Gudang Informasi

√Kantor

√Kantor
√Kantor

Pada Kesempatan Kali ini pengajar.co.id ingin membagikan postingan tentang Kantor Berikut Adalah Pembahasannya:


√Definisi kantor : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Ciri dan Contoh Kantor Modern


Pengertian Kantor


Jika kita hadapkan dengan kata ‘kantor’ maka hal pertama yang mau timbul yakni di benak penulis ialah ruangan khusus orang – orang yang hendak memiliki kekuasaan ataupun kontrol organisasi atau pun perusahaan. Ya, kantor memang ialah ruangan maupun kawasan khusus yang akan dipakai oleh orang – orang yang memiliki kontrol maupun kekuasaan dalam acara pengendalian bidang organisasi tertentu.


Ruang kantor juga umumnya banyak mempunyai fungsi umum berupa daerah melakukan pekerjaan bagi personel perusahaan, dan fungsi khusus berupa tempat pengumpulan atau penyebaran info organisasi, serta sebagai kawasan penyimpanan dokumen organisasi yang kondusif. Besar atau kecilnya ukuran ruangan kantor juga lazimnya akan dipengaruhi oleh jumlah atau tingkat jabatan personil yang sedang bekerja di kantor tersebut.




Fungsi Kantor


1. Menerima Informasi


Fungsi kantor yang pertama merupakan selaku wadah yang sering dipakai untuk menerima maupun mengumpulkan informasi. Dalam praktinya, setiap pihak terkait yang mempunyai kepentingan dalam organisasi atau perusahaan juga biasanya dapat memperlihatkan maupun melaporkan gosip apapun yang terkait dengan perusahaanebut ter secara eksklusif ke kantornya.


2. Memberikan Informasi


Fungsi kantor yang kedua meruapakan selaku bagian yang mau berfungsi sebagai pemberi maupun penyebar berita. Ketika suatu organisasi telah sungguh berkembang atau juga dikelola oleh banyak personel, maka akses berita akan lebih susah untuk disebarkan luaskan. Nah maka dari itu, untuk mengatasi hal ini, organisasi atau perusahaan juga umumnya menyebabkan kantor sebagai wadah atau pun central informasi yang valid maupun tepercaya bagi setiap personel perusahaan.


3. Pelindung Aset


Fungsi kantor yang ketiga merupakan selaku kawasan maupun wadah yang sering dipakai untuk mengumpulkan, menyimpan, atau juga melindungi aset berupa dokumen – dokumen perusahaan / instansi pemilik kantor. Seperti yang kita semua ketahui bareng , setiap perusahaan maupun organisasi, niscaya mempunyai banyak sekali berkas penting yang berupa file – file atau dokumen – dokumen. Nah maka dari itu, agar file dan dokumen ini tidak acak-acakan kemana – mana maupun lebih mudah untuk didapatkan, maka seluruh berkas ini maka lazimnya akan disimpan di dalam braknas kantor.




Tujuan Kantor


Tujuan kantor selaku pemberi pelayanan komunikasi atapun perekaman. Sedangkan fungsi dari kantor yakni sebagai berikut yakni:



  • Menerima isu. Menerima info dalam bentuk surat, penggilan telepon, pesanan, faktur,maupun laporan tentang aneka macam aktivitas bisnis.

  • Merekam dan menyimpan data-data serta informasi. Tujuan pengerjaan rekaman ialah sedang mempersiapkan gosip sesegera mungkin kalau administrasi meminta informasi tersebut.

  • Mengatur isu Informasi yang mau diakumulasi oleh kantor jarang dalam bentuk yang serupa layaknya akan ketika diberikan, mirip mengumpulkan informasi maupunsumber-sumber -yang berbeda dan membuat perkiraan/pembukuan.

  • Memberi berita Bila dimana administrasi diminta sejumlah informasi yang mau diperlukan, kantor segera menawarkan isu tersebut dari rekaman yang tersedia. Sebagian berita -yang diberikan bersifat berkala , sebagian bersifat khusus.

  • Melindungi aset yakni dengan memperhatikan secara cermat aneka macam aktivitas dalam perusahaan mirip diperlihatkan di dalam rekaman dan mengantisipasi segala hal yang -tidak menguntungkan yang mungkin terjadi.




