Gudang Informasi

√ Karangan Eksposisi Yaitu

√ Karangan Eksposisi Yaitu
√ Karangan Eksposisi Yaitu

Pada peluang kali ini pengajar.co.id akan membuat artikel yang berjudul Karangan Eksposisi yang mana mengulas tentang pemahaman, Ciri-ciri, Jenis-jenis dan Contoh.Karangan-Eksposisi-Adalah




Pengertian Karangan Eksposisi


Karangan Eksposisi ialah salah satu jenis karangan yang menawarkan isu wacana sesuatu dan disampaikan sejelas mungkin kepada pembaca. Tujuan penulisan karangan eksposisi yakni untuk menyampaikan isu atau wawasan gres terhadap pembaca. Nama lain untuk karangan eksposisi yakni karangan positif. Hal mirip ini dikarenakan dalam karangan ini dibahasa tentang sesuatu yang konkret berdasarkan observasi. Fakta-fakta yang dihidangkan dalam karangan eksposisi mampu dipertanggung jawabkan.




Ciri-Ciri Teks Eksposisi


Berikut dibawah ini ialah Ciri-ciri teks eksposisi



  • Menjelaskan berita-informasi pengetahuan

  • Berusaha menerangkan perihal sesuatu

  • Gaya gosip yang mengajak

  • Singkat, Padat, Akurat

  • Biasanya menjawab pertanyaan apa, siapa, kapan, dimana, mengapa, bagaimana

  • Tak memihak, yang memiliki arti tak memaksakan kemauan penulis pada pembaca

  • Gaya bersifat informatif

  • Fakta dipakai selaku alat bantuan

  • Fakta digunakan sebagai alat bantuan dan alat kontritasi

  • Berusaha menjelaskan sesuatu

  • Penyampaian secara lugas serta menggunakan bahasa yang baku

  • Fakta juga dipakai sebagai alat konkritasi

  • Paragraf eksposisi biasanya menjawab ihwal askadimega




Struktur Teks Eksposisi


Berikut dibawah ini tiga struktur teks eksposisi :




  1. Tesis


    Tesis atau diketahui juga selaku bab dari pernyataan pertimbangan adalah bagian dari teks pameran yang berisi pernyataan pertimbangan dan pendapat penulis yang berhubungan dengan topik yang mau dibahas. Bagian ini umumnya didapatkan dalam pembukaan teks festival di awal paragraf.




  2. Argumen


    Argumentasi menjadi salah satu struktur teks presentasi yang berisi argumentasi untuk memperkuat argumen penulis dikala ia menyepakati atau menolak ide yang disajikan di atas dan menjadi subjek diskusi teks penyajian.


    Pada bagian argumentasi, penulis menulis fakta dan pernyataan yang memperkuat usulan pribadinya dan yang biasanya menambahkan sumber-sumber hebat dan pakar yang sah dan dapat dipercaya di bidangnya masing-masing.



  3. Penegasan kembali


    Bagian terakhir dari struktur teks ekspo ialah pengulangan. Penegasan ini biasanya ditempatkan di akhir teks pada akhir paragraf. Konten memperlihatkan bahwa penegasan kembali pernyataan sebelumnya ibarat kesimpulan sehingga pembaca mampu lebih mengetahui konten teks.






Jenis-Jenis Teks Eksposisi


Berikit dibawah ini merupakan jenis-jenis teks eksposisi :



  • Deskripsi

  • Narasi

  • Argumentasi

  • Eksposisi

  • Persuasi.


Tujuan Karangan Eksposisi


Adalah untuk memaparkan atau menerangkan sesuatu biar bisa memperbesar wawasan pembaca. Oleh sebab itu, topik yang dikembangkan dalam paragraf eksposisi berhubungan dengan penyampaian suatu informasi.




