Gudang Informasi

√Lensa Cekung Yakni

√Lensa Cekung Yakni
√Lensa Cekung Yakni

Pada Kesempatan kali Ini Pengajar.co.id Ingin membagikan postingan tentang Lensa Cekung Berikut Adalah Penjelasannya:




Pengertian Lensa Cekung


Lensa cekung yakni lensa yang bab tengahnya lebih tipis dibanding bab tepinya yang lebih tebal. Lensa cekung ini umumnya berbentuk lingkaran mesikupun ada juga yang bentuknya tidak mirip lingkaran. Lensa cekung ini lazimnya terbuat dari kaca atau plastik sehingga lensa memiliki indeks bias lebih besar dibandingkan indeks bias udara. Manfaat lensa cekung dapat membantu orang yang mengalami rabun cauh maupun miopi menormalkannya kembali.




Jenis-jenis Lensa Cekung


Terdapat beberapa jenis lensa cekung, berikut dibawah ini penjelasannya



1. Lensa Cekung Rangkap


Lensa cekung rangkap (BIKONKAF) adalah lensa cekung yang dibatasi oleh 2 bidang yang berupa cekung. Lensa cekung rangkap mempunyai bentuk cekung di permukaannya. Sebab lensa cekung di kedua permukaan tersebut, dan bab tengan ini yaitu bagian yang paling tipis.


2. Lensa Cekung Datar


Lensa Cekung Datar ialah sebuah lensa yang dibatasi oleh suatu bidang cekung dan datar. Lensa cekung datar ialah lensa yang salah satu permukaannya berbentuk cekung dan permukaan yang lain berupa datar. Lensa cekung juga disebut dengan lensa plan-konkaf


3. Lensa Cekung Cembung


Lensa Cekung Cembung ialah suatu lensa yang dibatasi oleh lensa cekung dan cembung. Kalau dilihat lensa ini seperti dengan cembung cekung. Lensa jenis ini sering disebut juga dengan lensa konkaf-konveks.




Ciri-Ciri Lensa Cekung


Lensa cekung bersifat mengembangkan cahaya dan iasa disebut juga lensa divergen. Ciri-ciri lensa cekung bisa dilihat dari bentuknya ialah tebal di bab tepi dan tipis di bab tengah. Cahaya yang melalui lensa cekung akan dibelokkan ke arah tepi lensa atau menjauhi sumbu lensa. Sinar datang sejajar dikenakan pada lensa cekung, sinar akan menyebar seolah berasal dari satu titik yakni Titik Fokus. Titik konsentrasi lensa cekung berada pada sisi yang serupa dengan sinar tiba sehingga titik fokus lensa cekung mempunyai sifat maya atau semu dan mempunyai nilai negatif.




Sifat Bayangan Lensa Cekung


Adapun sifat bayangan maupun pembentukan bayangan lensa cekung adalah selaku berikut :


1. Benda berada lebih jauh dari titik sentra kelengkungan lensa (2F1)


√ Lensa Cekung : Pengertian, Jenis, Ciri dan Sifatnya


Dan bayangan yang terbentuk bersifat maya, tegak dan diperkecil serta berada di antara O dan F1


2. Benda berada di antara titik sentra kelengkungan lensa (2F1 ) dan titik konsentrasi lensa (F1)


√ Lensa Cekung : Pengertian, Jenis, Ciri dan Sifatnya


Dan bayangan yang terbentuk bersifat bersifat maya, tegak dan diperkecil serta berada di antara F1 dan O


3. Benda berada di antara titik konsentrasi (F1) dan O


√ Lensa Cekung : Pengertian, Jenis, Ciri dan Sifatnya


Dan, bayangan yang terbentuk bersifat maya, tegak dan diperkecil serta berada di antara F1 dan O.




Sifat Lensa Cekung


lensa cekung memiliki menyebarkan cahaya atau lensa divergen. alasannya adalah sinar yang tiba yang sejajar sumbu utama akan dibiaskan menyebar seakan-akan berasal dari satu titik. Lensa cekung mempunyai 2 titik fokus, Titik konsentrasi aktif “F1” terletak di depan lensa dan titik konsentrasi pasif F2 terletak dibelakang lensa. sebab fokus aktif lensa cekung “F1” berada di depan lensa maka konsentrasi aktif lensa cekung adalah konsentrasi maya dan jarak fokus lensa cekung “F” senantiasa memiliki tanda Negatif. Maka dari itu lensa cekung disebut lensa negatif.




Sifat spesial Lensa Cekung



  1. Sinar datang sejajar sumbu utama akan dibiaskan seperti berasal dari titik fokus (di depan lensa).

  2. Sinar tiba seperti menuju titik fokus lensa pertama (F1) akan dibiaskan sejajar sumbu utama.

  3. Sinar yang tiba melewati sentra optik lensa (O) tidak dibiaskan.




Manfaat Penggunaan Lensa Cekung


Penggunaan lensa cekung sering ditemui pada orang-orang dengan miopi atau rabuh jauh, memanfaatkan lensa cekung sebagai kacamata sehingga orang yang menderita miopi mampu menyaksikan benda-benda seperti mata wajar .


Selain itu, ketika teropong bumi memakai lensa pembalik, teropongnya terlalu panjang. Nah supaya okuler teropong bumi pendek, maka digunakanlah lensa pembalik yaitu lensa cekung.


Demikianlah artikel dari pengajar.co.id tentang √ Lensa Cekung Adalah : Pengertian, Jenis, Ciri dan Sifatnya agar mampu bermanfaat.


Advertisement