Gudang Informasi

√Galaksi Ialah

√Galaksi Ialah
√Galaksi Ialah

Pada Kesempatan Kali Ini Pengajar.co.id Ingin Membagikan Artikel Tentang Galaksi Berikut Adalah Penjelasannya:




Pengertian Galaksi


Galaksi yaitu sekumpulan bintang yang membentuk sebuah sistem, terdiri dari satu atau lebih benda angkasa yang berskala besar dan juga dikelilingi oleh benda-benda angkasa lainnya secara teratur. Di dalam ilmu astronomi, galaksi artinya selaku suatu metode yang berisikan bintang-bintang, gas dan abu yang amat luas, di mana anggotanya memiliki gaya tarik menawan (gravitasi). suatu galaksi kebanyakan terdiri dari miliaran bintang yang memiliki ukuran, warna dan ciri-ciri yang sungguh beragam.


√ Ciri-ciri Galaksi : Pengertian, Jenis, Ciri dan Bentuk Galaksi




Jenis-jenis Galaksi


Berikut dibawah jenis-jenis Galaksi


1. Galaksi Bimasakti


Galaksi Bimasakti didapatkan pada 18 juli 1783, oleh William Hershel yang berasal dari negara inggris spesialis astronom. Galaksi bimasakti berisikan 400 milliar bintang, dengan garis tengah sekitar 130.000 tahun cahaya (1 tahun cahaya sama dengan 9.500 milyar kilometer). Galaksi bimasakti salah satu daerah bumi berada serta tata suryanya lainya.


2. Galaksi Magellan


Merupakan galaksi yang paling dekat dengan galaksi bimasakti yang jaraknya sekitar 150.000 tahun cahaya dan terletak di belahan langit selatan. Galaksi ini memiliki bentuk yang tak beraturan.


3. Galaksi Ursa Mayor


Galaksi Ursa Mayor ini berjarak kurang lebih 10.000 tahun cahaya dari galaksi bimasakti. Galaksi yang berbentuk elips serta rapat.


4. Galaksi Andromeda


Adalah galaksi raksasa yang berdiamter sekitar 200 ribu tahun cahaya dan memiliki massa sekitar 300-400 billium kali massa matahari. Galaksi andromeda berukuran dua kali ukuran galaksi bimasakti. Galaksi andromeda mempunyai bentuk lingkaran khas dan berjarak 2,5 tahun cahaya dari galaksi bimasakti.


5. Galaksi Jauh


Galaksi jauh ini terletak sekitar 10.000.000 tahun cahaya dari galaksi bimasakti. Contoh mirip galaksi jauh yakni galaksi Silvery, galaksi Triangulum dan galaksi whipool.


6. Galaksi Black Eye


Galaksi ini ditemukan oleh Charles Messier pada tahun 1781 seorang astronom yang memperoleh galaksi yang memiliki cincin kabut serta berwarna gelap. Cincin kabut tersebut mengelilingi intinya yang paling terang yang terlihat seperti mata manusia, sehingga charles messier menamai nama Black eye.




Ciri-ciri Galaksi


Adapun ciri-ciri Galaksi sebagai berikut


1. Galaksi memiliki cahaya sendiri


Berbeda dengan planet yang membutuhkan matahari untuk mendapatkan cahaya, galaksi memiliki cahaya sendiri dan bukan dari pantulan. Dimana sinar gamma yaitu salah satu senjata paling besar yang ada di alam. Sinar ini diperoleh dari semburan pulsar atau bintang besar yang mati dan juga meledak dan memancarakan radiasi cahaya.


2. Jarak Galaksi Jauh


Galaksi tidak berdekatan tetapi berjauhan adalah ciri-ciri galaksi yang kedua. Entah sebab ada hal yang mungkin seperti gravitasi atau sejenisnya. bahu-membahu galaksi ada berbagai, mungkin hingga ratusan. Selain dari pada itu ada juga galaksi yang dideteksi mempunyai jarak yang jauh sampai jutaan cahaya galaksi.


3. Galaksi Lain bisa terlihat


Galaksi yang lainnya mampu tampakberada di luar bimasakti. Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa galaksi tidak mungkin berdekatan alasannya takut adanya hal-hal yang tidak dikehendaki misalnya mirip adanya benturan atau tercampurnya planet. Selain dari pada itu galaksi terbentuk karena benda di luar angkasa membentuk golongan, apabila berdekatan dan bercampur dengan galaksi lain maka akan menjadi satu galaksi besar.


4. Galaksi Memiliki Lubang Hitam


Adalah kawasan di ruang angkasa di mana gravitasi dimana terdapat suatu Gravitasi yang sungguh berpengaruh, bahkan cahaya pun tidak mampu menembus keluar atau masuk. Gravitasi ini begitu besar lengan berkuasa karena hal ini sudah diperas ke dalam ruang kecil. black hole atau lubang hitam bisa terjadi padan ketika bintang sedang sekarat atau mendekati selesai hidupnya sebuah bintang.




Bentuk-Bentuk Galaksi


Terdapat 3 bentuk galaxy, berikut dibawah ini penjelasannya


1. Elips


Munculnya galaksi ini terlihat seperti elips. Galaksi yang tergolong dalam tipe elips ini mulai dari galaksi yang berupa bulat hingga galaksi yang berbentuk bola pepat. Struktur galaksi tipe ini tidak dapat terlihat dengan terang. Galaksi elips sungguh sedikit mengandung bahan antar-bintang serta anggotanya ialah bintang-bintang renta. Contoh mirip galaksi tipe ini yaitu galaksi M87, ialah galaksi elips raksasa yang berada di Rasi Virgo.


2. Spiral


Bagian-bab utama galaksi spiral yakni halo, bidang galaksi (termasuk lengan spiral) dan bulge (bagian pusat galaksi yang menonjol). Anggota galaksi spiral terdiri daro beberapa bintang-bintang bau tanah dan muda. Bintang-bintang tua berada pada kumpulan bintang-bintang yang berjumlah ratusan serta berupa bola (gugus bola). Bintang-bintang muda berada di lengan spiral galaksi yang terletak di bidang galaksi.


3. Tak Beraturan


Galaksi ini tidak mempunyai bentuk khusus. Anggota dari galaksi tipe ini terdiri dari beberapa bintang-bintang tua dan muda. Contoh seperti dari galaksi tipe ini yaitu Awan Magellan Besar dan Awan Magellan Kecil, dua buah galaksi tetangga terdekat Bimasakti, yang cuma berjarak sekitar 180.000 tahun cahaya dari Bimasakti.


Demikianlah postingan perihal √Galaksi Adalah : Pengertian, Jenis, Ciri dan Bentuk Galaksi  dari pengajar.co.id agar berguna.


Advertisement