Gudang Informasi

√Asteroid Yakni

√Asteroid Yakni
√Asteroid Yakni

Kesempatan Kali ini pengajar.co.id ingin membagikan postingan tentang Asteroid Berikut Adalah Penjelasannya:




Pengertian Asteroid


Asteroid yaitu planet minor maupun planetoid ialah benda-benda luar angkasa yang sudah berukuran lebih kecil dibandingkan dengan planet,akan tetapi lebih besar daripada meteoroid. Asteroid berlainan dengan komet dari penampakan visualnya, ialah komet menampakkan koma sedangkan asteroid tidak. Sama halnya dengan planet dan komet, asteroid juga bergerak mengelilingi Matahari.


Sebagian besar kelompok asteroid sering dijumpai berada di antara orbit planet Mars atau Yupiter.pada Daerah ini sungguh diketahui selaku Sabuk Utama . Selain itu juga asteroid yang mendiami kawasan Sabuk Utama,dan ada pula kalangan asteroid dengan orbit yang berbeda-beda, mirip kalangan Trojan dan kelompok asteroid AAA.




Ciri- Ciri Asteroid


Benda- benda langit apabila dilihat dari bumi dengan jarak yang sangat jauh maka akan terlihat sama saja yaitu bekelap-kelip, namun bila kita tahu bentuk yang sesungguhnya maka akan mampu terlihat perbedaannya. Tidak mirip planet yang berbentuk bulat pepat di kedua kutubnya, asteroid akan memiliki bentuk yang lebih tidak beraturan.oleh karena itu, Asteroid akan lebih mudah kita pelajari apabila kita mengetahui ciri- ciri asteroid itu sendiri. perhatikan beberapa ciri-ciri asteroid dibawah ini:


1. Bentuknya tidak beraturan


Tidak seperti planet, asteroid mempunyai bentuk yang tidak beraturan.tetapi, Bentuk dari asteroid ini lebih seperti dengan bebatuan kecil warna- warni penghias lampu, seringkali lonjong, kerap kali bulat namun mempunyai sudut-sudut.oleh alasannya itu, Hal ini sebab memang asteroid ialah kerikil ruang angkasa. Sementara itu permukaan asteroid juga tidak rata, tetapi terdapat lubang-lubang kecil maupun kawah.


2. Mengorbit pada matahari


Sebagian besar benda langit memang tidak memiliki aktivitas yg sama ialah mengorbit mengelilingi matahari. Tidak hanya planet saja, tidak aneh juga, asteroid juga mengorbit matahari. Asteroid ini memiliki lintasannya sendiri untuk mengorbit kepada matahari yang berbentuk lonjong . Dalam berputarnya mengelilingi matahari, asteroid berputar- putar atau seringkali sampai terjatuh tak tentu arah.nah, Keadaan yang demikian inilah yang juga kerap kali akan menciptakan ancaman karena jika menjamah Bumi maka permukaan Bumi akan rusak dan mampu merusak kehidupan manusia simuka bumi.


3. Tersusun atas bubuk dan es


Elemen yang menyusun asteroid terdiri atas bubuk dan juga es. Debu- debu itu akan menjadi beku karena adanya keberadaan es ini,dengan demikian, ditambah dengan jarak yang cukup jauh dari matahari.


4. Jumlah terbanyak terdapat di sabuk asteroid adalah diantara Mars dan Jupiter


Jumlah asteroid sangatlah banyak di luar angkasa sana,lebih dari ribuan. Asterid tersebar di seluruh bab langit, namun yang paling banyak terdapat di sabuk asteroid yakni di antara orbit planet Mars atau Jupiter. Di sabuk asteroid ini jumlah asteroid sekitar 750.000 asteroid.


5. Benda langit yang tidak aktif


Asteroid merupakan satu satu nya benda langit yang tidak aktif,walaupun benda ini bergerak bebas di angkasa. Benda ini cuma mengorbit matahari saja dan tidak aktif seperti meteor.




Jenis- jenis Asteroid


Asteroid yaitu benda langit yang jumlahnya banyak. Namun demikian, dibalik jumlahnya yang banyak ini juga ternyata asteroid juga terdiri atas berbagai jenis. Beberapa jenis-jenis asteroid ini akan dikelompokkan berdasarkan orbit dan juga komposisi penyusun. Adapun berbagai jenis asteroid yang ada di tata surya kita antara lain yaitu:


1. Jenis C (karbon yang kabu- abuan)


ialah salah satu asteroid yang tersusun atas tanah liat serta batuan silikat. Asteroid ini pada umumnya akan berada di luar sabuk utama.


2. Jenis S (asteroid silicaceous)


merupakan asteroid yang yang dibuat dari materi besi maupun nikel. pada umumnya mendominasi sabuk dalam.


3. Jenis M (asteroid metalik)


merupakan asteroid yang berisikan besi atau nikel yang berwarna merah.kemungkinan berada di tengah sabuk utama.