Cara Membuat Karangan Eksposisi



  1. Menentukan temanya

  2. Memilih data penunjang sesuai dengan tema khusus

  3. Membuat kerangka karangan

  4. Mengembangkan kerangka sehingga menjadi karangan yang utuh.


Saat melakukan karangan eksposisi, penulis harus mengetahui detail perihal topik yang hendak dibahas dan kemudian membaginya dalam urutan kronologis. Urutan kronologis dalam membuat karangan eksposisi yaitu klarifikasi perihal proses terjadinya atau masalah yang timbul dalam topok, urutan fungsional, analisis karena akibat dan analisi perbandingannya.




Contoh Karangan Eksposisi


Berikut dibawah ini 11 pola karangan eksposisi :




  1. Contoh Karangan Eksposisi Tentang Makanan




Nasi goreng yakni salah satu kuliner khas Indonesia. Makanan ini yakni salah satu makanan paling enak kedua di dunia versi global CNN. Selain rasanya yang yummy, masakan ini juga mampu didapatkan di mana-mana dengan varian yang berbeda. Proses pembuatan nasi goreng itu sendiri sebetulnya cukup sederhana, proses pembuatannya sebagai berikut.



  • Siapkan sepiring nasi putih, bawang merah dan putih satu siung, sebutir telur, garam dan gula seperlunya, kecap sesuai selera dan siapkan juga mentega atau minyak goring seperlunya.

  • Siapkan juga alat-alat mirip, wajan, piring, kompor, pisau, sendok dan spatula.

  • Potong sampai halus bawang merah dan bawang putih terlebih dulu.

  • Panaskan minyak atau mentega dalam wajan di atas api kompor dengan panas yang sedang.

  • Masukan bawang merah dan putih yang sudah di iris halus, lalu tambahkan telur yang sudah disiapkan dengan cara di pecahkan apalagi dulu. Campur telur dengan bawang merah dan putih dengan menggunakan spatula.

  • Tambahkan materi lain mirip nasi, garam, gula, dan kecap. Setelah itu, aduk kembali sampai rata dengan spatula.

  • Setelah aroma bau tercium, matikan api dan pindahkan nasi goreng ke piring.

  • Tiriskan sebentar, dan nasi goreng siap dimakan.


Seiring waktu, bahan dan proses pengerjaan nasi goreng menjadi bertambah banyak dan lebih rumit. Hasilnya, masih ada lebih banyak varian nasi goreng seperti nasi goring pedas, nasi goring kambing, nasi goring seafood, dan lain-lain. Varian tersebut dapat didapatkan di warung makan atau restoran pinggiran jalan.




  1. Contoh Karangan Eksposisi Tentang Pendidikan




Sudah dari beberapa waktu yang lalu metode pendidikan di Indonesia berganti dengan signifikan. Perubahan-pergantian ini terkait dengan kurikulum pendidikan yang digunakan selaku tata cara pendidikan di Indonesia. Kurikulum 2016 yang berjalan telah sejak lama digantikan dengan kurikulum 2013. Meskipun tidak semua sekolah memakai kurikulum 2016.


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjelaskan bahwa kurikulum 2013 yaitu prioritas untuk sekolah terakreditasi atau sekolah yang memenuhi patokan internasional.


Salah satu syarat penerapan kurikulum 2013 yaitu mesti terjangkau lewat distribusi buku. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyampaikan bahwa kurikulum 2013 lebih terkonsentrasi pada pembangunan abjad, perilaku, wawasan dan keterampilan berlandaskan pendekatan ilmiah.


Kurikulum 2013 juga lebih memfokuskan hubungan pembelajaran dengan rasa syukur terhadap Tuhan melalui pengamatan, percobaan atau penciptaan sebuah karya.


Musliar Kasim (perwakilan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) juga berasumsi bahwa kurikulum 2013 lebih berkonsentrasi pada praktik ketimbang menghafal. Karena sejauh ini, banyak siswa yang dituduh menghafal tetapi merasa ini tidak efektif dalam meningkatkan kreativitas.


