Gudang Informasi

Definisi Adalah

Definisi Adalah
Definisi Adalah

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id akan membuat postingan yang berjudul Definisi Adalah : Pengertian, Tujuan, Ciri, Syarat, Jenis & Contoh, yuk kita bahas sama-sama dibawah ini :Definisi-Adalah




Pengertian Definisi


Definisi yaitu sebuah pernyataan terhadap ciri-ciri penting dari suatu hal, biasanya akan lebih kompleks dari arti, makna, atau pengertian dari sebuah hal.




Pengertian Definisi Menurut Para Ahli




  1. Menurut Soedjadi


    Konsep memiliki arti suatu pandangan baru abstrak yang memungkinkan bisa di gunakan demi kebutuhan penjabaran atau penggolongan yang secara biasa dapat di tuangkan pada suatu ungkapan atau suatu rangkaian kata (lambang bahasa).



  2. Menurut Wikipedia


    Definisi Merupakan sebuah batasan atau arti, mampu juga dimaknai dengan kata, frasa, atau kalimat yang berarti, informasi, atau ciri utama dari orang, benda, proses, atau kegiatan.



  3. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia


    Definisi yaitu rumusan mengenai ruang lingkup dan ciri-ciri sebuah desain yang menjadi materi utama pembicaraan atau studi.





Tujuan Definisi


Adalah untuk memberi sebuah batas-batas atau sebuah makna pada sebuah perumpamaan sehingga mampu menciptakan akad bagi penduduk secara global.




Jenis-Jenis Definisi


Berikut dibawah ini macam-macam definisi, yaitu :




  1. Nominal


    Definisi nominal adalah suatu kerangka definisi yang sungguh sederhana dan hanya sementara, sebab pada ini menerangkan arti dari etimologis atau sinonim dengan beberapa desain yang akan dijelaskan.



  2. Formal


    Definisi formal yaitu sebuah kerangka dari terminologis yang menurut dengan logika yang formal dibeberapa bagian sehingga hal ini akan mempunyai struktur pada bentuk fitur yang paling tepat.



  3. Operasional


    Definisi operasional yakni suatu kerangka dari sebuah istilah yang menyughukan langkah-langkah khusus yang perlu dijalankan atau memakai sistem pengukuran dan memberikanhasil yang hendak diamati dengan sifat kuantitatif.



  4. Paradigmatis


    Definisi paradigmatis yaitu suatu kerangka yang bertujuan untuk mensugesti contoh pikir orang-orang berdasarkan dari jenis pendapatan dan nilai tertentu sehingga jenis ini mampu mengendalikan sesuai dengan definisi.



  5. Secara Luas


    Definisi luas yakni sebuah kerangka yang mempunyai batas-batas paragraf yang akan diperlukan untuk konsep yang rumit sehingga bisa di diartikan dalam kalimat yang pendek.





Ciri-Ciri Definisi


Berikut dibawah ini ciri ciri dari definisi, yakni :




  1. Definiendum


    Definiendum adalah suatu komponen perumpamaan atau sebuah kata yang dijabarkan.



  2. Definiens


    Definiens ialah sebuah bagian rangkaian kata atau frasa atau kalimat yang fungsinya menguraikan pengertian.





Syarat-Syarat Definisi



  1. Harus menyatakan karakteristik penting dari apa yang akan diterangkan serta karakteristik khusus atau penting.

  2. Haruslah persamaan makna dengan hal-hal yang memiliki makna, yang memiliki arti bahwa ruang lingkup makna tidak terlalu sempit atau terlalu luas.

  3. Harus menyingkir dari pernyataan yang mengandung perumpamaan yang memiliki makna, yang memiliki arti tidak boleh berbelok, dihentikan rumit secara eksklusif atau tidak langsung pada subjek yang didefinisikan.

  4. Itu mesti dinyatakan sebanyak mungkin dalam formulasi konkret, sebisa mungkin menyingkir dari pernyataan negatif.

  5. Itu mesti dinyatakan dengan sempurna, singkat dan jelas, dengan perkecualian kata-kata yang kabur dan ambigu, tidak bisa menggunakan bahasa kiasan. Karena, tujuan melakukannya dari suatu ungkapan yakni untuk memberikan klarifikasi dan menetralisir makna ganda, lalu menggunakan ungkapan yang samar atau ambigu dapat menghalangi niat.




Demikianlah artikel dari pengajar.co.id yang berjudul Definisi Adalah : Pengertian, Tujuan, Ciri, Syarat, Jenis, biar dengan adanya artikel ini mampu bermanfaat dan lebih menambah pengetahuan anda.


Advertisement