4. Jenis V


ialah asteroid yang terdiridari bataun basaltik.




Contoh Asteroid dan Gambarnya


Berikut ini yakni beberapa teladan asteroid yang paling terkenal di dunia beserta ciri-ciri atau karakteristik dan gambarnya lengkap.


1. Ceres


Ceres yakni suatu planet kecil yang terletak di Sabuk Asteroid. Ceres didapatkan pada 1 Januari 1801 .pada Awalnya ketika ditemukan Ceres dianggap selaku sebuah planet, tetapi setengah kurun kemudian dan selama 150 tahun seterusnya, Ceres dipastikan sebagai suatu asteroid.


Pada 24 Agustus 2006, Persatuan Astronomi Internasional sudah menetapkan untuk mengubah status Ceres menjadi . Ceres ialah benda angkasa paling besar di sabuk asteroid utama.


 √Pengertian Asteroid : Ciri, Jenis, Contoh, Gambar dan Cara Melihatnya


2. Pallas


Pallas yaitu asteroid besar yang terletak dibagian di sabuk asteroid metode tata surya dan merupakan asteroid kedua yang sudah ditemukan. Ditemukan dan dinamakan oleh astronom Heinrich Wilhelm Matthaus Olbers pada tanggal 28 Maret 1802.Pallas merupakan salah satu dari empat asteroid besar . Asteroid lumayan besar tersebut tak tergolong 704 Interamnia. Pallas berukuran sama seperti empat Vesta.


 √Pengertian Asteroid : Ciri, Jenis, Contoh, Gambar dan Cara Melihatnya

3. Vesta


Vesta yakni objek terbesar kedua di sabuk asteroid, dengan diameter sebesar 530 kilometer dan diperkirakan mempunyai massa 9% dari massa seluruh sabuk asteroid. Ia telah ditemukan oleh astronom Jerman Heinrich Wilhelm Olbers pada tanggal 29 Maret 1807. Nama Vesta didapat dari nama dewi perawan dalam mitologi Romawi, yang ialah dewi pelindung/penjaga untuk rumah dan perapian.


Vesta ialah asteroid yang paling jelas. Jarak yang terjauh Vesta dari Matahari merupakan sedikit lebih jauh daripada jarak minimum antara Ceres atau Matahari, sedangkan orbit Vesta sepenuhnya yang berada di dalam orbit Ceres.


 √Pengertian Asteroid : Ciri, Jenis, Contoh, Gambar dan Cara Melihatnya


4. Hygiea


Hygiea ialah sebuah asteroid yang terletak di sabuk asteroid utama. Dengan demikian, diameter yang sedikit membujur sepanjang 300-500 km, dan akan mempunyai massa yang kira-kira 2,9% dari total massa sabuk, dia yakni objek terbesar keempat di kawasan tersebut dalam hal volume dan massa. Ia merupakan yang terbesar untuk kelas asteroid gelap tipe-C dengan permukaan yang sungguh kaya karbon.Meskipun ialah benda terbesar di wilayahnya, alasannya permukaannya yang gelap dan jaraknya yang secara rata-rata lebih jauh kepada Matahari, maka dia terlihat sangat redup saat diamati dari Bumi. Karena argumentasi tersebut,ada beberapa asteroid kecil yang lebih dahulu didapatkan Annibale de Gasparis, sebelum beliau menemukan Hygiea pada tanggal 12 April 1849.


Pada sebagian besar oposisi, Hygiea memiliki magnitudo 4 order lebih redup dibandingkan dengan Vesta. yang Mengamati Hygiea akan banyak memerlukan setidaknya teleskop 100mm , sedangkan pada oposisi perihelik, beliau mungkin dapat diamati dengan binokular .


 √Pengertian Asteroid : Ciri, Jenis, Contoh, Gambar dan Cara Melihatnya




Cara melihat Asteroid dari Bumi


Di langit, terutama pada malam hari memang sangatlah susah bagi kita untuk dapat membedakan yang mana bintang maupun bukan bintang . Selain itu juga bila cuma menggunakan mata telanjang maka tidak mudah bagi kita untuk melihat bentuk yang orisinil dari benda- benda langit tersebut. Butuh alat khusus untuk melihat pemandangan langit yang berbentukteleskop. Teleskop disebut juga dengan teropong bintang yang lazimnya juga dipakai oleh orang- orang untuk melihat bintang-bintang dilangit. Lalu bagaimana kita mampu menyaksikan asteroid?


Pada dasarnya kita tidak bisa senantiasa melihat asteroid. Asteroid yang mau tampakmerupakan yang mau melintas bersahabat dengan bumi. mah, pada kesempatan itulah kita mampu mengamatinya melalui suatu teleskop ruang angkasa.


Demikianlah postingan dari pengajar.co.id wacana Asteroid Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Kita Semua!


Advertisement