Gudang Informasi

Bahan Sepak Bola

Bahan Sepak Bola
Bahan Sepak Bola

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id akan menciptakan artikel yang berjudul Materi Sepak Bola : Sejarah, Dasar, Peraturan, 10 Teknik, Ukuran, yuk sama-sama kita diskusikan dibawah ini :Materi-Sepak-Bola




Pengertian Sepak Bola


Sepakbola adalah olahraga yang menggunakan bola kulit dan dimainkan oleh dua tim dengan 11 anggota di masing-masing tim. Dan beberapa orang inti pemain dan beberapa pemain cadangan


Tujuan dari pertandingan sepak bola ialah untuk memasukan bola di gawang lawan. Tim yang mencetak banyak gol di akhir pertandingan menang.




Sejarah Singkat Permainan Sepak Bola


Secara sejarah, olahraga ini telah dikenal di Cina semenjak kurun ke-2 dan ke-3 SM pada kurun pemerintahan Dinasti Han. Pada dikala itu, masyarakat Cina memakai bola kulit dan memasukan di jaring kecil.


Selain Cina, pertandingan sepak bola juga dikenal di banyak negara lain seperti Jepang, Yunani dan Roma. Masyarakat Jepang, Roma dan Yunani menciptakan permainan ini menggembirakan.


Sepak bola modern di Inggris dimulai dengan menegakkan aturan dasar untuk membuat permainan makin terkenal. Meskipun olahraga itu pernah dihentikan alasannya dianggap selaku kekerasan, sepak bola sudah menjadi makin terkenal di masyarakat dunia.


Sampai karenanya, pada 1904, Fédération Internationale de Football Association (FIFA) didirikan. FIFA ialah otoritas sepak bola yang berada di paris, Perancis.


Sepak bola kemudian menjadi pertandingan antara negara untuk Piala Dunia. Pertandingan Piala Dunia pertama di Uruguay pada 1930, dikala itu yang keluar sebagai juara yaitu Uruguay.




Teknik Dasar Sepak Bola



  1. Teknik Menggiring Bola (Dribbling)

  2. Teknik Menendang Bola (Shooting)

  3. Teknik Mengoper Bola (Passing)

  4. Teknik Menghentikan Bola

  5. Teknik Menyundul Bola (Heading)

  6. Teknik Merebut Bola (Intercepting)

  7. Teknik Menyapu Bola

  8. Teknik Lemparan ke Dalam

  9. Teknik Menangkap Bola (Goalkeeping)

  10. Teknik Juggling Bola




Peraturan Permainan Sepak Bola




  • LapanganLapangan-sepak-bola





  1. Panjang bidang = 100-110 m

  2. Lebar bidang = 64-75 m

  3. Daerah target = 18,35 x 5,5 m

  4. Radius bundar tengah = 9,15 m

  5. Tendangan penalti = 40,39 x 16,5 m

  6. Jarak penalti titik dengan garis gol = 11 m




  • Gawang





  1. Tinggi = 2,44 m

  2. Lebar = 7,32 m




  • Bola





  1. Bahan Bola = kulit

  2. Bentuk = lingkaran

  3. Berat = 396-453 gram

  4. Lingkaran bola = 68-71 cm




  • Aturan mulai permainan




Sebelum pertarungan dimulai, pemain mesti berjabat tangan antara rekan tim atau lawan dan berbaris ke arah penonton.


Wasit menenteng koin dan kapten dari masing-masing tim menentukan segi koin, kemudian wasit melempar koin, dan pilihan koin logam yang cocok oleh Kapten mampu menentukan bola awal atau tujuan.




  • Jumlah pemain sepak bola




Ada dua tim dan masing-masing tim berisikan 11 orang (satu-satunya Kiper). Jika pemain tim terkena kartu merah kurang dari 7 atau 4 pemain dan keluar, tim dianggap pecundang.




  • Pimpinan tim (Kapten)Kapten




Perlu bahwa masing-masing tim mempunyai Kapten, dengan tujuan mempunyai problem dengan tim, maka Kapten akan berdiskusi dengan wasit.




  • Aturan untuk menggunakan komplemen





  1. Jersey, dalam permainan, kedua tim tidak diperbolehkan untuk memakai kaos satu warna. Setiap tim mesti memiliki identitas yang berbeda, masing-masing tim harus mempunyai 2 warna Jersey. 1 untuk permainan rumah (Home) dan lain untuk permainan tandang (away).

  2. Kaos Kaki, dalam pertandingan resmi warna sepak bola kaus kaki mesti sama. Socks juga bertujuan untuk melindungi tulang kering dan mencegah cedera.

