Gudang Informasi

√Definisi Membran Sel : Fungsi, Struktur, Sifat Dan Tata Cara Transport Membran Lengkap

√Definisi Membran Sel : Fungsi, Struktur, Sifat Dan Tata Cara Transport
Membran Lengkap
√Definisi Membran Sel : Fungsi, Struktur, Sifat Dan Tata Cara Transport
Membran Lengkap

Pengertian Membran sel (dinding sel)


Membran sel atau dinding sel merupakan fitur yang dimiliki manusia  yang berfungsi untuk sebagai pemisah antara lingkungan dalam sel dengan lingkungan di luar sel, membran sel ini tersusun atas senyawa lipoprotein , protein dan lemak ini mempunyai sifat yang berlawanan, protein bersifat hidrofiliki sedangkan lemat bersifat hidrofobik. Oleh karena itu membran sel memiliki sifat selektif permeable.


Struktur-Membran-Sel


Fungsi Membran sel (dinding sel)


Fungsi dari membran itu sendiri ialah melindungi sel dan juga menunjukkan bentuk bagi suatu sel, membran sel ini bisa menjadi media komunikasi antar lingkungan dalam sel dan dengan lingkungan luar sel melakukan seleksi terhadap zat yang hendak keluar atau pun masuk dari sel dan Tempat berlangsungnya reaksi kimia.




Struktur Membran sel


Struktur membran itu sendiri seperti lembaran sel yang tersusun atas molekul lipiid, karbohidrat, kolesterol, protein dan jga kerangka membran atau setoskeleton. Dinding sel(membran sel ini memiliki sifat yang asimetris dan dinamis.




  • 1. Fosfolid




Lapisan fosfolipid rangkap ganda terbentuk dari penysunan molekul-molekul membran sel yang berkombinasi sedemikian rupa, lapisan fosolipin ini memiliki da bab yang sifatnya saling bertolak belakang, adalah daerah kepala yag bersifat hidrofilik dan daerah ekor yang bersifar hidrofobik inila yang dikarenakan disebut hidrofilik,




  • 2. Protein Membran




Ada dua jenis protein pada lapisan fosfolipid, diantaranya yakni rotein integral atau perotein yang terbenam dan menembus lapisan fosfolipid dan protein perifer atau protein yang menempel pada lapisan lar fosfolipid, perotein integral ini perannya sebagai proses transpor molekuk yang keluar dan juga masuk sel, sedangkan rotein perifer fungsinya sebagai daerah menempelnya hormon atau enzim.




  • 3. Glikoprotein dan Glikolipid




Glikoprotein yakni molekul karbohidrat yang melekat pada protein sedangkan Glikolipid adalah molekul karbohidrat yang menempel pada lemak. Fungsi dari Glikoprotein dan glikolipid aialah selaku tanda pengenal bagi sel.




  • 4. Kolesterol




Kolesterol ini terletak di bab bersahabat dengan kepala fosfollipid. Fungsi dari kolesterol itu sendiri adalah untuk mempertahankan kestabilitasan fosfolipid dalam segala hal kondisi. Contohnya pada kondisi panas kolesterol dapat menghalangi pergerakannya supaya fosfolipid tidak menjadi terlalu cair.




Sifat membran sel (dinding sel)


Sifat membran sel terbagi menjadi 3 bab, diantaranya yaitu;


1. Impermeabel


Yaitu sefat yang tidak membolehkan zat apapun di luar sel untuk bisa masuk kedalam sel.


2. Semipermeabel


Ialah suatu kondisi dimana cuma zat2 tertentu saja yang diperlukan oleh sel yang bisa masuk kedalam sel.


3. Permeabel


Ialah sifat dimana zat mampu melalui membran sel guna masuk kedalam sel.sifat ini dimiliki oleh membran sel yang sudah rusak atau nyaris mati.




Sistem transport membran


Pengertian dari transport membran itu sendiri ialah proses pertukaran molekul yang mampu terjadi secara otomatis dan impulsif tanpa lagi membutuhkan prosedur khusus. transport aktif ini terjadi pada molekul yang mampu melalui membran sel kapan saja contohnya yakni glukosa dan air. Penyebab dari transport pasis ini yaitu perubahan gradiens fokus dari molekul tersebut, difusi dan osmosis merupakan contoh dari tranport pasif.




Demikianlah postingan wacana √Definisi Membran Sel : Fungsi, Struktur, Sifat dan Sistem Transport Membran Lengkap dari pengajar.co.id Semoga berguna.







Advertisement