Gudang Informasi

Ilmu Ekonomi Yakni

Ilmu Ekonomi Yakni
Ilmu Ekonomi Yakni

Halo guys kali ini Ilmu Ekonomi yang ingin pengajar.co.id bahas yuk simak sama-sama dibawah ini:


Ilmu Ekonomi Adalah




Pengertian Ilmu Ekonomi Adalah


Ilmu Ekonomi adalah suatu bidang ilmu yang mempelajari ihwal pengelolaan sumber daya, baik itu secara perorangan, kalangan masyarakat, sampai sebuah negara, dalam usaha untuk mencapai kesejahteraan serta kemakmuran.


Ilmu ekonomi dianggap selaku kajian pada perilaku manusia dalam perjuangan pemenuhan kebutuhan hidupnya.




Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli


1. Adam Smith


Adam Smith Menyatakan Ilmu Ekonomi yakni ilmu yang mempelajari sikap insan dalam mengatur aneka macam sumber daya terbatas maupun tidak terbatas guna meraih tujuan-tujuan tertentu pada hidupnya.


2. Jean-Baptiste Say


Jean-Baptiste Say menyatakan Ilmu Ekonomi yakni ilmu yang menjadi cabang dari kajian-kajian mengenai semua peraturan yang mampu memilih kekayaan seseorang.


3. John Stuart Mill


J.S. Mill menyatakan Ilmu Ekonomi yakni ilmu yang mempelajari semua hal mengenai pengeluaran serta penagihan.


4. Karl Marx


Karl Marx Menyatakan Ilmu Ekonomi yaitu ilmu yang mempelajari metode insan untuk bertahan hidup dalam suatu struktur kelas sosial yang kaitanya ditentukan untuk pemanfaatan sarana bikinan.


5. Thorstein Veblen


Menurut Thorstein Veblen menyatakan Ilmu Ekonomi yakni ilmu yang mempelajari kesanggupan manusia guna memilih pilihan-pilihan bikinan, konsumsi, serta distribusi sesuai dengan perasaan, selera, serta nilai-nilai kebudayaan di lingkungannya.


6. Max Weber


Max Weber menyatakan Ilmu Ekonomi ialah ilmu yang mempelajari perihal pembentukan sistem tindakan sosial serta tindakan ekonomi individual dari nilai-nilai yang dipercayainya.


7. John Maynard Keynes


John Maynar Keynes mentatakan Ilmu Ekonomi ialah ilmu yang mempelajari tingkat kemakmuran sebuah negara yang memerlukan intervensi pemerintah sampai meraih sebuah keadaan perekonomian tertentu.


8. Mohammad Hatta


Mohammad Hatta menyatakan Ilmu Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari proses-proses tergapainya kesejahteraan serta keadilan sosial dalam suatu masyarakat.




Konsep Dasar Ilmu Ekonomi


1. Kegiatan Ekonomi


Kegiatan Ekonomi berisikan 3 macam ialah sebagai berikut:



  • Produksi, ialah aktivitas yang berafiliasi dengan aneka macam perjuangan guna menambah nilai jual dari barang dan jasa. Aktivitas tersebut ialah pengumpulan sumber daya (SDM dan SDA), modal, serta kemampuan

  • Konsumsi, yaitu acara yang berafiliasi dengan pemakaian barang dan jasa. Hal tersebut ditentukan oleh tingkat penghasilan serta nilai kebudayaan penduduk .

  • Distribusi, adalah acara yang bekerjasama dengan penyebaran barang atau jasa yang diproduksi.


2. Tindakan Ekonomi


Tindakan Ekonomi terdiri dari 2 macam adalah Sebagai Berikut:



  • Tindakan Rasional, berhubungan dengan perjuangan manusia dalam memilih opsi terbaik serta menguntungkan yang tepat dengan realita.

  • Tindakan Irasional, berhubungan dengan usaha insan dalam memilih opsi terbaik serta menguntungkan, namun tak sesuai dengan kenyataan.


3. Motif Ekonomi


Motif Ekonomi terdiri dari 2 macam yakni sebagai berikut:



  • Motif Intrinsik, adalah argumentasi atau  tujuan yang sumbernya dari diri sendiri guna melaksanakan langkah-langkah ekonomi.

  • Motif Ekstrinsik, adalah alasan atau  tujuan yang sumbernya dari orang lain guna melaksanakan langkah-langkah ekonomi.


4. Metode Ekonomi


Metode Ekonomi berisikan 2 macam yakni selaku berikut:



  • Metode Induksi, ialah tata cara cara yang dipakai dari macam-macam insiden ekonomi yang disusun dengan sistematis untuk mendapatkan kesimpulan secara umum.

  • Metode Deduksi, yakni sistem cara yang dipakai berdasarkan teori ekonomi yang dianalisis serta dipelajari guna mendapatkan kesimpulan khusus.


Manfaat Ilmu Ekonomi



  1. Untuk Mengasih masukan dalam pengambilan keputusan pada tindakan-langkah-langkah ekonomi.

  2. Untuk Membantu insan dalam mengerti tata sikap ekonomi sebuah penduduk .

  3. Untuk Membantu mengasih pengertian perihal kesempatanserta batasan sebuah kebijakan ekonomi.

  4. Untuk menyertakan kepedulian manusia pada dilema ekonomi serta global.


Ruang Lingkup Ilmu Ekonomi


1. Ekonomi Makro (macroeconomic)


Ekonomi makro yakni cabang ilmu ekonomi yang mempelajari perihal keseluruhan (aggregate) perilaku ekonomi lewat pemakaian efisien macam-macam aspek produksi untuk mencapai kesejahteraan masyarakat yang maksimal.


Kesimpulan dari Ekonomi Makro ialah penentuan tingkat seberapa aktivitas ekonomi yang ditimbang dari pemasukan. Hal tersebut menjadi argumentasi kenapa makroekonomi disebut dengan teori pendapatan (income theory).


2. Ekonomi Mikro (microeconomic)


Ekonomi Mikro yakni cabang Ilmu Ekonomi yang mempelajari mengenai aspek perorangan dari suatu acara ekonomi. Ekonomi mikro memakai analisis konsumen serta analisis produsen dalam suatu pasar


Kesimpulan dari Ekonomi Mikro ialah penentuan harga. Hal tersebut menjadi argumentasi kenapa mikroekonomi disebut dengan teori harga (price theory).


Demikianlah artikel dari pengajar.co.id agar berguna


Advertisement