Gudang Informasi

√Aplikasi Adalah

√Aplikasi Adalah
√Aplikasi Adalah

Pada Kesempatan Kali Ini pengajar.co.id ingin membagikan artikel perihal Aplikasi Berikut Adalah penjelasannya:




Pengertian Aplikasi


Aplikasi ialah program yang siap untuk dipakai, dibentuk untuk melaksanakan perintah pemakainya. Arti lain dari aplikasi yakni kumpulan program yang dibuat untuk melakukan pekerjaan khusus yang di perintahkan oleh pemakainya. Atau bisa juga dikatakan aplikasi yakni perangkat lunak (software) yang di buat untuk mempermudah pekerjaan insan. Selain bisa menolong dan mempercepat proses pekerjaan insan, aplikasi juga bisa menciptakan hasil yang lebih akurat dalam memecahkan problem.


pengertian aplikasi menurut para ahli 2017, pengertian aplikasi secara umum, http www spengetahuan com 2016 06 10 pengertian aplikasi menurut para ahli lengkap html, pengertian aplikasi komputer, pengertian android menurut para ahli dan daftar pustaka, pengertian aplikasi web menurut para ahli, pengertian desain aplikasi menurut para ahli, pengertian perangkat lunak menurut para ahli 2014




Pengertian Aplikasi Menurut Para Ahli


1. Harip Santoso


Aplikasi merupakan suatu kelompok file (form, class, report) yang bertujuan untuk melaksanakan acara tertentu yang saling terhubung, misalnya seperti aplikasi payroll, aplikasi fixed asset, dll.


2. Ibisa


merupakan alat bantu untuk membuat lebih mudah dan juga mempercepat proses pekerjaan serta bukan merupakan beban bagi pemakainya


3. Hengky W. Pramana


Aplikasi yakni suatu unit perangkat lunak yang dibentuk untuk melayani kebutuhan akan beberapa aktivitas, misalnya mirip sistem perniagaan, game palayanan masyarakat, periklanan maupun semua proses yang hampir dilaksanakan manusia.


4. Ali Zaki dan Smitdey Comunity


Menurut mereka berdua, aplikasi ialah unsur yang berguna sebagai media untuk melaksanakan pengolahan data maupun berbagai kegiatan yang lain, contohnya seperti pembuatan atau pembuatan dokumen serta file.


5. Sri Widianti


Menurut Sri Widianti, aplikasi merupakan suatu software atau perangkat lunak yag bertugas selaku font end pada suatu metode yang digunakan untuk mengolah aneka macam macam data sehingga menjadi suatu info yang berfaedah untuk pemakainya serta juga metode yang berafiliasi.




Jenis-jenis Aplikasi


Adapun jenis-jenis apalikasi yaitu selaku berikut


1. Aplikasi Desktop


Saat ini Aplikasi Desktop Banyak tersedia dan bisa dikategorikan ke dalam beberapa klasifikasi. Beberapa aplikasi desktop mempunyai banyak fitur (misalnya seperti Microsoft Word), dan aplikasi dekstop yang lain cuma memiliki satu atau dua fitur (misalnya seperti aplikasi jam atau kalender).


2. Aplikasi Grafis


Adalah sebuah acara untuk mengolah data yang berformat gambar baik dengan membuat gambar baru atau juga bisa mengubah gambar yang sudah dibentuk sebelumnya.


3. Aplikasi Web Browser


Merupakan salah satu bab penting dari internet selaku komunitas jaringan komputer yang memberikan pelayanan http. Dengan begini, definisi teknis dari world wide web ialah semua sumber daya serta semua pengguna di intenet yang memakai HTTP (Hypertext Transfer Protocol).