Meutia Hatta, anggota Dewan usulanPresiden, menuturkan bahwa kurikulum 2013 bermaksud untuk membentuk huruf generasi yang berkualitas, cinta tanah air dan bangsa.


Kurikulum 2013 mewajibkan siswa untuk memainkan peran aktif dalam proses pembelajaran, sehingga mesti membentuk generasi yang bermutu.


Tetapi ada juga banyak orang yang menolak untuk menerapkan kurikulum tahun 2013. Mereka menilai kurikulum ini berganti sangat datang-tiba dan dengan memaksa.


Ada juga yang berpendapat bahwa kurtilas (kurikulum tiga belas) kurang konsentrasi alasannya adalah memadukan dua mata pelajaran yang mempunyai sustansi pokok yang sangat berlawanan.


Meskipun ini menyederhanakan mata pelajaran, namun tingkat pengertian dan wawasan siswa menurun karena bahan tidak dipelajari secara keseluruhan namun terpisah, sehingga tidak menutup kemungkinan bahwa siswa akan kebingung.




  1. Contoh Karangan Eksposisi Bahasa Sunda




Témpé mangrupikeun salah sahiji kaemaman khas ti indonésia. Témpd dijieun tina ngamanfaatkeun prosés férméntasi dina siki kedelé. Bahan laina nu digunakeun nyaéta ragi atawa Rhizopus oligosporus. Fermentasi kacang kedelé jeung ragi ieu bakal ngahasilkeun témpé.


Ilaharna, prosés nyieun témpé dimimitian ku tahap direbus, mimiti ti ngabersihkeun kulit kedeléna, dikeueum, dibersihkeun, diaduk ku ragi, dikemas, jeung di fermentasi.


Bungkus anu digunakeun biasana daun cau, tetapi henteu jarang diganti ku palastik, daun waru, atawa daun jati. Tahap férméntasi bisa lumangsung dina suhu 20-37 °C salila 18-36 jam.


Prosés nyeiun témpé kawilang mudah, namun lain hartina moal pernah gagal. Sabab, gagalna nyieun témpé biasana disababkeun ku suhu rohangan anu salah, materi kedelé jeung mutu ragina nu kurang alus.


Ayeuna di Indonesia ogé narékahan ngembangkeun Rizopus anu unggul, pikeun ngahasilkeun témpé anu leuwih téréh, kualitas témpé jadi alus, jeung ningkatkeun eusi gizi dina témpé.




  1. Contoh Karangan Eksposisi Buah Naga




Buah naga merupakan tumbuhan primadona petani di Banyuwangi. Sebagian besar penduduk di Dusun Silirbaru Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, menggantungkan hidupnya dari tumbuhan tersebut. Tapi, kali ini banyak petani merugi, sehingga sebagian petani membuang buah naga miliknya, selaku bentuk protes harga buah naga yang anjlok.


Kegiatan mencampakkan buah naga itu dilakukannya tidak cuma sekali. Hal ini disebabkan sebagai bentuk protes sebab buah naga dari Banyuwangi tidak laris dipasarkan. Pembuangan pertama sebanyak 100 kg dan yang kedua hampir 200 kilogram.


Selain itu, tidak ada pengepul yang tiba untuk berbelanja buah naga yang ditanam oleh warga. Dibandingkan dengan ongkos petik, buah naga mirip tidak memiliki arti dan harga sebab ongkos memetik buah naga sebesar Rp75.000,- per orang dan membutuhkan 3 orang. Tentu saja harga buah naga yang anjlok sangat tidak mempunyai arti dibandingkan ongkos untuk memetiknya.


Dalam memajukan harga jual buah naga yang ialah penghidupan masyarakatBanyuwangi diharapkan metode penjualan yang lebih baik baik lagi. Apabila penduduk memakai metode panen bergilir, hasil panen buah naga tidak akan terlalu melimpah sehingga harga buah naga stabil.




