Gudang Informasi

Advokasi Adalah

Advokasi Adalah
Advokasi Adalah

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id akan menciptakan postingan perihal Advokasi Adalah, yuk disimak ulasannya dibawah ini:


Advokasi Adalah




Pengertian Advokasi Adalah


Advokasi yaitu suatu bentuk langkah-langkah yang menciptakan pembelaan, sumbangan atau nasehat tunjangan aktif.


Pendapat lain mengatakan, arti advokasi yakni bentuk upaya untuk mensugesti kebijakan publik dengan mengeksekusi aneka macam kommunikasiepatrone meyakinkan.


Kata advokasi sering dikaitkan dengan forum rekonstruktif di mana penunjang membutuhkan. Sementara advokat tersebut ialah hebat hukum yang berwenang untuk menganjurkan advokasi tersebut atau yang sering disebut selaku pengacara.


Dari pemikiran advokasi, dapat dibilang bahwa advokasi adalah tindakan strategis dan terpadu yang dilaksanakan oleh individu atau golongan untuk memasukkan masalah dalam acara kebijakan. Pada akhirnya, advokasi berlangsung menuju penyelesaian untuk masalah dengan menerapkan dan menerapkan kebijakan publik untuk menanggulangi persoalan ini.




Pengertian Advokasi Menurut Para Ahli




  • Menurut Sheila Espine Vivalus,




Advokasi yakni tindakan strategis dan terpadu yang dijalankan oleh Indivudu dan kalangan untuk memperlihatkan duduk perkara masukan dan persoalan pada desain dan rencana kebijakan.


Dia juga menyertakan bahwa kalau advokasi mampu ditafsirkan selaku membangun dasar pertolongan kepada kebijakan publik yang diambil untuk memecahkan duduk perkara.




  • Menurut Kaminski dan Walmsley




Advokasi menurut Kaminski dan Walmsley, yang mengatakan dalam 1995 taun, di mana mereka menyimpulkan atau advokat ialah pekerjaan yang menunjukkan kelebihan kerja sosial versus pekerjaan lain. Mereka juga menafsirkan advokasi yaitu tindakan yang tidak mengubah kebijakan.




  • Menurut Scheneider




Advokasi berdasarkan Scheneider adalah pekerjaan sosial yang secara eksklusif dan menguntungkan bagi klien, dengan tujuan mensugesti sistem pengambilan keputusan kerap kali tidak responsif dan tidak adil.


Scheneider juga menerangkan jikalau ide advokasi tidak lengkap tanpa mencapai kejelasan (diterangkan), diukur (terukur), terbatas (terbatas), tindakan berorientasi langkah-langkah, dan konsentrasi pada kegiatan.




Tujuan Advokasi


Secara umum, tujuan Advokasi yakni untuk menyelesaikan sengketa antara orang dan kelompok. Jadi acara advokasi sangat terkait dengan aturan.


Advokasi ini mampu muncul di aneka macam tingkatan, mulai dari lokal, Nasional sampai internasional, yang pastinya dengan berbagai info yang berkaitan dengan advokasi juga bermaksud untuk memerangi solusi masalah yang terjadi.


Kesadaran penduduk akan advokasi dan seperangkat hukum di dalamnya mampu membantu memecahkan persoalan serius dalam penduduk .




Proses atau Langkah Dasar Advokasi


Berikut dibawah ini proses atau langkah dasar advokasi, yakni:




  • Tentukan isu strategis dari suatu persoalan




Advokasi harus memiliki fokus yang terang. Akan sangat sukar kalau Advokasi memiliki konsentrasi dilema yang tidak mempunyai skala prioritas. Contoh, untuk masalah kesejahteraan petani para serikat tani di sebuah desa menuntut pemerintah untuk menurunkan harga pupuk. Karena dengan tingginya harga pupuk, para petani hanya mampu membeli sedikit pupuk yang berakibat pada buruknya kesuburan padi.




