Gudang Informasi

Data Adalah

Data Adalah
Data Adalah

Kesempatan kali ini pengajar.co.id ingin membagikan artikel wacana Data Berikut Penjelasannya:


Data Adalah




Pengertian Data Adalah


Data ialah kumpulan keterangan dari fakta mentah isinya mampu berupa simbol, angka, kata-kata, atau citra, yang diambil lewat proses observasi atau penelusuran pada sumber-sumber tertentu.


Data berisi kumpulan informasi-keterangan atau deskripsi dasar dari suatu hal yang diambil dari hasil observasi serta mampu diolah menjadi bentuk yang lebih kompleks, contohnya informasi, database, atau penyelesaian guna duduk perkara tertentu.


Data yakni hasil pengukuran atau observasi sebuah variabel yang bentuknya yakni simbol, warna, kata-kata, angka, atau citra.Data mampu berfungsi sebagai pola dalam mengambil suatu keputusan dalam pemecahan duduk perkara.




Pengertian Data Menurut Para Ahli


1. Arikunto Suharsimi


Arikunto Suharsimi Menyatakan Data adalah segala fakta serta angka-angka yang mampu dijadikan materi guna menyusun sebuah informasi.


2. Nuzulla Agustina


Nuzulla Agustina Menyatakan Bahwa Data ialah sebuah informasi ihwal suatu hal yang telah sudah terjadi berupa himpunan fakta, angka, grafik tabel, gambar, lambang, kata, aksara, yang menyatakan suatu aliran, objek, serta kondisi atau situasi.


3. Kuswadi dan E. Mutiara


Kuswadi dan E. Mutiara Menyatakan Data yaitu sekumpulan keterangan yang diambil dari sebuah pengamatan yang bisa berbentukangka, lambang, serta sifat.


4. Slamet Riyadi


Slamet Riyadi Menyatakan Data yakni kumpulan keterangan yang diambil dari pengamatan dimana data dapat berbentukangka-angka atau lambang-lambang.


5. Kristanto


Kristanto Menyatakan Data yaitu sebuah fakta mentah perihal objek yang mampu meminimalkan derajat ketidakpastian tentang suatu kondisi serta peristiwa.




Fungsi Data



  1. Data bisa berfungsi selaku tujuan dalam mengambil sebuah keputusan dalam pemecahan masalah.

  2. Data bisa dijadikan selaku ajaran dan sebuah suatu observasi serta perencanaan.

  3. Data mampu berfungsi sebagai teladan dalam implementasi sebuah kegiatan.

  4. Data berfungsi sebagai dasar guna melaksanakan evaluasi pada suatu acara.




Jenis-jenis Data


1. Data Berdasarkan Cara Memperolehnya



  • Data Primer, yakni data asli atau data gres yang dikumpulkan pribadi kepada orang yang mengajarkan observasi.

  • Data Sekunder, adalah data tersedia yang dikumpulkan dari beragam sumber yang sudah ada sebelumnya. Contohnya; dari perpustakaan, dokumen observasi terdahulu.


2. Jenis Data Berdasarkan Sumbernya



  • Data Internal, yakni data yang didapat dari internal suatu organisasi yang menggambarkan keadaan organisasi itu. Contohnya; informasi jumlah pegawai, jumlah modal, jumlah bikinan.

  • Data Eksternal, yaitu data yang didapat dari luar organisasi yang menggambarkan bermacam faktor yang bisa menghipnotis kinerja organisasi itu. Contohnya; isu wacana daya beli masyarakat, pergantian kebiasaan masyarakat.


3. Jenis Data Berdasarkan Sifatnya



  • Data Kualitatif, ialah sebuah data yang dinyatakan dalam bentuk lisan, simbol, serta gambar. Contohnya: Kuesioner perihal tingkat kepuasan pelanggan pada pelayanan suatu perusahaan.

  • Data Kuantitatif, yaitu sebuah data yang dinyatakan dalam bentuk angka atau bilangan. Contohnya; harga saham, nilai pemasukan.


4. Data Berdasarkan Waktu Pengumpulannya



  • Data Cross Section, yakni data yang dikumpulkan cuma pada waktu-waktu tertentu saja guna tau keadaan pada waktu itu. Contohnya: data penelitian dengan kuesioner.

  • Data Berkala, yaitu data yang dikumpulkan secara terpola dari waktu ke waktu guna tau kemajuan sebuah insiden pada periode tertentu. Contohnya; data harga sembako.


Demikianlah artikel dari pengajar.co.id perihal Data Semoga Dapat Bermanfaat


Advertisement