Gudang Informasi

√ Apa Itu Pariwisata : Pemahaman, Jenis, Unsur, Manfaat Dan Tujuan Pariwisata

√ Apa Itu Pariwisata : Pemahaman, Jenis, Unsur, Manfaat Dan Tujuan
Pariwisata
√ Apa Itu Pariwisata : Pemahaman, Jenis, Unsur, Manfaat Dan Tujuan
Pariwisata

Pengertian Pariwisata


Pariwisata yaitu perjalanan yang dilakukan oleh seseorang dalam rentang waktu tertentu dari sebuah kawasan ke kawasan lain dengan melakukan perencanaan sebelumnya, maksudnya untuk rekreasi atau untuk sebuah kepentingan semoga keinginannya bisa tercukupi. Atau pariwisata mampu di artikan juga sebagai suatu perjalanan dari suatu kawasan ke tempat lain untuk wisata atau bersenang-bahagia kemudia kembali ke daerah permulaan.


Pengertian-Pariwisata


Pengertian Pariwisata Menurut Para Ahli


Berikut dibawah ini beberapa pengertian pariwisata menurut para mahir


1). Menurut WTO atau World Tourism Organization


Pariwisata ialah kegiatan insan yang melakukan perjalanan dan tinggal di kawasan tujuan di luar lingkungan kesehariannya. Beberapa mahir juga mengatakan pengertian Pariwisata, berikut daftar lengkap pemahaman Pariwisata menurut para jago dari luar dan dalam negeri


2). Menurut James J. Spillane (1982)


Pariwisata ialah acara melakukan perjalanan dengan tujuan menemukan kenikmatan, mencari kepuasan, mengenali sesuatu, memperbaiki kesehatan, menunaikan tugas, berziarah dll.


3). Menurut Koen Meyers (2009)


Pariwisata merupakan aktivitas perjalanan yang dilaksanakan oleh beberapa waktu dari kawasan tinggal awal ke daerah tujuan dengan argumentasi bukan untuk menetap atau mencari nafkah melainkan cuma untuk menyanggupi rasa ingin tahu, menghabiskan waktu senggang maupun libur dan dan mampu saja menghabiskan uang yang terlampau banyak.


4). Menurut Kodhyat (1998)


Pariwisata ialah perjalanan dari suatu tempat ketempat lain, yang bersifat sementara, dilakukan individual atau kelompok, sebagai usaha mencari keseimbangan dan kebahagiaan dengan lingkungan dalam dimensi sosial, budaya dan alam serta ilmu.


5). Menurut Burkart dan Medlik (1987)


Pariwisata adalah suatu tranformasi orang untuk sementara dalam rentang waktu jangka pendek yang bertujuan di luar tempat dimana mereka hidupdan melakukan pekerjaan dan aktivitas – kegiatan mereka selama tinggal di daerah- daerah tujuan itu.




Jenis-jenis Pariwisata


A. Jenis dan Macam Pariwisata Berdasarkan Letak Geografis


1). Pariwisata Lokal (Local Tourism)


Pariwisata setempat yang memiliki ruang lingkup relatif sempit serta terbatas dalam kawasan-kawasan tertentu saja. Contohnya seperti pariwisata kota Bandung, DKI Jakarta dll.


2). Pariwisata Regional (Regional Tourism)


Pariwisata yang meningkat di sebuah tempat atau daerah yang ruang lingkupnya lebih luas jika dibandingkan dengan local tourism, tetapi lebih sempit jika dibandingkan dengan national tourism. Contohnya seperti Pariwisata Sumatera Utara, Bali dll.


3). Regional-International Tourism


Aktivitas Pariwisata yang berkembang di sebuah daerah international yang terbatas, namun lewat batasan lebih dari dua atau tiga negara dalam wilayah tersebut. Contohnya seperti pariwisata daerah ASEAN, Timur Tengah, Asia Selatan, Eropa Barat dll.


4). International Tourism


Aktivitas pariwisata yang meningkat di seluruh negara di dunia utamanya regional-international tourism serta national tourism.




B. Jenis dan Macam Pariwisata Menurut Alasan/Tujuan Pariwisata


1). Business Tourism


Jenis Pariwisata yang di mana pengunjungnya datang untuk tujuan dinas, usaha dagang maupun yang berhubungan dengan pekerjaan, meeting, insentif dan convention serta zexhabition (MICE).


2). Vacational Tourism


Jenis Pariwisata yang dimana pada umumnya orang-orang yang melaksanakan perjalanan rekreasi berisikan orang-orang yang sedang berlibur maupun memanfaatkan waktu luang.


