Gudang Informasi

√Anatomi Badan Manusia

√Anatomi Badan Manusia
√Anatomi Badan Manusia

√Anatomi Tubuh Manusia : Pengertian, Struktur dan Penjelasanya


Pengertian Anatomi Tubuh Manusia


Anatomi badan manusia yaitu ilmu yang mempelajari struktur tubuh manusia. Anatomi tubuh manusia meliputi sel, jaringan dan organ serta tata cara organ. Sistem organ yaitu bagian yang menyusun badan insan. Sistem ini terdiri dari aneka macam jenis organ, yang memiliki struktur serta fungsi khusus. Sistem organ memiliki struktur dan fungsi yang khas. beberapa sistem organ saling terhubung satu sama lain, baik secara pribadi maupun tidak.




Struktur Anatomi


Terdapat beberapa struktur anatomi, berikut diantaranya :


1. Sistem rangka


√Anatomi Tubuh Manusia : Pengertian, Struktur dan Penjelasanya



  • Tubuh manusia disupport oleh tata cara rangka, yang terdiri atas 206 tulang yang terhubung oleh tendon, ligamen dan tulang rawan. Tulang ini tersusun oleh kerangka aksial dan kerangka apendikular.

  • Kerangka aksial terdiri atas 80 tulang yang berada di sepanjang sumbu tubuh manusia. Kerangka aksial ini terdiri dari tulang tengkorak, tulang pendengaran tengah, tulang hyoid dan tulang rusuk serta tulang belakang.

  • Kerangka apendikular terdiri atas 126 tulang yang merupakan tulang-tulang pemanis yang menghubungkan kerangka aksial. Kerangka apendikular berada di daerah tungkai atas, tungkai bawah dan panggul serta pundak.

  • Fungsi metode rangka : untuk bergerak, menopang dan memberikan bentuk tubuh, melindungi organ dalam, serta untuk daerah melekatnya otot-otot.


2. Sistem otot


Sistem otot terdiri dari kurang lebih 650 otot yang membantu pergerakan, anutan darah, dan fungsi badan lainnya. Ada tiga jenis otot ialah otot rangka yang terhubung dengan tulang, otot polos yang didapatkan di dalam organ pencernaan, dan otot jantung yang didapatkan di jantung dan menolong memompa darah untuk mengalirkan darah.


√Anatomi Tubuh Manusia : Pengertian, Struktur dan Penjelasanya


3. Sistem Peredaran Darah


Sistem peredaran darah meliputi jantung, pembuluh darah, dan sekitar 5 liter darah yang dibawa dari pembuluh darah. Sistem peredaran darah disupport oleh jantung, yang cuma seukuran kepalan tangan tertutup. ketika istirahat, hampir semua jantung dengan gampangnya memompa lebih dari 5 liter darah ke seluruh badan setiap menitnya.


√Anatomi Tubuh Manusia : Pengertian, Struktur dan Penjelasanya


 


Sistem peredaran darah mempunyai tiga fungsi utama, berikut diantaranya :


1). membuatkan darah ke seluruh badan. Darah memberikan nutrisi yang penting dan oksigen serta menghilangkan limbah dan karbon dioksida untuk dikeluarkan dari badan. Hormon diangkut ke seluruh tubuh melewati cairan plasma darah.


2). Melindungi tubuh melalui sel darah putih dan melawan patogen (bakteri) yang sudah masuk ke dalam badan. Trombosit berkhasiat untuk menghentikan perdarahan saat luka serta menangkal patogen memasuki tubuh. Darah juga dapat menjinjing antibodi yang memberi kekebalan spesifik pada patogen yang sebelumnya sudah terpapar tubuh atau sudah divaksinasi.


3). memperkokoh homeostasis (keseimbangan kondisi badan) pada beberapa kondisi internal. Pembuluh darah membantu menjaga suhu badan biar stabil dengan menertibkan fatwa darah ke permukaan kulit.