  1. Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Lingkungan




Pemanasan global yakni sebuah kondisi di mana suhu di Bumi menjadi lebih panas. Adanya pemanasan global menjadikan berbagai efek negatif, seperti lapisan ozon menjadi lebih tipis, sehingga sinar ultraviolet mampu menembus pribadi ke dalam tanah tanpa halangan. Selain itu, pemanasan global juga menyebabkan kenaikan permukaan laut sebab mencairnya es di kutub.


Pemanasan golobal itu sendiri terjadi sebab ada banyaknya gas karbondioksida yang terjadi pada atmosfer bumi dan hal itu menyebabkan lapisan ozon kian menipis. Kadar gas karbondioksida yang terdapat di bumi tidak sebanding jumlahnya dengan keseluruhan pohon yang terdapat di bumi. Padahal dengan adanya pohon-pohon tersebut bisa sungguh menolong untuk menyerap karbondioksia.


Bukan cuma itu saja, dengan adanya lahan pertanian, perkebunan, idustri pastinya sebagian besar hutan-hutan banyak yang dibuka untuk dijadikan lahan tersebut.


Dalam beberapa tahun terakhir ini, peningkatan suhu di dunia sangatlah parah. Pemanasan global seperti ini terjadi karena banyaknya jumlah gas karbondioksida yang ada pada atmosfer bumi. Gas karbondioksida berasal dari asap pabrik dan asap dari kendaraan bermotor. Jika kita lihat sekarang, ada berbagai pabrik-pabrik yang beroperasi sehingga kadar karbondioksida naik bertambah parah.


Ini menurut pabrik-pabrik yang kita lihat di Negara Indonesia saja, belum lagi yang ada di Negara industri. Di Negara industri pastinya mempunyai pabrik dengan jemlah yang sangat banyak. Bisa kita bayangkan seberapa banyak karbondioksida yang dihasilkan dari aktifitas-aktifitas tersebut. Negara industri tersebut telah seharusnya bisa mengatasi karbondioksida yang dikeluarkan berdasarkan aktifitas pabriknya.


Sedangkan hal yang lebih parah lagi yaitu hutan di dunia ini yang semestinya mampu untuk mengurangi gas karbondioksida tersebut tidak mampu untuk melakukan fungsinya dengan baik. Hal ini terjadi karena banyaknya pohon yang ditebang.


Contohnya mirip yang ada di Indonesia pengalihan fungsi hutan yang intinya berfungsi sebagai hutan lindung berubah fungsi menjadi hutan konservasi. Dengan adanya aktivitas mirip itu telah niscaya mengakibatkan keadaan bumi makin buruk.


Pemanasan global yang sedang terjadi di bumi bertahun-tahun dewasa ini menjadi semakin parah hal ini terjadi alasannya makin banyaknya pabrik yang beroperasi sehingga banyak terjadinya asap dari kendaraan bermotor. Keadaan mirip inilah yang menciptakan makin parah alasannya hutan yang berfungsi untuk menghemat pemanasan global dengan cara menghemat emisi gas justru sungguh banyak sekali di tebas.




  1. Contoh Teks Eksposisi Tentang Politik




Alam sudah rusak dan eksploitasi di Indonesia sudah mencapai tingkat yang mengkhawatirkan. Penambangan paling banyak yang merusak alam. Penambangan pastinya terkait dengan perusahaan pertambangan dan izin penambangan yang dikeluarkan oleh pemerintah kawasan. Dalam hal ini, pemerintah daerah menentukan apakah itu boleh atau tidak lokasi tambang tersebut.


Alam yakni bab yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita. Makan, minum, bernafas, dan menyangkut kehidupan kita yang berasal dari alam. Namun, di Indonesia, lingkungan mengalami banyak kerusakan. Kegiatan penambangan adalah salah satu hal yang mampu menimbulkan kerusakan lingkungan.


