Gudang Informasi

Opini Yakni

Opini Yakni
Opini Yakni

Kesempatan Kali ini Pengajar.co.id ingin membagikan artikel perihal Opini Berikut Penjelasannya:


Opini Adalah




Pengertian Opini Adalah


Opini adalah suatu pendapat, balasan, pandangan, serta hasil pikiran seseorang dalam menerangkan dan merespon sebuah hal tetapi bersifat tidak objektif yang belum pasti kebenarannya.


Opini mampu dikatakan suatu pertimbangan , pikiran, atau tanggapan seseorang atau kalangan yang belum dianggap kebenarannya. Dengan kata lain, opini sifatnya subjektif dan setiap orang mampu saja mempunyai usulan yang berlawanan-beda perihal sebuah kejadian atau objek.


Opini ialah sebuah persepsi atau pertimbangan eksklusif seseorang guna menjelaskan sebuah peristiwa atau hal tertentu, baik yang belum terjadi ataupun yang telah terjadi.




Ciri-ciri Opini


1. Bersifat Subjektif


Isi suatu opini yakni pengertian dari evaluasi seseorang tentang sebuah kejadian yang mana usulan itu berasal dari pengetahuan, pengalaman, keinginan serta harapan. Dengan kata lain, setiap orang kemungkinan besar akan mempunyai pendapat yang berlawanan-beda perihal suatu peristiwa yang sama.


2. Menjelaskan Terkait Hal Tertentu


Isi suatu opini menerangkan tentang sesuatu hal (insiden dan objek), dengan memperhatikan tanda-tanda-gejala kemudian menunjukkan prediksi, keinginan, serta saran pada hal itu.


3. Kebenarannya Masih Diragukan


Isi sebuah opini belum mampu dipastikan kebenarannya sehingga mesti diuji dan dibuktikan. Itulah sebabnya dalam mengungkapkan opini biasanya senantiasa menggunakan kata mungkin, misal, menurut saya, dsb.




Unsur-unsur Opini


1. Nilai Kepercayaan


Biasanya seseorang mengungkapkan opini pada sebuah hal didasari oleh adanya kepercayaan. Nilai akidah tersebut terbentuk mampu dipengaruhi oleh Agama, Politik, Budaya, dsb.


Nilai iman mempunyai pengaruh yang sangat besar untuk seseorang ketika menyampaikan pendapatnya. Itulah asalan mengapa orang-orang yang mempunyai latar belakang iktikad yang serupa cenderung mempunyai opini yang serupa.


2. Sikap


Sikap seseorang dalam menyikapi suatu insiden akan melahirkan suatu opini. Adapun pernyataan perilaku itu bentuknya mampu membenarkan atau menyanggah info lain yang dilihat atau didengar melalui suatu media.


3. Persepsi


Opini publik bisa terbentuk sebab adanya pandangan pertolongan makna kepada suatu kejadian. Saat seseorang menerima gosip tertentu maka ketika itu akan terjadi evaluasi pada penyebab serta kemungkinan yang mampu terjadi, serta pada akibatnya akan menciptakan sebuah opini.




Jenis-jenis Opini


1. Opini Pribadi


Opini eksklusif yaitu sebuah usulan atau pandangan seseorang pada suatu hal yang tidak dipengaruhi oleh usulan dari orang lain. Biasanya opini pribadi tidak diungkapkan secara publik alasannya sifanya langsung, meskipun pada kasus tertentu hal itu dikerjakan.


2. Opini Kelompok


Opini kelompik yaitu suatu usulan atau persepsi sekelompok orang pada suatu hal yang menyangkut kepentingan orang banyak. Opini kelompok tersebut berisikan lebih banyak didominasi serta minoritas, yang ditandai dengan kuantitas (jumlah) pro dan kontra pada suatu peristiwa.


3. Opini Publik


Opini publik ialah suatu persepsi atau usulan yang muncul di dalam diri seseorang sesudah adanya perbincangan dengan orang lain. Dengan kata lain, opini publik timbul dari suatu diskusi dalam menyikapi hal tertentu serta menghasilkan suatu kesimpulan kemudian menjadi opini bareng .


4. Opini Umum


Opini lazim ialah suatu persepsi atau pendapat yang ada secara umum serta dipahami dengan bantu-membantu oleh penduduk . Dengan kata lain, penduduk mempunyai persepsi yang sama wacana sebuah peristiwa sehingga tak ada pro dan kontra.




Contoh Kalimat Opini



  1. “Pendapat saya, guru dan orang tua murid harus keras dalam mendidik anak biar menciptakan pribadi yang bagus.”

  2. “Kamu pagi ini bagus sekali.”

  3. “Kamu cocok sekali memakai baju itu. “

  4. “Karena angin sangat kencang berdasarkan aku akan turun hujan nanti.”

  5. “Menurut saya pasti guru kita tidak masuk.”


Demikianlah postingan dari pengajar.co.id tentang Opini Semoga Bermanfaat


Advertisement