Ciri-Ciri Kantor


Adapun ciri-ciri dari kantor, yang diantaranya berisikan, yakni:



  1. Sebagai alat untuk menyambung pancaindra maupun juga ingatan pimpinan organisasi.

  2. Membantu pimpinan dalam merumuskan pekerjaan, tata cara kerja ataupun pederhanaan sistem administrasi.

  3. Dapat Membantu manajemen atau tata usaha dalam mencapai targetnya.




Contoh Kantor Modern di Indonesia


1. Virtual Office


Sesuai dengan namanya, suatu virtual office tidak akan benar-benar faktual secara fisik. Yang ditawarkannya ialah alamat surat atau poin kontak yang mampu dihubungi. contohnya, suatu startup sedang menjalankan usahanya dari rumah, namun menyewa virtual office yang di gedung perkantoran. Maka itu, startup tersebut seakan beralamat di gedung perkantoran di mana virtual office berada. nah, meskipun startup ini sedang dilakukan di rumah, bisnis tersebut akan tetap mendapatkan dapat dipercaya di antara pengguna potensialnya. Selain itu juga, dengan mengalamatkan masalah bisnis kepada virtual office, usahawan yang sedang bekerja dari rumah akan tersadar privasinya karena urusan bisnis tidak akan dialamatkan ke rumah pribadi.


Beberapa keuntungan komunikasi yang sering disediakan virtual office ialah resepsionis, ajun, call center, atau yang lainnya. Selain itu, ada juga space service, yang akan melibatkan alamat prestisius yang biasa disediakan sebuah virtual office. Servis ini juga memberikan alamat profesional, alamat surat, kawasan meeting, maupun kesempatan dapat menyewa tempat untuk beberapa waktu.


2. Serviced Office


Tempat kerja yang satu ini bukan cuma dimna akan menawarkan tempat namun juga ada segala pengurusnya. Sebuah manajemen kemudahan yang hendak menjadi pengurusnya akan menyewakan ruangan kerja ataupun lantai kerja untuk beberapa perusahaan berbeda. Biasanya juga serviced office juga akan terletak di pusat bisnis di kota-kota besar. Tujuan dibentuknya ruang kantor serviced office ialah untuk dapat menunjukkan kelonggaran bagi pengusaha yang sering menggunakannya karena biasanya juga dapat disewa dengan sungguh gampang.




Unsur komponen Kantor



  1. Gedung yang berisikan bangunan, ruangan-ruangan dan juga perlengkapan lainnya.

  2. Personil yang diantaranya berisikan seluruh orang yang ada relevansinya dengan organisasi yang terdapat di kantor, misalnya seperti: pimpinan, karyawan dan lain-lain.

  3. Peralatan yang terdiri dari alat atau mesin-mesin yang ada dikantor.




Jenis-jenis Pekerjaan Kantor


1. Menghimpun


Yaitu kegiatan mencari dan mengusahakan tersedianya segala isu yang belum ada atau informasi yang masih acak-acakan dimana-mana sehingga siap dipakai dikala diperlukan. Contoh: mengumpulkan data, mencari isu, membuat kliping dll.


2. Mencatat


Merupakan acara tulis-menulis mengenai data-data yang diharapkan sehingga berwujud goresan pena yang mempunyai arti, dapat diantardan disimpan. Contoh: membuat surat, membuat notula, mencatat kegiatan, dll.


3. Mengolah


Merupakan aneka macam macam kegiatan untuk melaksanakan data dan berita supaya dapat tersaji dalam bentuk laporan yang lebih berguna. Contoh: membuat rekapitulasi data, membuat laporan tertulis, membuat pembukuan keuangan.


4. Menggandakan


Merupakan aktivitas memperbanyak informasi dengan berbagai cara dan alat sebanyak jumlah yang diharapkan. Contoh: memfotokopi surat, mencetak isu, dll.


5. Mengirim


Kegiatan memberikan berita dengan banyak sekali cara dan alat dari satu pihak kapada pihak lain. Contoh: mengantare-mail, faksimili, surat.


6. Menyimpan


Kegiatan menaruh berita dengan berbagai cara dan alat ditempat tertentu yang aman. Contoh: menyimpan surat/ arsip, menyimpan data/ gosip ke komputer, menyusun buku di perpustakaan.


7. Melakukan komunikasi


Kegiatan melakkuan pengiriman ilham/ pemikiran kepada pihak lain baik eksklusif ataupun memakai media dan mendapat respon dari penerima pesan. Contoh: correspondence, telepon, teleconference.


8. Menghitung


Kegiatan melakukan penetapan data yang berhubungan dengan angka. Contoh: menjumlah hasil pemasaran, menghitung data keuangan.


9. Pekerjaan lain


pekerjaan-pekerjaan kantor lain yang mendukung tugas utama perusahaan.


Contoh : pelayanan tamu, kurir, cleaning service.


Demikianlah postingan perihal √Kantor : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Ciri dan Contoh Kantor Modern dari pengajar.co.id biar mampu berfaedah bagi kita semua.


Advertisement