3). Educational Tourism


Jenis Pariwisata yang dimana pengunjung melaksanakan perjalanannya untuk tujuan mempelajari sesuatu di bidang ilmu wawasan. Educational Tourism mencakup study tour atau dharmawisata. Dalam bidang bahasa dikenal kata polly glotisch, ialah orang-orang yang tinggal beberapa waktu di sebuah negara untuk mempelajari bahasa negara tersebut.




Unsur-Unsur Pariwisata


Berikut dibawah ini beberapa unsur-bagian pariwisata


1). Biro Perjalanan


Adalah tubuh usaha dimana melayani segala proses perjalanan pariwisata sedak berangkat sampai kembali pulang, sehingga wisatawan mendapatkan ketentraman selama perjalanan pariwisata.


2). Akomodasi


Adalah kawasan untuk tinggal sementara atau mampu disebut bermalam. Banyak sekali pilihan tempat menginap dikala melaksanakan perjalanan wisata ketika ini, misalnya mirip tempat tersebut seperti hotel, perkemahan, motel dll. Saat ini kian berkembang tempat untuk bermalam khusunya dalam segi kemudahan serta aneka macam macam keperluan, seperti makan dan minum, fasilitas olah raga, fasilitas ruang konferensi, akomodasi jamuan-jamuan dll.


3). Transportasi


Adalah industri pada pariwisata yang menawarkan jasa transportasi . Jasa transportasi ini meliputi angkutan darat, maritim dan udara. Pengelolaan jasa angkutan ini banyak sekali mulai yang di kelola oleh pihak swasta sampai pemerintah.


4). Jasa Boga dan Restoran


Adalah fasilitas dalam bidang makanan dan minuman pada ketika berwisata, saat ini industri jasa boga serta kedai makanan dalam pariwisata sungguh menguntungkan alasannya adalah dalam setiap turis pastinya selalu membutuhkan makanan dan minuman sehingga mereka pasti membelinya dan ingin mencoba aneka macam jenis masakan atau minuman daerah setempat.


5). Money Changer / Tempat Penukaran Uang


Suatu Tempat untuk menukarkan duit aneh saat ini semakin berkembang, penukaran mata uang gila ini tidak hanya dijalankan di bank saja tapi banyak sekali perusahaan yang tersebar di kawasan tertentu, khususnya di kota-kota besar yang senantiasa menyediakan penukaran mata uang gila.


6). Atraksi Wisata


Adalah pentasyang di selenggarakan di kawasan-tempat rekreasi. Pertunjukan tersebut misalnya misalnya mirip tarian, musik, dll. Pertunjukan mampu dilakukan secara tradisional atau secara terbaru, lewat industri atraksi wisata maka bisa meningkatkan keunggulan tempat wisata lokal supaya dikenal oleh banyak orang.


7). Oleh-Oleh atau Cindera Mata


Industri cindera mata sangat menguntungkan di kawasan kawasan rekreasi, sebab siapa pun yang berwisata biasanya senantiasa membeli cindera mata untuk di bawa pulang ke tempat tinggal. Cindera mata ini biasanya berbentuk benda kerajinan tangan khas kawasan setempat.




Manfaat Pariwisata



  • Menambahkan potensi berusaha bagi masyarakatmaupun masyarakat yang tinggal di sekitar objek wisata.

  • Sektor pariwisata mampu menyerap tenaga kerja yang bisa memajukan perolehan serta kesejahteraan penduduk.

  • Perolehan negara meningkat berupa pajak baik dari para wisatawan yang datang atau pajak dari fasilitas sosial di kawasan objek rekreasi, dan keuntungan dari pertukaran mata uang asing dengan mata uang Indonesia untuk keperluan para pelancong.

  • Terpeliharanya kelestarian lingkungan hidup dan kebudayaan nasional. Dengan adanya pariwisata, masyarakat selalu menjaga keutuhan serta kelestarian objek rekreasi, baik objek wisata keindahan alam, bangunan-bangunan dan peninggalan bersejarah atau budaya-budaya tradisional masyarakat.


Tujuan Pariwisata



  • Untuk menggunakan waktu senggang, baik rekreasi(berlibur), kebutuhan kesehatan, pelajaran dan wawasan serta untuk mengerjakan ibadah atau olahraga

  • Untuk kebutuhan usaha atau bisnis, kunjungan keluarga, melaksanakan tugas peran dan menghadiri pertemuan. Apabila seseorang menyelenggarakan perjalanan kurang dari 24 jam.




Demikianlah artikel dari pengajar.co.id tentang √ Apa itu Pariwisata : Pengertian, Jenis, Unsur, Manfaat dan Tujuan Pariwisata supaya berfaedah.






Advertisement