  • Pengumpulan Data




Data yaitu bagian yang sangat penting karena data diyakini yaitu suatu fakta yang positif. Data yang diperolah pun mesti menunjukan komparasi atau perbandingan angka dari tahun ke tahun. Contoh, serikat tani menandakan data bahwa dalam 5 tahun terakhir harga pupuk senantiasa naik setiap tahunnya. Tunjukan juga angka konsumsi pupuk petani dalam 5 tahun terakhir.




  • Buatlah sekutu dengan organisasi yang memiliki kepentingan yang sama




Sekutu atau aliansi yaitu unsur advokasi yang mampu menamah sumber daya massa dari advokasi. Tidak bisa dibantah,massa yang banyak akan menciptakan media kepincut untuk meliput. Massa yang banyak setidaknya juga akan membuat gentar musuh.




  • Lemparkan gosip dan kampanye massa




Melemparkan informasi bisa dijalankan dengan beberapa cara. Aksi pencerdasan , menciptakan press confrence di media massa dan menyebarkan selebaran yang berisi permintaan advokasi , adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk melempar informasi ke masyarakat.




  • Lobi dan pendekatan dengan pengambil keputusan




Setelah power massa telah sagat masiv dalam penyebaran isu, maka sudah saatnya berdiri komunikasi dengan pengambill keputusan di pemerintahan/perusahaan. Komunikasi yang bersifat politis ini diharapkan mampu merubah metode/kebijakan yang pada simpulan mampu menuntaskan tujuan advokasi itu sendiri.




  • Kontak Media massa




Selalu jaga komunikasi yang bagus dengan media massa. Karena media massa ialah kunci utama bagi advokasi untuk mampu diinformasikan secara mengakar kepada penduduk .




  • Demonstrasi




Demo yaitu jalan terakhir dari sebuah advokasi yang tidak juga dapat mengganti kebijakan. Seperti yang dikatakan diatas, dengan kekuatan massa yang banyak media tidak akan segan segan untuk meliput dan sang pengambil keputusan secara tidak pribadi akan sedikit gentar. Ini aturan alam.




  • Lakukan Evaluasi




Advokasi tidak selalu sukses merubah suatu kebijakan. Jika gagal dalam advokasi lakukan penilaian untuk memilih langkah apa lagi yang mau diambil untuk mengganti kebijakan. Jika advokasi berhasil , tetap lakukan evalusasi. Karena sesungguhnya penilaian tidak cuma bertujuan untuk membahas kekalahan, tapi juga untuk mempertahankan suhu kemenangan.




Unsur Advokasi


Berikut dibawah ini ialah unsur-bagian advokasi, yakni:



  1. Penetepan tujuan advokasi

  2. Pemanfaatan data dan riset untuk advokasi

  3. Identifikasi khalayak sasaran

  4. Pengembangan dan penyampaian pesan advokasi

  5. Membangun koalisi

  6. Membuat penyajian yang persuasif

  7. Penggalangan dana untuk advokasi

  8. Evaluasi upaya advokasi.




Jenis Jenis Advokasi


Advokasi ketika dikaitkan dengan tingkat duduk perkara yang dihadapi dikategorikan menjadi tiga jenis menurut (Satrio Aris Munandar 2007:2) yaitu:




  • Advokasi Diri




yaitu advokasi yang dijalankan pada skala lokal dan sangat eksklusif, contohnya ketika mahasiswa dan tiba-tiba Diskorsing oleh Universitas tanpa kejelasan maka advokasi yang dilakukan adalah untuk menemukan kejelasan atau klarifikasi di Universitas.




  • Advokasi Kasus




Itu advokasi dijalankan selaku proses konseling orang atau kalangan yang belum mempunyai pembelaan diri dan kelompoknya.




  • Advokasi Hukum




Adalah serangkaian tindakan oleh ahli aturan dan/atau otoritas pinjaman hukum dalam bentuk konsultasi, perundingan, mediasi dan panduan, baik di dalam maupun di luar pengadilan yang bermaksud untuk menyelesaikan sengketa dimensi aturan.




Demikianlah ulasan dari pengajar.co.id perihal Advokasi Adalah, biar dengan adanya artikel ini bisa berfaedah buat anda.


Advertisement