Gudang Informasi

Ideologi Ialah

Ideologi Ialah
Ideologi Ialah

Halo sahabat pengajar.co.id kali ini kita ingin membagikan postingan loh tentang apa? yaitu ihwal Ideologi! Langsung Saja kita simak Dibawah ini ya.


Ideologi Adalah




Pengertian Ideologi Adalah


Ideologi yakni suatu dari ilham-pandangan baru dasar, pemikiran , dogma serta dogma bersifat  sistematis sesuai dengan arah serta tujuan yang mau digapai dalam kehidupan nasional suatu bangsa dan negara.


Ada yang berpendapat ideologi yakni visi yang komprehensif, selaku cara pandang pada semua hal secara lazim serta beberapa arah filosofi yang ditujukan pada kelas dominan pada semua anggota penduduk .




Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli


1. Francis Bacon


Francis Bacon Berpendapat Ideologi ialah proses anutan mendasar dari suatu konsep hidup.


2. Alfian


Alfian Berpendapat Ideologi ialah sudut pandang atau sistem dalam menganggap seluruhnya secara terperinci perihal bagaimana cara yang baik secara akhlak dikira benar dan adil, menertibkan tingkah laris bersama dalam macam-macam sisi dan bidang kehidupan.


3. Gunawan Setiardjo


Gunawan Setiardjo Berpendapat Ideologi ialah kumpulan ide,ide serta aqidah ‘aqliyyah (iman yang sampai lewat proses berpikir) kemudian melahirkan hukum-hukum pada kehidupan.


4. C. C. Rodee


C. Rodee Berpendapat Ideologi yakni kumpulan wangsit yang secara logis bekerjasama dan mengindentifikasikan nilai-nilai yang memberi kebebasan untuk institusi.


5. Ali Syariati


Ali Syariati Berpendapat Ideologi ialah suatu akidah dan ide yang diikuti oleh sebuah golongan, sebuah kelas sosial, suatu bangsa maupun ras tertentu.


6. Drs. Moerdiono


Drs. Moerdiono Berpendapat Ideologi yaitu system wangsit yang mau mensistematisasikan semua ajaran perihal  kehidupan serta melengkapinya dengan fasilitas , kebijakan dan seni manajemen yang tujuannya menyesuaikan keadaan konkret pada nilai-nilai yang ada dalam filsafat yang menjadi induknya.




Jenis-jenis Ideologi


1. Ideologi Kapitalisme


Kapitalisme yaitu kebebasan individu untuk melakukan akumulasi kapital individual. Dalam ideologi tersebut, negara tak diperbolehkan untuk ikut campur dalam usaha memperkaya diri yang dilaksanakan oleh seseorang.


2. Ideologi Liberalisme


Liberalisme ialah kebebasan individu serta menjunjung tinggi kesetaraan di dalam masyarakat suatu negara. Hak-hak dasar setiap orang wajib dilindungi oleh negara.


3. Ideologi Marxisme


Ideologi Marxisme ialah hasil anutan dari Karl Marx. Karl Marx menyusun suatu teori besar yang berafiliasi dengan tata cara ekonomi, sistem sosial, dan metode politik.


4. Ideologi Sosialisme


Sosialisme  adalah suatu system kesetaraan sosial pada posisi pemerintah memiliki tugas utama menertibkan individu. Dalam ideologi sosialisme, tak ada yang namanya pengakuan hak milik langsung.


5. Ideologi Nasionalisme


Nasionalisme adalah kesadaran serta semangat cinta tanah air dan bangsa yang ditujukan lewat perilaku individu dan penduduk .


6. Ideologi Feminisme


Feminisme yaitu perjuangan kesetaraan hak dan tanggungjawab untuk wanita dalam politik, ekonomi, budaya, ruang eksklusif serta ruang publik.




Fungsi Ideologi



  1. Sebagai pemandu tindakan sosial individu pada masyarakat.

  2. Sebagai sumber ide norma serta nilai sosial.

  3. Sebagai panduan untuk individu dalam memperoleh identitas dirinya.

  4. Memberikan motivasi untuk individu dalam menjangkau tujuan hidupnya.


Demikianlah artikel dari pengajar.co.id perihal Ideologi Tetap baca terus ya postingan dari pengajar.co.id terima kasih guys


Advertisement