4. Sistem Pencernaan


√Anatomi Tubuh Manusia : Pengertian, Struktur dan Penjelasanya


Sistem pencernaan ialah sekelompok organ yang melakukan pekerjaan mendapatkan kuliner, mengubah dan memproses masakan menjadi energi, menyerap zat gizi yang terdapat pada kuliner ke aliran darah, serta mencampakkan sisa makanan yang tersisa atau tidak bisa dicerna oleh badan lagi. Makanan melalui jalan masuk pencernaan yang terdiri dari rongga mulut, faring (tenggorokan), laring (kerongkongan), lambung, usus halus, usus besar, dan rampung di anus.


Selain saluran pencernaan, ada juga beberapa organ pelengkap penting dalam anatomi tubuh insan yang menolong mencerna makanan. Organ aksesori dari metode pencernaan diantarana gigi, pengecap, kelenjar ludah, hati, kantong dan empedu serta pankreas.


5. Sistem Endokrin


Sistem endokrin terdiri atas berbagai jenis kelenjar yang mengeluarkan hormon ke dalam darah. kelenjar tersebut tergolong hipotalamus, kelenjar pituitari, kelenjar tiroid, kelenjar pineal, kelenjar adrenal, kelenjar paratiorid, pankreas, dan kelenjar kelamin (gonad). Kelenjar kendali secara eksklusif oleh rangsangan dari metode saraf dan oleh reseptor kimiawi dalam darah serta hormon yang dibuat oleh kelenjar lain.


Dengan mengendalikan fungsi organ dalam tubuh, kelenjar ini menolong homeostasis mempertahankan tubuh. Metabolisme seluler, reproduksi, kemajuan seksual, homeostasis gula dan mineral, denyut jantung, dan pencernaan adalaha salah satu dari banyaknya proses yang dikelola oleh hormon.


6. Sistem Saraf


√Anatomi Tubuh Manusia : Pengertian, Struktur dan Penjelasanya


Sistem saraf berisikan otak, sumsum tulang belakang, organ sensorik, dan semua saraf yang menghubungkan organ-organ tersebut dengan bab badan lainnya. Organ-organ tersebut bertanggung jawab dari kendali tubuh serta komunikasi di antara bagian-bagiannya.


7. Sistem Pernapasan


Untuk tetap hidup manusia membutuhkan pedoman oksigen. Sistem pernapasan mempersiapkan oksigen ke sel badan sambil mengeluarkan karbon dioksida sertaproduk limbah yang bisa mematikan bila dibiarkan menumpuk.


8. Sistem Kekebalan Tubuh


Sistem kekebalan tubuh merupakan pertahanan badan kepada basil, virus, dan patogen yang lain yang dapat berbahaya, dengan menjaga dan menyerang dari patogen-patogen tersebut. Ini termasuk salah satu kelenjar getah bening, sumsum tulang, limpa, limfosit (termasuk sel B dan sel T), timus, dan leukosit, yang ialah sel darah putih.


9. Sistem Limfatik


√Anatomi Tubuh Manusia : Pengertian, Struktur dan Penjelasanya


Dalam anatomi badan mansia, sistem limfatik meliputi kelenjar getah bening, kanal getah bening, dan pembuluh getah bening, dan berperan dalam pertahanan badan. Tugas utamanya yaitu menciptakan serta memindahkan getah bening, cairan bening yang mengandung sel darah putih, yang menolong badan melawan bisul. Sistem limfatik juga bisa menetralisir keunggulan cairan getah bening dari jaringan badan dan mengembalikannya ke darah.


10. Sistem Ekskresi dan Urinaria


Sistem ekskresi mengeluarkan zat sisa yang tidak dibutuhkan lagi oleh makhluk hidup Pada anatomi badan manusia, organ-organ ekskresi berisikan ginjal, hati, kulit, dan paru-paru.


√Anatomi Tubuh Manusia : Pengertian, Struktur dan Penjelasanya


Sistem urinaria tergolong tata cara eksresi yang terdiri dari ginjal, kandung kemih, ureter dan uretra. Ginjal menyaring darah untuk mencampakkan limbah dan menciptakan urine. Ureter, kandung kemih dan uretra bergabung dan membentuk akses kemih, yang berfungsi selaku metode untuk mengalirkan urine dari ginjal, menyimpan dan membuang ketika kita kencing.


Demikianlah artikel perihal √Anatomi Tubuh Manusia : Pengertian, Struktur dan Penjelasanya dari pengajar.co.id agar berfaedah.


Advertisement