Gudang Informasi

√Masyarakat Yaitu

√Masyarakat Yaitu
√Masyarakat Yaitu

Pada kesempatan Kali Ini Pengajar.co.id ingin membagikan postingan ihwal Masyarakat Berikut Adalah Penjelasannya:


√ Definisi Masyarakat Menurut Para Ahli : Pengertian, Ciri dan Fungsinya


Pengertian Masyarakat


Secara biasa Pengertian Masyarakat yakni sekumpulan orang yang hidup bersama, bekerja sama untuk mendapatkan kepentingan bersama yang sudah mempunyai tatanan kehidupan, norma-norma dan adat istiadat yang dipatuhi dalam lingkungannya. Kata penduduk berasal dari bahasa inggris adalah “society” yang artinya “penduduk ”, kemudian kata society berasal dari bahasa latin yakni “societas” yang artinya “kawan”. Sedangkan masyarakat yang berasal dari bahasa arab yaitu “musyarak”.


Pengertian penduduk dibedakan menjadi dua yakni pemahaman penduduk dalam arti luas dan pemahaman masyarakat dalam arti sempit. Pengertian Masyarakat dalam Arti Luas merupakan keseluruhan hubungan hidup bareng tanpa dengan dibatasi lingkungan, bangsa dan sebagainya. Sedangkan Pengertian Masyarakat dalam Arti Sempit yaitu sekelompok orang yang dibatasi oleh kalangan, bangsa, teritorial dll.




Pengertian Masyarakat Menurut Definisi Para Ahli


Berikut dibawah ini definisi masyarakat menururt para hebat


1. Menurut Paul B.


Dia mengatakan pendapatnya bahwa pemahaman penduduk ialah sekumpulan insan yang secara relatif mandiri, yang hidup bersama-sama yang cukup usang, yang menempati sebuah daerah tertentu, memiliki kebudayaan yang sama serta melakukan sebagian besar aktivitas dalam kalangan itu.


2. Menurut Abdul Syani


Dia menyampaikan bahwa pengertian masyarakat yakni berkumpul, bareng , hidup bersama dan saling berafiliasi serta saling menghipnotis.


3. Menurut Richard T. Schaefer dan Robert P. Lamm


Dia menyampaikan pendapatnya bahwa pemahaman penduduk ialah sejumlah besar orang yang tinggal dalam daerah yang serupa, relatif independen dari orang-orang di luar itu, dan mempunyai budaya yang relatif sama.


4. Menurut Soerjono Soekanto


menyampaikan bahwa pengertian penduduk yakni proses terjadinya interaksi sosial, sebuah interaksi sosial tidak akan mungkin terjadi jikalau tidak menyanggupi dua syarat adalah kontak sosial dan komunikasi.


5. Menurut John J. Macionis


Adalah orang-orang yang berinteraksi dalam sebuah wilayah tertentu dan mempunyai budaya bareng .


6. Menurut Gillin & Gillin


mengatakan bahwa pengertian penduduk ialah kalangan manusia yang mempunyai kebiasaan tradisi, sikap dan perasaan persatuan yang diikat oleh kebersamaan.


7. Menurut Selo Sumardjan


mengatakan bahwa pengertian masyarakat ialah orang-orang yang hidup bersama dan menciptakan kebudayaan.




Ciri-ciri Masyarakat


Adapun ciri-ciri masyarakat, sebagai berikut


1. Manusia Yang Hdup Berkelompok


Manusia yang hidup secara bahu-membahu dan lalu membentuk suatu kalangan. Dari kalangan yang dibuat tersebut kemudian menjadi masyarakat. Mereka mengetahui satu sama lain dari setiap anggota masyarakat serta saling ketergantungan. Kesatuan sosial ialah perwujudan yang terjadi dalam hubungan sesama insan. Seorang insan tidak bisa meneruskan hidupnya tanpa bergantung dengan orang lain.


2. Yang Melahirkan Kebudayaan


Dalam konsepnya, tidak ada suatu masyarakat yang tidak memiliki budaya. Masyarakat yang melahirkan kebudayaan serta budaya tersebut kemudian diwarisikan dari generasi ke generasi dengan adanya proses-proses pembiasaan.


3. Mengalami Perubahan


contohnya yang terjadi dalam budaya, suatu masyarakat juga akan mengalami pergeseran. Perubahan tersebut mampu terjadi sebab beberapa faktor yang berasal dari masyarakat itu sendiri. Contohnya mirip : terdapat inovasi baru yang mungkin saja bisa menimbulkan pergantian terhadap sebuah masyarakat itu sendiri.


4. Manusia Yang Berinteraksi


Interaksi yang terjadi mampu secara lisan ataupun tidak dan suatu komunikasi berlaku bila terdapat penduduk berjumpa dengan satu sama lain.


5. Terdapat Kepimpinan


Pemimpin mampu berisikan ketua keluarga, ketua negara dan sebagainya. Dalam masyarakat Melayu pada awal kepimpinannya bercorak tertutup, karena penyeleksian yang menurut keturunan.


6. Terdapat Stratifikasi Sosial


Stratifikasi sosial adalah keberadaan salah satu orang pada suatu kedudukan dan peranan yang mesti dijalankan dalam sebuah penduduk .




Fungsi Masyarakat


Berikut dibawah ini fungsi penduduk adalah :


1. Social Alignment


Social Aligment ialah suatu metode dengan pengelompokkan yang menurut kekerabatan, jenis kelamin, umur, aneka macam bentuk dari perkumpulan yang menurut pekerjaan sama, kedudukan atau status peranan.


2. Social Controls


Social Controls adalah suatu tata cara dan proses yang bermaksud untuk mengontrol aktivitas dan juga tingkah laku dari tiap individu penduduk . Sistem ini bisa disebut sebagai sistem pengendalian sosial yang bermaksud untuk menertibkan tiap anggota penduduk untuk menertibkan kehidupannya.


3. Social Media


Social Media ialah sebuah perlengkapan dan peralatan, yang mampu berbntuk benda ataupun suatu bahasa yang kemudian dijadikan selaku media bagi para anggota masyarakat untuk melangsungkan interaksi serta komunikasi dengan sesamanya.


4. Social Standart


Social Standart ialah sebuah ukuran sosial yang dipakai untuk menganggap dan memilih seluruh acara dan menganggap efektif atau tidaknya sebuah kegiatan.


Demikianlah artikel ihwal √ Masyarakat Adalah : Pengertian, Ciri dan Fungsinya dari pengajar.co.id supaya berfaedah.


Advertisement