Gudang Informasi

Pasar Oligopoli

Pasar Oligopoli
Pasar Oligopoli

Pada peluang kali ini pengajar.co.id akan membuat postingan yang berjudul Pasar Oligopoli: Pengertian, Ciri, Contoh, Jenis, Kelebihan dan Kekurangan  yuk  sama  sama kita bahas dibawah ini :


pasar-oligopoli




Pengertian Pasar Oligopoli


Pasar oligopoli yakni bentuk pasar dengan persaingan tidak tepat, di mana cuma ada beberapa produsen atau pedagang dengan banyak pembeli di pasar. Dalam melakukan usaha, iklan dan penawaran spesial memainkan tugas yang sangat penting bagi oligopolis.


Iklan dan penawaran spesial akan membentuk pandangan pelanggan tentang perbedaan antara satu produk dan lainnya. Ini karena oligopolis pada dasarnya menjual barang-barang yang relatif homogen sehingga mereka mampu saling mengambil alih. Karena itu, loyalitas pelanggan terhadap sebuah produk harus dijaga agar tidak beralih ke produk lain.




Kelebihan Pasar Oligopoli




  1. Memberikan Kebebasan Memilih Bagi Pembeli


    Pasar oligopoli ini menawarkan kebebasan untuk pemilihan produk, secara umum pembeli memperkirakan bahwa akan lebih baik untuk berbelanja produk mana yang dibutuhkan yang mampu menyanggupi kebutuhan, oleh sebab itu pembeli tidak akan ditawarkan secara bergairah oleh perusahaan di pasar ini, namun pembeli yang menetapkan untuk berbelanja produk dari perusahaan mana.



  2. Mampu melaksanakan observasi dan pengembangan produk


    Di pasar Oligopoly ini, penelitian pasti akan banyak terjadi, misalnya penelitian wacana minat pembeli yang membeli banyak dari perusahaan lain selain dengan perusahaan kita, ini yaitu penelitian untuk pengembangan produk yang perusahaan ini mesti mempesona pembeli dari perusahaan pesaing berkat kualitas produk yang unggul.



  3. Lebih memperhatikan kepuasan pelanggan alasannya persaingan penjual


    Kepuasan mempunyai efek yang besar di pasar Oligopoli ini sebab mampu saja dengan ketidak puasan dari pembeli mampu saja membuat pembeli tidak puas dan juga beralih ke produk lain dari perusahaan lain. oleh karena itu banyak perusahaan yang memberikan pelayanan yang baik sehingga pembeli puas dan mampu kembali lagi untuk membeli produk dari perusaahan kita secara terus menerus.



  4. Menerapkan Teknologi Baru


    Dengan menerapkan teknologi gres pasti sungguh berguna Di pasar olihopoly ini, jika pengembangan teknologi tidak di ikuti oleh perusahan, maka bisa saja para pembeli lebih menentukan prodk dari perusahaan lainnya yang telah memberkan pernerapan teknologi modern. oleh alasannya dengan menerapkan teknologi terbaru akan sangat membuat lebih mudah perusahaan dalam pengembangan produk mereka menjadi lebih meranir para peminat.





Kekurangan Pasar Oligopoly



  1. Sering terjadi perang harga antar produsen.

  2. Pemborosan sumber daya ekonomi

  3. Produsen mengeluarkan banyak dana untuk iklan dan penawaran khusus agar produknya mampu dibedakan dengan produk dari produsen yang lain.

  4. Oligopoli memungkinkan memberi efek pada loyalnya konsumen kepada jenis produk atau brand tertentu, sehingga akan menyusahkan produsen lain jikalau ingin berkompetisi dengan jenis pasar dan konsumen yang serupa.

  5. Sulit untuk merealisasikan pemerataan pendapatan.

  6. Karena perusahaan memiliki dampak dalam menentukan harga pasar, maka potensi persaingan harga juga akan semakin besar.

  7. Muncul eksploitasi berlebihan dalam kegiatan pasar.

  8. Memungkinkan banyaknya hak paten kepada jenis produk tertentu oleh perusahaan, sehingga akan menghalangi perusahaan lain untuk menyebarkan jenis produk yang sama.




Ciri-Ciri Pasar Oligopoli


Berikut dibawah ini ciri ciri pasar oligopoli, ialah :



  1. Produk atau barang yang disediakan condong homogen namun telah terdiferensiasi. Contohnya yakni merek ponsel pintar dan aneka macam jenis produk sabun mandi

  2. Ada beberapa penjual dengan banyak pembeli atau pelanggan, sehingga jumlah  tidak sama

  3. Setiap penjual atau produsen akan berkompetisi dengan secara ketat, kemudian menerapkan aneka macam seni manajemen penawaran khusus dan periklanan, tergolong perang harga untuk menarik perhatian pelanggan

  4. Produsen di pasar jenis ini akan mempunyai kemampuan atau kekuatan untuk memilih harga barang yang dijual sebab ada banyak sekali keunggulan masing-masing produk yang akhirnya berlawanan satu sama lain.

  5. Ada metode penetapan harga yang, jika terjadi perubahan yang dijalankan oleh satu perusahaan atau produsen, akan secepatnya diikuti oleh perusahaan lain. Sehingga setiap langkah yang diambil oleh produsen terdengar dan akan mensugesti keadaan pasar. Dalam kondisi ini akan ada kekakuan pada tingkat tertentu dalam penetapan harga

  6. Dapat dikatakan bahwa produsen yang mau bersaing di pasar ini agak sukar alasannya mereka harus menghabiskan modal yang sangat besar untuk bersaing dengan produsen lain. Jadi tidak mudah untuk masuk dan keluar dari pasar yang kompetitif ini.




Jenis-Jenis Pasar Oligopoli


Berikut dibawah ini ialah jenis jenis pasar oligopoly, yakni :



  1. Pasar Oligopoli Murni

    Jenis ini ialah praktik oligopolistik di mana barang yang dipertukarkan adalah barang yang identik, misalnya praktik oligopolistik dalam produk air mineral.

  2. Pasar Oligopoli dengan Pembedaan

    Pasar ini yakni bentuk praktik oligopoli di mana barang komersial dapat dibedakan, contohnya pasar sepeda motor di Indonesia, yang dikendalikan oleh aneka macam merek populer mirip Honda, Yamaha dan Suzuki.




Faktor Penyebab Terbentuknya Pasar Oligopoli



  1. Efisiensi Skala Besar

  2. Kompleksitas Manajemen




Model Oligopoli



  1. Model Permintaan Yang Patah

  2. Model Cournot

  3. Model Stackelberg

  4. Model Perusahaan Dominan




Contoh Oligopoli


Contoh Pasar Oligopoli di Indonesia


Pasar Jasa Sambungan Telepon Seluler



  1. Telkomsel

  2. Indosat Ooredoo

  3. XL Axiata

  4. Three (3)

  5. Smartfren




Demikianlah artikel dari pengajar.co.id yang berjudul Pasar Oligopoli: Pengertian, Ciri, Contoh, Jenis, Kelebihan dan Kekurangan, biar dengan adanya artikel ini mampu berguna dan lebih memperbesar pengetahuan anda.


Advertisement