Gudang Informasi

√Letak Geologis Indonesia Adalah

√Letak Geologis Indonesia Adalah
√Letak Geologis Indonesia Adalah

Dimanakah letak geologis Indonesia? Letak geologis suatu negara yakni letak suatu kawasan yang menurut susunan batuannya. bermakna pengertian letak geologis adalah letak suatu negara yang dilihat dari keadaan bebatuannya yang terdapat dalam bab bumi di daerah tersebut.


Bagaimana dengan letak negara Indonesia secara geologis? Secara geologis, Indonesia berada di antara pegunungan besar, dan berada di antara beberapa tempat dangkalan yang menjadi titik konferensi beberapa lempeng litosfer di dunia. Berikut dibawah ini klarifikasi letak geologis Indonesia.


√Letak Geologis Indonesia: Pengertian, Pengaruh dan Keuntungannya Lengkap



  1. Indonesia dilewati oleh dua pegunungan besar di dunia adalah rangkaian Sirkum Meditrania dan Sirkum Pasifik.

  2. Indonesia berada di konferensi tiga lempeng lithosfer adalah lempeng Indo-Australia, lempeng Eurasia dan lempeng Pasifik.

  3. Indonesia berada di tiga kawasan dangkalan yaitu dangkalan Sunda, dangkalan Sahul dan tempat maritim pertengahan Australia Asiatis.

  4. kondisi geologis Indonesia yang mempunyai banyak gunung api ini memiliki pengaruh kasatmata dan negatif. yang menyebabkan tanah di Indonesia mempunyai tingkat kesuburan yang sungguh tinggi dan juga mampu menjadikan sering terjadinya petaka yang disebabkan insiden vulkanik.




Pengertian Letak Geologis Indonesia


Letak geologis adalah letak suatu wilayah dilihat dari susunan bebatuannya. Letak ini bisa diperhatikan dari jenis-jenis batuan yang dikandung suatu kawasan dan tidak bisa dilepaskan dari proses terjadinya pegunungan. utamanya Indonesia yang memiliki banyak rangkaian pegunungan, baik mati atau masih aktif.




Pengaruh Letak Geologis Indonesia


Wilayah negara Indonesia yang terletak di antara pegunungan besar, terletak di beberapa tempat dangkalan serta menjadi titik berjumpa nya beberapa lempeng litosfer di dunia ini yang menyebabkan beberapa pengaruh. Tentu efek yang ditimbulkan dapat berupa keuntungan maupun kerugian. Apa saja akhir letak geologis Indonesia? Berikut di bawah ini ialah dampak letak geologis Indonesia :



  1. Wilayah Indonesia mempunyai banyak gunung api yang aktif khususnya di daerah Indonesia bab barat dikarenakan daerah barat dilalui oleh rangkaian sirkum pegunungan mediterania.

  2. Indonesia menjadi negara rawan gempa bumi, tsunami dan gunung berapi alasannya adalah letak tektonik daerah Indonesia di antara pertemuan tiga lempeng lithosfer.

  3. Indonesia memiliki kesuburan tanah yang bagus untuk pertanian dan perkebunan karena acara gunung merapi yang menciptakan tanah vulkanik.

  4. Terdapat banyak sekali sumber daya alam berupa tambang dan mineral yang ada di daerah negara Indonesia karena adanya cekungan sedimen yang di akibat aktifitas tektonik di kawasan negara Indonesia.

  5. Laut di Indonesia barat memiliki kedalaman bahari dalam, sedangkan kawasan Indonesia tengah dan timur berisikan lautan dengan kedalaman yang dangkal alasannya kondisi geologis Indonesia yang dilalui oleh dangkalan Sunda dan dangkalan Sahul.

  6. Indonesia memiliki keragaman hayati (tumbuhan dan fauna) yang tinggi alasannya wilayah Indonesia di antara tiga kawasan dangkalan.

  7. Pegunungan yang berada di Indonesia ialah rangkaian pegunungan muda dari sirkum Mediterania dan rangkaian sirkum Pasifik.

  8. Sering timbul gunung api di tengah-tengah bahari terutama di kawasan Indonesia bab barat yang dilalui oleh rangkaian sirkum Mediterania.


Berarti mampu disimpulkan bahwa letak sebuah kawasan berpengaruh besar kepada sumber daya yang ada di daerah tersebut. Letak geologi Indonesia mengakibatkan banyaknya sumber daya alam yang berada di Indonesia mulai dari mineral ragam flora dan fauna.dan kerugian letak geologis Indonesia adalah negara ini menjadi riskan petaka, baik gempa bumi maupun tsunami.




Keuntungan Letak Geologis Indonesia


Keuntungannya yakni negara Indonesia yang terletak pada sirkum pegunungan, mempunyai peluangalam tenaga panas bumi yang bisa dimanfaatkan selaku pembangkit listrik. Sebab itu banyaknya gunung api di Indonesia menimbulkan tanah Indonesia menjadi subur sebab hasil letusan gunung api akan menyuburkan tanah yang dikenal dengan tanah vulkanis.


Demikianlah postingan dari pengajar.co.id wacana Letak Geologis Indonesia Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Kita Semua!



Advertisement