Gudang Informasi

Kas Adalah

Kas Adalah
Kas Adalah

Kali ini Pengajar.co.id ingin membagikan Artikel Tentang Kas Berikut penjelasannya secara lengkap:


Kas Adalah




Pengertian Kas Adalah


Kas adalah harta kekayaan perusahaan yang bersifatnya sungguh likuid dan berjangka pendek yang mampu dipakai dengan bebas guna kegiatan operasional perusahaan.


Ada yang bilang Kas yakni sebuah aktivas perusahaan berbentuk duit tunai yang disimpan oleh perusahaan bersangkutan maupun disimpan di Bank serta bisa dipakai untuk kegiatan biasa perusahaan bersangkutan.


Di dalam dunia bisnis, besarnya kas sebuah organisasi menjadi salah satu indikator kinerja organisasi itu. Dengan kata lain, semakin besar nilai kas suatu perusahaan maka kinerja perusahaan itu dikira makin baik.




Pengertian Kas Menurut Para Ahli


1. Rizal Effendi


Rizal Effendi Menyatakan Kas ialah segala sesuatu (baik yang bentuknya duit atau bukan) yang mampu dipakai selaku alat pembayaran atau alat pelunasan keharusan.


Contoh dari kas yaitu rekening giro di bank (cash in bank), serta duit kas yang ada diperusahaan (cash on hand). Kas dalam perusahaan adalah harta yang paling tanpa kendala, sehingga dalam perkiraan diposisikan paling atas dalam kalangan paling atas.


2. Dwi Martani


Dwi Martani Menyatakan Kas yaitu aset keuangan yang paling likuid yang digunakan guna kegiatan operasional perusahaan serta membayar keharusan perusahaan.


3. Thomas Sumarsan


Thomas Sumarsan menyatakan Kas yaitu aset tanpa gangguan yang bersifat sungguh likuid serta mampu dipakai secara pribadi guna kebutuhan operasional perusahaan.


4. Rudianto


Rudianto menyatakan Kas yakni suatu alat pertukaran yang dipunyai oleh perusahaan serta siap guna dipakai dalam transaksi perusahaan setiap dikala dibutuhkan.


5. Dwi Martani dkk


Dwi Martani menyatakan Kas yakni aset keuangan perusahaan yang dipakai guna acara operasional perusahaan itu. Kas yakni alat pembayaran yang bisa dipakai secara bebas guna membiayai acara entitas.




Ciri-ciri Kas



  1. Kas adalah aset perusahaan yang paling likuid.

  2. Kas mampu dipakai selaku persyaratan pertukaran yang paling biasa .

  3. Kas mampu digunakan sebagai basis perhitungan serta pengukuran.




Fungsi Kas



  1. Kas Kecil guna mengeluarkan uang pengeluaran-pengeluaran perusahaan yang jumlah angkanya kecil.

  2. Untuk dana talangan guna membayar pengeluaran yang bersifat secara tiba-tiba.

  3. Untuk dana langsung guna jenis-jenis pembayaran yang tak mudah jikalau menggunakan cek.

  4. Untuk mempercepat proses pembayaran yang tak simpel jika memakai lampiran keuangan yang wajib ditandatangani administrator terlebih dahulu.




Jenis-jenis Kas


1. Petty Cash (Kas Kecil)


Petty cash yaitu kas dalam bentuk duit tunai yang dipakai oleh perusahaan untuk membayar bermacam-macam pengeluaran yang nilainya relatif kecil serta tidak hemat jikalau membayarnya dengan cek.


2. Kas di Bank


Kas di Bank ialah duit yang disimpan oleh perusahaan di rekening Bank yang jumlahnya tidak mengecewakan besar serta membutuhkan keselamatan yang lebih baik. Dalam hal tersebut, kas di Bank senantiasa berkaitan dengan rekening koran perusahaan di Bank itu.


3. Pelaporan Kas


Pelaporan kas mampu dijalankan secara eksklusif. Tapi, pada pelaksanaanya mampu terjadi beberapa persoalan, adalah:



  • Cash Equivalents: Kelompok aset perusahaan yang kurun waktunya kurang dari 3 bulan.

  • Restricted Cash: Kas yang dipisahkan khusus gna mengeluarkan uang kewajiban di masa mendatang yang nilainya lumayan besar.

  • Bank Overdrafts: Rekening negatif yang terjadi disebablan nasabah menulis cek yang melebihi jumlah dana yang ada di rekeningnya serta dianggap sebagai utang sehingga bisa dilaporkan selaku suatu ekspansi kredit.




Cara Pembuatan Kas


Di mulai dengan mempersiapkan apalagi dahulu berapa banyak dana yang diharapkan untuk pembayaran yang mau memakai kas selama masa tertentu.


Selanjutnya perusahaan akan mengisi dana kas dengan mencairkan dana di bank apalagi dulu. Pada metode pengendalian intern, wajib dipisahkan antara pengelolaan dana kas kecil serta pengelolaan dana kas  pusat (kasir umum).


Pengelola serta yang bertanggungjawab atas dana kas kecil yakni petugas yang disebut dengan pemegang kas kecil serta bertanggung jawab atas penyimpanan serta pemakaian dana perusahaan itu.


Demikianlah artikel dari pengajar.co.id perihal Kas Semoga mampu bermanfaat bagi kita semua


Advertisement