4. Aplikasi Multimedia


Kita semua pastinya pernah merasakan bosan pada dikala melaksanakan pekerjaan. Aplikasi multimedia ialah salah satu media hiburan yang mampu kita pergunakan. Apabila kita ingin menyimak musik MP3 atau menonton film yang sudah kita unduh, maka kita mampu memakai aplikasi ini untuk mencicipinya. Windows Media Player dan iTunes ialah aplikasi pemutar media yang populer dikala ini.


5. Aplikasi Communication


Aplikasi ini adalah yang paling banyak dipakai dan merupakan yang paling populer. Aplikasi ini digunakan agar manusia mampu berkomunikasi dengan pengguna komputer, smartphone atau gadget lain. Contoh mirip aplikasi communication antara lain, Line, Whatsapp , BBM dll.


6. Aplikasi DBMS


Aplikasi DBMS (Database Management System) dipakai untuk menyimpan data, mengolah data dan untuk menciptakan output berupa berita. Aplikasi seperti ini ada yang tersedia secara gratis, namun ada juga yang berbayar. Contohnya mirip MySQL, Microsoft Access, Oracle, Foxpro dll.




Fungsi Aplikasi


Berikut dibawah ini beberapa fungsi aplikasi


1. Pendidikan


Aplikasi mampu dipakai sebagai bahan pengajaran. Misalkan saja, menciptakan penghidangan materi dilengkapi animasi-animasi supaya lebih mempesona dengan memakai Microsoft Powerpoint. Dengan demikian, situasi pengajaran akan memberikan ketentraman serta mencapai hasil yang lebih optimal.


2. Kedokteran


Tidak ada yang menduga bahwa ada aplikasi yang dikembangkan khusus hanya untuk bidang kedokteran. Misakan saja, adanya aplikasi untuk mendiagnosa penyakit, menawarkan perawatan rutin, bahkan sampai meracik obat. Dengan begini. kau bisa mengecek diri sendiri memakai aplikasi tersebut.


3. Bisnis


Didalam sebuah bisnis, perlu mengkalkulasikan besarnya laba yang didapat. Apabila laba dijumlah secara manual maka akan memerlukan waktu yang lama. oleh alasannya adalah itu diperlukannya aplikasi untuk mengkalkulasikan besar laba tersebut.


4. Ilmu Pengetahuan


Dengan adanya aplikasi ini akan membuat lebih mudah kmu untuk menerima berita yang berkenaan dengan wawasan. Selain dari pada itu, aplikasi ini juga bisa dipakai. bila kau ingin meneliti bagian dari ilmu wawasan tersebut. Hal ini bisa menolong kau untuk memperluas pengetahuan kau.


5. Militer


Pada zaman moderen ini, banyak aplikasi yang dikembangkan khusus dalam bidang pertahanan. Misalkan saja untuk melaksanakan pengendalian pesawat tidak lagi dilakukan secara manual namun memakai aplikasi. Dengan begini hasil yang dapat akan menjadi lebih maksimal.




Klasifikasi Aplikasi


1. System Software


Aplikasi yang dapat menglola dan mengontrol proses operasi internal di dalam sistem komputer.


2. Real Time Software


Aplikasi yang mempunyai fungsi untuk memperhatikan, menganalisa, serta menertibkan sebuah insiden di dunia konkret dikala sedang berjalan.


3. Business Software


Aplikasi yang diciptakan dan dikembangkan untuk keperluan bisnis, contohnya untuk menertibkan sistem keuangan.


4. Engineering and Scientific Software


Aplikasi yang diciptakan dan dikembangkan untuk membantu insan menyelesaikan suatu dilema yang sifatnya non algoritmik.


5. Web Based Software


Aplikasi yang memiliki fungsi selaku media penghubung antara pengguna dengan internet secara langsung.


6. Personal Computer Software


Aplikasi yang digunakan untuk perangkat pengguna resmi dan juga langsung yang sudah banyak digunakan saat ini.


Demikianlah artikel ihwal √Aplikasi Adalah: Pengertian, Jenis dan Fungsinya dari pengajar.co.id biar berguna.


Advertisement