Kegiatan penambangan mampu dijalankan dengan perusahaan pertambangan dan izin pemerintah tempat. Sebagian besar kasus izin pertambangan dikerjakan dengan kongkalikong perusahaan pertambangan dan pejabat kawasan. Kongkalikong lazimnya terjadi ketika seorang maju untuk pencalonan selaku kepala kawasan. Penunjukan kepala tempat pastinya akan membutuhkan biaya yang sungguh besar. Perusahaan pertambangan umumnya memberikan pinjaman keuangan untuk kampanye, namun dengan syarat bahwa, kalau kandidat kepala tempat yang ditunjuk mampu jadi kepala tempat, maka perusahaan harus diizinkan untuk melaksanakan acara penambangan di kawasan yang ditargetkan sebelumnya. Ini pasti bukan lagi diam-diam.


Makara lebih baik menentukan kepala kawasan yang ramah kepada alam. Karena di samping itu, karena alam kita akan tetap terjaga, kandidat kepala daerah  di kurun depan tidak akan mendapatkan suap dari beberapa perusahaan pertambangan.




  1. Contoh Teks Eksposisi Berita




Musim hujan akan meraih puncaknya pada Februari 2016. Namun, ternyata beberapa daerah di Jakarta ketika ini dilanda hujan deras. Untuk alasan ini, warga harus selalu siap menghadapi kemungkinan banjir dan genangan air, khususnya warga yang berada di lingkungan sungai. Menurut data dari petugas penanggulangan tragedi kawasan (BPBD) DKI, 134 RW perlu meragukan jika terjadi banjir. Wilayah ini tersebar di 34 Kelurahan di Jakarta, yang terluas terletak di jakarta timur dan Jakarta selatan, seperti Kelurahan Bidara Cina, Kelurahan kampung Melayu, Kelurahan Cipinang Melayu, Kelurahan Cawang, Kelurahan Pondok Labu, Kelurahan Rajawati, kelurahan Bukit Duri dan Kelurahan Srengseng Sawah. dikenali bahwa tempat ini tenggelam oleh air hujan dengan ketinggian mencapai 10 – 50 cm selama hujan lebat hari Minggu, 14 Februari 2016.


Kemudian, keadaan seperti ini eksklusif di tanggapancepat oleh jajaran (Muspikot) Jakarta Timur. Untuk mengantisipasi puncak demam isu hujan tahun ini, dikerjakan apel siaga banjir Jakarta di kawasan parkir PGJ Jatinegara. Muspikot juga mengerahkan setidaknya 347 orang untuk mengatasi banjir dari pegawapemerintah kepolisian Jakarta Timur, Kodim 0505, Satpol PP Jakarta Timur dan BPDB DKI Jakarta yang juga hadir. Sejumlah peralatan peralatan banjir juga ditampilkan di apel. Ada 2 bahtera karet, 2 kano, 2 kayak, dan beberapa bahtera yang dirakit dengan jerigen dan perlengkapan pendukung lainnya.




  1. Contoh Teks Eksposisi Tentang Ekonomi




Aksi mogok nasional buruh tidak cuma menimbulkan kerugian pada perusahaan, namun juga menciptakan penanam modal aneh tidak tenteram. Beberapa penanam modal bahkan menyatakan akan meninggalkan Indonesia. Dalam perihal dan diskusi, ada investor yang mengeluh dan berencana meninggalkan Indonesia.


Aksi  mogok buruh nasional telah merugikan banyak pihak. Pekerja itu sendiri, pebisnis, investor, pemerintah dan penduduk , alasannya adalah situasi yang tidak tenteram. Bagi para pekerja, langkah-langkah yang mereka ambil membuat sejumlah perusahaan bangkrut. Bagi pemerintah, kerugian yang diderita ialah masalah stabilitas, sehingga investor mungkin merasa trauma.




  1. Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Kesehatan




Sirih merah ialah jenis tumbuhan rumahan yang kerap digunakan masyarakat selaku obat tradisional. Jenis tanaman ini juga dapat ditanam oleh masyarakat itu sendiri, untuk menawarkan tanaman obat tradisional.


