi, mampu dipastikan demam isu kemarau tahun ini bukanlah kemarau, sebab berlangsung selama 7 bulan. Pada ketika yang sama, berdasarkan data BMKG dari tahun kemudian, kekeringan hanya terjadi selama 5 bulan. Sebagai teladan, banyak petani kehilangan uang karena kegagalan panen sebab tidak ada air mengalir di sawah mereka.




  10. Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Sosial Budaya


    Saat ini, banyak dewasa mempunyai sikap jelek dan tidak baik di penduduk . Mengganggu ketenangan para warga yang sedang beristirahat.


    Remaja ketika ini lagi jamannya balap liar. Meskipun ini melanggar aturan dan sungguh tidak bermoral.


    Dengan begitu, masyarakat  yang sedang beristirahat akan terusik oleh kegaduhan sepeda motor.


    Bukti ini dikumpulkan dari polisi yang menangkap banyak anak muda yang balapan liar di malam hari. Untuk hari-hari ini, polisi harus lebih sering merazia bawah umur muda yang masih berlatih menjadi pebalap liar.


    Itu juga harus diawasi oleh orang tua dan dengan hukum yang ketat semoga mereka tidak keluar larut malam. Sehingga bisa mengurangi terjadinya acara jelek ini.


    Sangat disayangkan bahwa anak absen sekolah alasannya kecapekan dari balapan. Bahkan di puncak kenakalan, anak itu ingin meninggalkan sekolah sebab memikirkan sobat-temannya, sekolah itu tidak persoalan.


    Jika ini terus berlanjut, banyak anak bangsa akan kehilangan era depan mereka.




  11. Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Ekonomi


    Saat ini, pendidikan di Indonesia mempunyai ongkos yang dapat dianggap terlalu mahal, meskipun pemerintah telah mendistribusikan hibah, tetapi siswa masih harus membayar biaya sekolah seperti seragam, dll. .


    Biaya pendidikan yang tinggi ini tidak hanya untuk sekolah dasar, tetapi juga untuk mahasiswa.


    Karena terlalu mahal sebagian besar lulusan sekolah menengah lebih menentukan untuk bekerja langsung daripada memburu pendidikan tinggi, dapat dikatakan bahwa pendidikan Indonesia tidak setara dan berfokus pada mereka yang mampu.


    Sementara itu, mereka yang belum bisa melanjutkan ke pendidikan tinggi hanya bisa bermimpi.




Demikianlah postingan dari pengajar.co.id yang mengulas perihal Paragraf Argumentasi Adalah : Pengertian, 11 Contoh, Ciri, dan jenis, supaya mampu berfaedah dan lebih menambah pengetahuan anda.


Advertisement