  3. Sarung tangan hanya dapat menggunakan kiper untuk membuatnya lebih gampang untuk menangkap bola dan melindungi tangan dari tendangan bola keras. Pemain lain diperbolehkan untuk memakainya, tetapi jikalau mereka berada di tempat dingin atau bersalju.

  4. Penutup kepala hanya dapat dipakai oleh pemain cedera.

  5. Aksesoris Dilarang, termasuk anting-anting, kalung, gelang dan banyak lagi.




  • Wasit




Wasit terus kursus penuh permainan dan membuat keputusan jika pemain bola melanggar aturan. Arbiter utama dibantu oleh 2 tangan kanan arbiter.




  • Asisten Wasit




Asisten wasit disebut hakim garis. Beritahu arbiter utama dalam perkara offside dengan bendera dan memonitor dalam perkara lemparan ke dalam dan sudut.




  • Aturan waktu sepak bola




Permainan ini tentu 90 menit dan dibagi menjadi 2 putaran, masing-masing setengah memiliki waktu 45. Dengan waktu istirahat tidak lebih dari 15 menit.


Jika 90 menit habis dan permainan membutuhkan pemenang, maka waktu embel-embel (waktu tambahan) dengan durasi 2 x 15 menit. Jika posisi tetap sama, maka penalti diadakan.




  • Peraturan Kick OffPeraturan-Kick-Off




Kick off dilakukan ketika permainan dimulai, dalam sepak bola dilaksanakan ketika:



  1. Memulai pertarungan

  2. Terjadinya gol

  3. Awal babak kedua

  4. Mulai pemanis waktu




  • Peraturan Gol




Perhitungan tujuan dibuat saat bola masuk ke dalam jaring dan lolos gawang dan tidak ada pemain di sela, dalam pelanggaran atau di handball. Semua keputusan yang dibuat oleh arbiter yang menyatakan sasaran yang sah atau tidak.




  • Aturan offside dan onside




Offside terjadi saat teman tim transisi ke pemain lain namun bangkit di depan bek lawan.


Asisten wasit yang memilih tampilan offside atau onside dengan memaksimalkan bendera. Aturan onside sebaliknya.




  • Aturan bola keluar




Jika bola keluar dari sisi lapangan, maka akan melemparkan masuk Dan saat itu berlangsung di samping gerbang, ada tendangan sudut.


Wasit berhak untuk menginstruksikan pemain untuk memutuskan bola jika pemain terluka.




  • Lemparan ke dalam (Throw In)




Ketika bola meninggalkan lapangan, tim yang mengambil lemparan ke tim tidak menghapus bola. Ketika melempar lemparan, pemain tidak harus membuang-buang panjang dan kaki tidak mampu dibangkitkan.




  • Tendangan gawangTendangan-gawang




Dilakukan dikala bola melintasi garis gawang sebab pemain lawan. Penjaga atau rekan tim mampu mencetak tendangan pada kondisi bola tidak melampaui area garis kiper.




  • Sudut




Dimainkan ketika bola tiba ke garis gawang yang disebabkan oleh pembela, tendangan dibentuk oleh musuh pemain. Posisi tendangan gawang sesuai dengan lokasi (kanan atau kiri) bola keluar.




  • Aturan Pergantian Pemain




Penggantian pemain hanya dapat dijalankan sampai 3 orang. Tetapi jika dalam masalah persahabatan maka substitusi mampu dijalankan 7 kali.




  • Peraturan Pelanggaran




Cedera dapat terjadi lewat tackles terlalu keras, tangan bola, mendorong musuh, menawan kaus lawan, mengusik gerakan kiper, dan banyak lagi. Wasit mengeluarkan dua kartu dari kartu merah dan kuning.


Jika Anda menerima kartu merah, pemain meninggalkan lapangan. Jika mendapat kartu kuning, itu mendapat perayaan keras, dan jikalau mampu menjadi kartu kuning 2 kali, secara otomatis menerima kartu merah.




  • Aturan tendangan bebastendangan-bebas




Tendangan bebas dilakukan di kawasan pelanggaran, ada 2 pilihan yang pemain dipakai untuk menendang pribadi ke gawang atau lolos ke rekan setimnya.




  • Penalti




Hal ini terjadi karena pemain melaksanakan penghinaan di daerah kiper. Seperti bola tangan, menangani dan pelanggaran yang lain. Seorang pemain bernama selaku orang menendang bola.


Demikianlah postingan dari pengajar.co.id yang berjudul Materi Sepak Bola : Sejarah, Dasar, Peraturan, 10 Teknik, Ukuran, agar bisa bermanfaat dan lebih menambah pengetahuan anda.


Advertisement