Beberapa observasi sudah mengungkapkan bahwa tumbuhan ini sering digunakan untuk mengobati diabetes, jerawat, kanker dan juga obat-obatan untuk mengatasi duduk perkara ketombe. Selain itu, beberapa wanita memakai jenis flora ini untuk mengobati keputihan.


Masyarakat lazimnya menggunakan sirih merah dengan cara mengambil dan menggunakan daun, kemudian daunnya diolah dengan cara direbus. kesanggupan Sirih Merah sebagai flora obat tradisional sebab mengandung senyawa aktif.


Kandungan polifenol, minyak atsiri, euganol, dll. Dengan demikian, hal tersebut mampu diketahui bahwa Sirih Merah dapat dipakai untuk mengobati beberapa penyakit secara tradisional.




  1. Contoh Karangan Eksposisi Ilustrasi




Cengkeh, pohon yang tetap hijau. Sysygium aromaticum (eugenia-carllophulinta), yang berasal dari pulau Maluku. kuncup bunganya yang belum mekar adalah rempahnya yang sangat penting. Selain penggunaan yang paling penting sebagai rempah-rempah, kuncup bunga dalam bentuk puku.


Jika yang sudah kering, cengkeh ini juga dipakai di pulau Jawa selaku adonan tembakau, khususnya sesudah 1915 dengan perkembangan yang pesat dalam jumlah pembuat rokok kretek di kawasan kudus dan juga di kawasan-kawasan disamping itu. Kadang-kadang, setelah ditumbuk, digunakan untuk membumbui kudapan manis, itu juga menghasilkan minyak uap yang dipakai sebagai bahan dalam obat-obatan dan wewangian.




  1. Contoh Karangan Eksposisi Proses




Transportasi didefinisikan oleh para mahir sebagai keperluan turunan dari berbagai acara ekonomi maupun sosial (lihat misalnya Morlock, 1985). Tipe aktivitas sosial ekonomi yang berlainan akan memiliki imbas acara angkutanyang berbeda pula.


Kegiatan transportasi harian relatif menjadikan pergerakan yang bersifat berulang, contohnya yang terjadi pada para pekerja dan mereka yang menempuh pendidikan di sekolah. Di Yogyakarta, kota kita tersayang ini, kemacetan terjadi saban hari pada titik-titik yang menjadi jalur pergerakan para pekerja dan siswa dari daerah tinggal menuju lokasi kerja dan sekolah.


Kemacetan yang berulang pada jangka lebih panjang condong terjadi pada demam isu piknik maupun idul fitri. Pada tahap kehadiran dan kepulangan, kemacetan parah akan terjadi pada jalan-jalan arah luar kota (contohnya Jalan Magelang, Jalan Solo, Jalan Palagan dan Jalan Wates). Pada rentang di antara abad tersebut, kemacetan mampu dicicipi di sentra kota sebagai lokasi menginap dan tujuan wisata (mirip Malioboro, Prawirotaman), serta jalan-jalan menuju objek wisata, seperti Jalan Parangtritis.


Kemacetan harian yang mayoritas ditimbulkan oleh kegiatan masyarakat dalam lingkup internal. Kemacetan yang berulang setiap hari merupakan ekses dari polatempat tinggal, melakukan pekerjaan dan bersekolah. Upaya mendekatkan lokasi tempat tinggal dengan lokasi aktivitas merupakan salah satu penyelesaian yang mampu dikerjakan. Bentuknya mampu berupa santunan insentif tempat tinggal berupa rumah susun sewa maupun milik yang cukup nyaman untuk beraktivitas. Selama ini tampaknya belum ada upaya pengaturan contoh berkegiatan yang sistematis.


Demikianlah postingan dari pengajar.co.id yang mengulas wacana Karangan Eksposisi Adalah : Pengertian, 11 Contoh, Ciri & Jenis semoga mampu berguna dan lebih menambah waasan anda.


Advertisement