Gudang Informasi

Memo Yakni

Memo Yakni
Memo Yakni

Kesempatan Kali Ini Pengajar.co.id ingin membagikan postingan tentang Memo Berikut Penjelasannya:


Memo Adalah


 




Pengertian Memo Adalah


Memo atau pesan ringkas yakni bentuk surat atau pesan yang dibentuk secara ringkas, padat serta terang yang diberikan kepada seseorang.


Berdasarkan oemakaian, jenis memo ada yang bersifat resmi serta ada yang tidak resmi (sifatnya langsung). Memo resmi dibentuk selaku surat pernyataan korelasi resmi dari pimpinan terhadap bawahannya (memo yang dikeluarkan oleh forum, instansi serta organisassi). Memo tidak resmi digunakan selaku nota atau surat pernyataan tidak resmi antar sobat, saudara, serta orang lain yang memiliki hubungan bersahabat (diberikan untuk orang yang ada atau terlibat dalam organisasi, forum serta instansi).


Memo yaitu surat yang dibuat khusus guna kebutuhan dalam kantor atau organisasi. Memo bisa disampaikan secara horizontal maupun secara vertikal. Penyampaian secara horizotal yakni penyampaian memo terhadap pihak yang memiliki jabatan setara, sementara penyampaian secara vertikal adalah penyampaian memo dari atasan terhadap bawahannya maupun sebaliknya guna mengingatkan serta memerintahkan sesuatu.




Struktur Memo


1. Kepala Memo


Kepala Memo berisi kop memo (pada memo resmi), nama pengantarserta nama penerima.


2. Badan Memo


Badan Memo berisi  isi memo.


3. Kaki Memo


Kaki Memo berisi  tanda tangan sera nama jelas pembuat memo.




Ciri-ciri Memo



  1. Bentuk komunikasi yang isinya nasehat, isyarat, serta penerangan tentang sesuatu hal.

  2. Mempunyai bagian surat yang lebih sederhana dibandingkan dengan dengan surat resmi kebanyakan, terutama di bagian isi surat.

  3. Biasanya tidak mencantumkan identitas kantor, contohnya nama kantor, nomor telepon, faksimili, serta instruksi pos secara lengkap alasannya peredarannya terbatas.




Tujuan dan Fungsi Memo


Tujuan penulisan memo adalah untuk meminta atau memberikan info maupun petunjuk pada seseorang yang ahli.


Fungsi memo adalah selaku bentuk komunikasi yang berisi instruksi, usul, serta informasi wacana sesuatu yang wajib dilakukan maupun terselesaikan secara eksklusif.




Contoh Memo


1. Memo Resmi


Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Selatan


Sekolah Menengah Atas Negeri 2


MEMO


26 Februari 2017


Dari : Kepala Sekolah


Kepada : Seluruh Dewan Guru dan Staff


Dimohon untuk semua dewan guru serta staff guna ikut dalam mengingatkan para siswa untuk gerakan cinta lingkungan jadi para siswa berpengalaman serta sudah biasa untuk membuang sampah pada tempatnya, membuang sampah sesuai dengan jenis sampahnya, serta tidak memetik flora atau bunga disekitar sekolah (hal-hal yang merusak keindahan serta kelestarian lingkungan sekitar sekolah). Terimakasih


Kepala Sekolah


Syarif Udin


2. Contoh Memo Tidak Resmi


Dari : Tasya


Untuk : Lala


Lala, rok yang saya jahitkan di tempatmu kemarin aku kembalikan. Ada beberapa bab yang tidak rapi serta sungguh mengganggu waktu dikenakan. Bagian yang perlu diperbaiki sudah aku tandai serta aku beri catatan. Aku sangat buru-buru jadi tidak mampu menemuimu pribadi. Aku menitipkan ini kepada ibumu. Aku minta tolong untuk eksklusif diperbaiki alasannya rok itu akan aku kenakan dikala pesta pernikahan sepupuku lusa.


Terimakasih, Lala, Maaf merepotkanmu.


Tertanda,



Tasya


Demikianlah artikel dari pengajar.co.id wacana Memo Semoga Dapat Bermanfaat!


Advertisement